Abiddin, Sukma Kartika (2024) Pengembangan e-modul berbasis augmented reality untuk pembelajaran ipas materi sistem tata surya kelas vi sekolah dasar di gugus pangudi luhur kabupaten pati. Master thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui kebutuhan guru dan siswa dari e-modul berbasis Augmented Reality (AR) untuk pembelajaran IPAS untuk pembelajaran IPAS materi sistem tata surya kelas VI sekolah dasar 2) Mengetahui desain bahan ajar dari e-modul berbasis Augmented Reality (AR) untuk pembelajaran IPAS untuk pembelajaran IPAS materi sistem tata surya kelas VI sekolah dasar 3) Menguji kelayakan e-modul berbasis Augmented Reality (AR) untuk pembelajaran IPAS untuk pembelajaran IPAS materi sistem tata surya kelas VI sekolah dasar 4) Menguji keefektifan dari e-modul berbasis Augmented Reality (AR) untuk pembelajaran IPAS untuk pembelajaran IPAS materi sistem tata surya kelas VI sekolah dasar. Pembelajaran kurikulum merdeka yang akan digunakan pada penelitian ini akan berfokus pada pembelajaran IPAS di kelas VI materi sistem tata surya. Kuncahyono (2018) menegaskan bahwa E-Modul adalah produk bahan ajar digital berbasis non-cetak yang dirancang secara mandiri untuk dipelajari oleh siswa. E-Modul ini dapat digunakan bersama dengan model pembelajaran inovatif yang diyakini dapat meningkatkan hasil belajar siswa (Winatha, et.al. 2018). Augmented Reality secara efektif digunakan sebagai media pembelajaran di sekolah dasar, meningkatkan minat siswa, pemahaman, dan hasil belajar melalui visualisasi interaktif objek material (Hidayat, et al. 2024). Metode penelitian menggunakan Research and Development. Model pengembangannya menggunakan model Borgh & Gall yang terdiri dari tujuh tahap, yakni (1) identifikasi masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba produk, (7) revisi produk. Validasi produk akan dilakukan oleh ahli materi dan ahli media. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis lembar validasi, analisis N-Gain, dan analisis perolehan uji t untuk mengetahui efektivitas e-modul yang dikembangkan. Hasil analisis kebutuhan guru dan siswa memerlukan e-modul untuk pembelajaran IPAS materi sistem tata surya kelas vi. Desain pengembangan e-modul dibuat berdasarkan analisis capaian pembelajaran, analisis tujuan pembelajaran, dan analisis materi pelajaran. Hasil uji kelayakan menunjukkan validator ahli media, media memperoleh kriteria layak denga persentase 77,33%. Validator Ahli materi memperoleh kriteria sangat layak dengan persentase 90,1%. Sedangkan Ahli bahasa memperoleh persentase 95% dengan kriteria sangat layak sehingga dapat disimpulkan bahwa e-modul sistem tata surya sangat layak digunakan dalam pembelajaran. Peningkatan Hasil belajar IPAS memperoleh N-gain hasil uji N-Gain pada nilai pretest dan posttest didapatkan selisih rata-rata sebesar 42.23 dengan n-gain sebesar 0,76 dan kriteria sedang, pada tafsiran efektivitas memperoleh skor 76.67, dengan kriteria sangat efektif. Hal tersebut menunjukkan bahwa penggunaan E-Modul berbasis Augmented Reality untuk Pembelajaran IPAS Materi Sistem Tata Surya Kelas VI Sekolah Dasar efektif untuk pembelajaran. Simpulan penelitian ini adalah E-Modul berbasis Augmented Reality untuk Pembelajaran IPAS Materi Sistem Tata Surya Kelas VI Sekolah Dasar layak digunakan serta efektif pembelajaran. Peneliti selanjutnya disarankan untuk mengembangkan e-modul Pembelajaran IPAS yang inovatif dan bervariasi sehingga meningkatkan hasil belajar siswa
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Master) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing: 1. Dr. Sri Surachmi W., M.Pd. Dosen Pembimbing: 2. Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd. |
Kata Kunci: | Augmented Reality, E-Modul, Tata Surya. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 19 May 2025 06:45 |
Last Modified: | 19 May 2025 06:45 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/23886 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
