Pengaruh pengetahuan etika, religiusitas, moral reasoning, dan gender terhadap persepsi mahasiswa akuntansi mengenai praktik creative accounting (studi empiris pada mahasiswa s1 akuntansi universitas se-karesidenan pati)

ASTUTI NINGRUM, WIDIYA (2024) Pengaruh pengetahuan etika, religiusitas, moral reasoning, dan gender terhadap persepsi mahasiswa akuntansi mengenai praktik creative accounting (studi empiris pada mahasiswa s1 akuntansi universitas se-karesidenan pati). Sarjana thesis, UNIVERSILITAS MURIA KUDUS.

KLIK BACA DISINI UNTUK MEMBACA SECARA ONLINE

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab  4] Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Updated Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Accepted Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download

Abstrak

Di Indonesia, masih banyak terdapat kasus creative accounting yang melibatkan peran akuntan. Mahasiswa akuntansi sebagai penerus generasi profesi tersebut perlu memiliki pemahaman yang baik mengenai praktik creative accounting yang melanggar etika profesionalisme dan standar akuntansi adalah tindakan kecurangan atau ilegal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh pengetahuan etika, religiusitas, moral reasoning, dan gender terhadap persepsi mahasiswa akuntansi mengenai praktik creative accounting. Responden dalam penelitian ini adalah mahasiswa S1 jurusan akuntansi di universitas Se�Karesidenan Pati melalui teknik purposive sampling dengan sampel sebanyak 254 responden. Analisis data menggunakan teknik kuantitatif dengan alat uji statistik SmartPLS versi 4.1.0.9. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan etika tidak berpengaruh terhadap persepsi mahasiswa akuntansi mengenai creative accounting, religiusitas tidak berpengaruh terhadap persepsi mahasiswa akuntansi mengenai creative accounting, moral reasoning berpengaruh positif terhadap persepsi mahasiswa akuntansi mengenai creative accounting, dan gender berpengaruh

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbig: 1. Sri Mulyani, S.E.I., M.Si 2. Retno Tri Handayani, S.E., M.Si., CFP.
Kata Kunci: Pengetahuan Etika, Religiusitas, Moral Reasoning, gender, dan persepsi mahasiswa akuntansi mengenai praktik creative accounting
Subjects: Ilmu-ilmu Sosial > Teori Ekonomi > Ekonomi sebagai ilmu. Hubunugan dengan subjek lain
Ilmu-ilmu Sosial > Teori Ekonomi
Program Studi: Fakultas Ekonomi > Akuntansi (S1)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 25 Jun 2025 04:05
Last Modified: 25 Jun 2025 04:05
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/24289

Actions (login required)

View Item View Item