Pengembangan modul praktik berbasis phet materi energi listrik pada siswa kelas v sekolah dasar

Winarni, Arum (2024) Pengembangan modul praktik berbasis phet materi energi listrik pada siswa kelas v sekolah dasar. Master thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

KLIK BACA DISINI UNTUK MEMBACA SECARA ONLINE

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan analisis kebutuhan bahan ajar modul praktik materi listrik kelas V SD yang ada di Kecamatan Jekulo Kudus, (2) mendeskripsikan desain atau produk modul praktik berbasis PhET materi listrik kelas V Sekolah Dasar, (3) mendeskripsikan kelayakan atau validitas modul praktik berbasis PhET materi listrik kelas V Sekolah Dasar yang dikembangkan, (4) menjelaskan keefektifan modul praktik berbasis PhET materi listrik kelas V Sekolah Dasar yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan rancangan Research and Development (R&D). Subjek penelitian pada tahap uji coba produk secara terbatas yaitu kepada seorang guru dan 18 siswa kelas V SD 1 Tanjungrejo. Subjek untuk uji coba lapangan dilakukan pada kelas V yaitu SD 1 Tanjungrejo dan SD 9 Tanjungrejo sebagai kelas eksperimen, dan SD 1 Hadipolo dan SD 6 Hadipolo sebagai kelas kontrol.. Analisis data lualitataif penelitian ini menggunakan teknik flow analysis model yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi Data kuantitataif menggunakan uji validasi, uji normalitas, homogenitas, Uji N- Gain dan Uji banding. Hasil studi pendahuluam menunjukkan bahwa pertama sekolah sudah melakukan pembelajaran IPAS, namun pembelajaran IPAS yang dilaksanakan masih konvensional dan acuan utamanya hanya menggunakan buku paket sisw, siswa dalam mengikuti pembelajaran kurang optimal yang ditunjukkan dengan adanya siswa kesulitan dalam memahami materi IPAS, siswa kurang paham dalam praktik langsung karena materi IPAS yang disampaikan hanya berupa ceramah dan tidak ada alat peraga langsung, siswa jadi kurang semangat dan kurang termotivasi dalam mempelajari materi IPAS sehingga perlu pengembangan modul praktik berbasis PhET untuk meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar di Kecamatan Jekulo. dari segi kevalidan termasuk dalam klasifikasi sangat valid. hasil analisis angket respon guru dan siswa dalam mengimplementasikan modul praktik IPAS berbasis PhET mendapatkan rata-rata skor 90% guru memberikan respon positif dan 89% siswa memberikan respon positif. Hasil gain skor hasil belajar siswa, pada kelas eksperimen mendapatkan skor rata-rata 0,45 dalam kategori sedang, sedangkan kelas kontrol mendapatkan rata-rata 0,12 pada kategori rendah. Pengujian melalui Independent sample t Test diperoleh nilai sign. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan rata-rata data hasil belajar dari kedua kelompok, dimana rata-rata hasil belajar kelompok eksperimen menggunakan modul praktik IPAS berbasis PhET lebih tinggi dari rata-rata kelompok kontro

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing: 1. Dr. Erik Aditia Ismaya, M.A. Dosen Pembimbing: 2. Dr. Khamdun, M.Pd.
Kata Kunci: Modul Praktik, PhET, Energi Listrik, Hasil Belajar.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 19 May 2025 06:52
Last Modified: 19 May 2025 06:52
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/23887

Actions (login required)

View Item View Item