KHOIRINIDA, NELA (2024) Penerapan model pembelajaran teams games tournament berbantuan media permainan ular tangga berbasis qr code untuk meningkatkan hasil belajar ipas siswa sd. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Abstrak
Pembelajaran dikatakan efektif apabila siswa mendapat hasil belajar yang maksimal. hasil belajar IPAS Siswa kelas V di SD 4 Kesambi tergolong rendah. Hal ini dikarenakan pembelajaran di kela terkesan membosankan dan hanya menggunakan metode ceramah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPAS serta keterampilan mengajar guru dengan menerapkan model pembelajaran Teams Games Tournament berbantuan media permaianan ular tangga berbasis QR code. Model Pembelajaran Teams Games Tournament merupakan salah satu model pembelajaran kooperatif dimana peserta didik mampu belajar secara aktif serta melatih tanggung jawab peserta didik terhadap tugas yang diberikan oleh gurunya melalui kegiatan berdiskusi. Media permainan Ular tangga berbasis QR Code adalah jenis media pembelajaran visual yang dapat menunjang proses pembelajaran dengan cara mengkolaborasikan proses pembelajaran dengan sebuah permainan. Penelitian Tindakan Kelas ini menggunakan 2 siklus. dan pada setiap siklusnya akan terdiri dari 2 pertemuan. padasetiap siklusnya akan memuat 4 thapan penelitian yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek dalaam penelitian ini adalah sisawa kelas V SD 4 Kesambi yang berjumlah 17 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, tes, serta dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif deskriptif serta kuantitatif statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament berbantuan media permaianan ular tangga berbasis QR code dapat meningkatkan hasil belajar IPAS pada siswa kelas V SD 4 Kesambi serta keterampilan mengajar guru. Pada siklus I hasil belajar IPAS elemen pemahaman IPAS diperoleh hasil ketuntasan klasikal 53% “Sedang”, keterampilan proses 65,5% “Baik” serta keterampilan mengajar guru 74% “Baik” . sedangkan pada siklus II hasil belajar IPAS elemen pemahaman IPAS diperoleh hasil ketuntasan klasikal 82%”sangat Tinggi”, ketrampilan proses 80% “Baik”, dan keterampilan mengajar guru 92% “Sangat Baik” Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan, peneliti menyimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament berbantuan media permainan ular tangga berbasis QR code dapat meningkatkan hasil belajar IPAS siswa dan keterampilan mengajar guru
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing: 1.Dr.Khamdun, S.Pd., M.Pd., Dosen Pembimbing: 2.Lintang Kironoratri,S.Pd., M.Pd. |
Kata Kunci: | Teams Games Tournament, Media Permainan Ular Tangga Berbasis QR Code, Hasil Belajar IPAS |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 24 May 2025 05:17 |
Last Modified: | 24 May 2025 05:17 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/24010 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
