Franoto, Okfian Ari (2024) Pengembangan media pembelajaran game interaktif dengan model problem based learning (pbl) pada mata pelajaran matematika kelas v sd. Master thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mendeskripsikan media Game interaktif berbasis web valid dalam meningkatkan hasil belajar; 2) Mendeskripsikan respon guru dan siswa terhadap penggunaan media Game interaktif berbasis web; dan 3) Mendeskripsikan penggunaan media Game interaktif berbasis web dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa. 4) Mendeskripsikan rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen lebih baik daripada kelas control. Metode penelitian mengaplikasikan Research and Development yang dikembangkan oleh Sugiyono menggunakan model Brog and Gall dengan 10 langkah penelitian yang disederhanakan dan disesuaikan menjadi 7 langkah penelitian sesuai kebutuhan peneliti, yaitu analisis potensi dan masalah, pengumpulan informasi, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk dan revisi produk. Data didapat dari wawancara dan dokumentasi. Sumber data berasal dari siswa, guru, validator data analisis dengan mengakumulasikan jumlah skor. Keefektifan media interaktif berbasis web diperoleh dari skor pretest dan posttest pada kelas kontrol dan kelas eksperimen. Data keefektifan media interaktif berbasis web dianalisis dengan uji independent sample t-test dan uji N Gain menggunakan SPSS Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media game interaktif berbasis web dengan model Problem Based Learning (PBL) yang dikembangkan sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran. Validasi oleh ahli media, materi, dan bahasa menunjukkan hasil yang sangat tinggi, dengan persentase masing-masing 92,65%, 96,4%, dan 92,65%, mengkategorikan media ini sebagai "sangat layak." Respon dari guru dan siswa juga sangat positif, dengan rata-rata nilai 97,3% untuk guru dan 97,5% untuk siswa, menunjukkan bahwa media ini memenuhi standar kualitas tinggi dan sesuai dengan kebutuhan pengajaran. Dari segi efektivitas, penggunaan media ini terbukti meningkatkan hasil belajar siswa, dengan rata-rata post-test kelas eksperimen mencapai 88,47, lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yang memiliki rata-rata 79,82. Hasil uji N-gain juga menunjukkan bahwa media ini efektif, dengan peningkatan yang signifikan dalam hasil belajar siswa. Secara keseluruhan, media game interaktif berbasis web dengan model PBL ini dinyatakan efektif dan sangat layak digunakan dalam pembelajaran matematika.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Master) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing: 1. Dr. Sumaji, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing: 2. Prof. Dr. Aida Soraya Md. Yunus |
Kata Kunci: | media interaktif, Game Interaktif, Problem Based Learning, ular tangga. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 19 May 2025 04:52 |
Last Modified: | 19 May 2025 04:52 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/23881 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
