PENERAPAN LAYANANBIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN DALAM MEMENUHI TUGAS DAN TANGGUNGJAWAB SEBAGAISISWA DI SMA 1 JEKULO TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Setiawan, Chandra (2014) PENERAPAN LAYANANBIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN DALAM MEMENUHI TUGAS DAN TANGGUNGJAWAB SEBAGAISISWA DI SMA 1 JEKULO TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal Sampul]
Preview
PDF (Hal Sampul)
HALAMAN_JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (3MB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (113kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (709kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (739kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (144kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (73kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (92kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (996kB) | Request a copy

Abstrak

Berdasarkanhasilwawancarapenelitidengan guru BK padatanggal 4 Maret 2013 bertempat di ruang BK, diketahuiadasebagiansiswa SMA 1 Jekulo Kudus tahunpelajaran 2012/2013 yang tingkatkesadarandalammemenuhitugasdantanggungjawabsebagaisiswarendahseperti, tidakmembuatpekerjaanrumah, mencotekpekerjaanteman, danmenyerahkantugastidaktepatwaktu. Hal inidisebabkankarenaorang tuasibukdenganurusanekonomidanpengaruhpergaulan di lingkungan.Rumusanmasalah: 1. Apakahmelaluilayanan bimbingan kelompok dapatmeningkatkan kesadarandalammemenuhitugasdantanggungjawabsebagaisiswa? 2. Seberapabesarpeningkatankesadarandalammemenuhitugasdantanggungjawabsebagaisiswa?Tujuanpenelitian: 1. Diperolehnyapeningkatankesadarandalammemenuhitugasdantanggungjawabpadasiswa. 2. Mendeskripsikanbesarnyatingkatkesadarandalammemenuhitugasdantangggungjawabsiswa. Kegunaanpenelitian: 1. KegunaanTeoritis: Menambahkhasanahperpustakaan. 2. KegunaanPraktis: a. Bagisekolah, dapatdijadikanacuanbagi guru bidangstudi, walikelas, konselor, kepalasekolahdanpetugaslain, dalamrangkamembantusiswameningkatkankesadarandiridalammemenuhitugasdantanggungjawabsebagaisiswa. b. BagiKonselor, dapatdijadikanbahanpertimbangandalammenentukankebijakandanpembinaansiswa yang bergunauntukpenelitianselanjutnya, dansebagaibahanmasukandalamrangkapengembanganbimbingandankonseling. 3. Bagisiswa, sebagaiacuandalammelakukanperbaikansikapdantanggungjawabnyasebagaipelajar. 4. BagiPeneliti, sebagaisumberreferensikajianteoretisdalampenelitianlebihlanjut. Hipotesispenelitianadapeningkatankesadarandalammemenuhitugasdantanggungjawabsebagaisiswa, setelahdiberikanlayananbimbingankelompokpadasiswakelas XI SMA JekuloKudustahunpelajaran 2012/2013. Jenispenelitianadalahkualitatifdeskriptifdenganpendekatanpenelitiantindakanbimbingandankonselingduasiklus. Tempatpenelitian di SMA 1 Jekulo Kudus, Subjekpenelitian 5 siswa, denganteknikpengumpulan data wawancara, observasi, dandokumentasi.Variabelbebas: layananbimbingankelompokdanvariabelterikatkesadarandalammemenuhitugasdantanggungjawabsebagaisiswa. Analisis data deskriptifkomparatifantarsiklusdilanjutkanrefleksi. Hasilpenelitian: padakondisiawalkesadarandalammemenuhitugasdantanggungjawabsebagaisiswa rata-rata dalamkategorirendahdenganskor rata-rata 11 (44%). Padasiklus I meningkatmenjadikategorisedangdenganskor rata-rata 15,7 (63%). Padasiklus II meningkatmenjadikategoritinggidenganskor rata-rata 21,3 (85%). Besarnyapeningkatanadalah 41%.Ujihipotesisadapeningkatan yang positifkesadarandalammemenuhitugasdantanggungjawabsebagaisiswamelaluilayananbimbingankelompokpadasiswakelas XI SMA 1 Jekulo Kudus TahunPelajaran 2012/2013 diterimakarenaterujikebenarannya. Pembahasan: melaluiduasiklustindakan, siswa yang semulakesadarandalammemenuhitugasdantanggungjawabsebagaisiswadalamkategorirendahsetelahdiberikanlayananbimbingankelompok 6 kali pertemuandenganmateri; mengembangkanpemahamantentangdiri, mengembangkankemampuanberkomunikasi, bertingkahlakudalamhubungansosialdengantemansebaya, guru, danmasyarakat, mengembangkansikapdankebiasaandalamdisiplinbelajardanberlatihsecaraefektifdanefisien, teknikpenguasaanmateripelajaran, membantumemantapkanpilihankarierdanorientasibelajar di perguruantinggi. Terjadiperubahanmenjadikategorisedangpadasiklus I dankategoritinggipadasiklus II. Simpulan: Tingkat kesadarandalammemenuhitugasdantanggungjawabsebagaisiswakelas XISMA 1 JekuloKudus,padakondisiawaldari 5siswarata-rata dalamkategorirendahdenganskor rata-rata 11 (44%) artinyasiswatersebutdalammengerjakantugas-tugassekolahdenganmencontohpekerjaantemansekolah. Padasiklus I meningkatmenjadikategorisedangdenganskor rata-rata 15,7 (63%) artinyasiswamengerjakantugas-tugassekolahnamuntidaktepatwaktu. Padasiklus II meningkatmenjadikategoritinggidenganskor rata-rata 21,3 (85%) artinyasiswasudahdapatmengerjakantugas-tugassekolahsecaramandiridantepatwaktu. Peningkatankesadarandalammemenuhitugasdantanggungjawabsebagaisiswamelaluilayananbimbingankelompok, padakondisiawal (44%) dalamkategorirendah, meningkatmenjadi (63%) dalamkategorisedang, padasiklus II, meningkatlagimenjadi (85%) dalamkategoritinggipadasiklus II. Jadibesarnyapeningkatansebesar (41%). Berdasarkankesimpulanpeneliimemberi saran kepadasekolah, untukmenerapkanlayananbimbingankelompokuntukmeningkatkankesadarandalammemenuhitugasdantanggungjawabsebagaisiswa. Orang tuahendaknyamemberikanbimbingandandukungan moraldenganmemotivasisemangatbelajarnya. Penelitidenganmenerapkanpendekatanbimbinganmelaluiteknik-teknik yang tepat. Guru hendaknyamemotivasisiswa agar memilikikesadarantanggungjawabdalambelajar. Siswayang tingkatkesadarandalammemenuhitugasdantanggungjawabnyarendahdansedangdiharapkanmembentukkelompokbelajar.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1:Drs. H. Sucipto, M.Pd., Kons , Pembimbing 2:Dr. Sukiman, M.Pd.
Kata Kunci: BimbinganKelompok, TugasdanTanggungJawabSiswa
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 19 Apr 2014 03:31
Last Modified: 19 Apr 2014 03:31
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2797

Actions (login required)

View Item View Item