PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI KPK DAN FPB MELALUI METODE PEMBELAJARANGUIDED DISCOVERY LEARNING SISWA KELAS V SDN 4 GOLANTEPUS MEJOBO KUDUS

Khoiriah, Dona Alina Oktivani (2014) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI KPK DAN FPB MELALUI METODE PEMBELAJARANGUIDED DISCOVERY LEARNING SISWA KELAS V SDN 4 GOLANTEPUS MEJOBO KUDUS. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HAL SAMPUL]
Preview
PDF (HAL SAMPUL)
HALAMAN_DEPAN.pdf - Accepted Version

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 1] PDF (BAB 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (280kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 2] PDF (BAB 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (385kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] PDF (BAB 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (609kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] PDF (BAB 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (868kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] PDF (BAB 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (455kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 6] PDF (BAB 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (263kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (267kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian tindakan kelas ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar matematika siswa yang rendah. Hal ini dikarenakan guru menggunakan model pembelajaran yang konvensional, proses pembelajaran masih banyak berpusat pada guru, sertatidak melibatkan siswa secara aktif dalam kegiatan pembelajaran. Sehingga siswa cenderung pasif dan bosan ketika mempelajari matematika. Banyak siswa yang menganggap bahwa matematika merupakan pelajaran yang sulit. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa diperlukan strategi pembelajaran yang tepat, salah satunya dengan menerapkan metode pembelajaranGuided Discovery Learning. Rumusan masalah dalam penelitian ini “Apakahmelalui penerapan metode pembelajaranGuided Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi KPK dan FPB bagi siswa kelas V semester 1 SD 4 Golantepus Mejobo Kudus tahun ajaran 2013/2014?”. Tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanyapeningkatan hasil belajar matematika materi KPK dan FPB melalui metode pembelajaranGuided Discovery Learningsiswa kelas V semester 1 di SD 4 Golantepus Mejobo Kudus tahun ajaran 2013/2014. Penelitian dilaksanakandi SD 4Golantepus Mejobo Kudus kelas V semester 1 dengan jumlah 15 siswa. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Instrumen penelitian ini yaitu tes pada setiap siklus, lembar observasi guru dan lembar observasi aktivitas siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dokumentasidan wawancara.Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kuantitatif dan kualitatif. Kondisi awal siswa sebelum melakukan tindakan ketuntasan klasikal sebesar 40% dengan rata-rata 63 meningkat pada siklus I menjadi 60% dengan rata-rata 65 dan pada siklus II meningkat menjadi 80% dengan rata-rata 77. Aktivitas belajar siswa secara klasikal pada siklus I memperoleh rata-rata 60% dengan kategori cukup meningkat pada siklus II menjadi 77% dengan kategori baik. Keterampilan guru juga mengalami peningkatan, siklus I mendapatkan rata-rata 66,25% dengan kategori baik, pada siklus II meningkat menjadi 85,25% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode pembelajaran Guided Discovery Learning teruji dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V semester 1 SD 4 Golantepus Mejobo Kudus. Saran yang disampaikan peneliti dalam penelitian ini adalah (a) siswa hendaknya lebih giat dan rajin dalam belajar, serta mengembangkan bakat dan kreativitasnya, (b) guru dapat mencoba menggunakan metode pembelajaran Guided Discovery Learning sebagai alternatif metode yang tepat dalam pembelajaran matematika, (c) sekolah hendaknya mampu memberikan sarana prasarana yang baik untuk mendukung proses pembelajaran, (d) peneliti mampu mendorong berkembangnya penelitian lain yang kreatif dan inovatif dalam pembelajaran.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: pembimbing 1;Drs. SusiloRahardjo, M.Pd., pembimbing 2;Henry Suryo Bintoro, M.Pd.
Kata Kunci: Hasil Belajar Matematika, Guided Discovery Learning, KPK dan FPB.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 12 Apr 2014 03:33
Last Modified: 12 Apr 2014 03:33
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2720

Actions (login required)

View Item View Item