Penerapan Model Pembelajaran Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Cerita Rakyat Pada Siswa Kelas V SD 3 Panjunan Kudus.

Sulistiyani, Rohmatun (2014) Penerapan Model Pembelajaran Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Cerita Rakyat Pada Siswa Kelas V SD 3 Panjunan Kudus. Update Test thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of HALAMAN SAMPUL]
Preview
PDF (HALAMAN SAMPUL)
HALAMAN_DEPAN.pdf - Accepted Version

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 1] PDF (BAB 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (265kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 2] PDF (BAB 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (329kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] PDF (BAB 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (412kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] PDF (BAB 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (520kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] PDF (BAB 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (278kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 6] PDF (BAB 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (186kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (262kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (13MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya permasalahan hasil belajar bahasa Indonesia siswa yang rendah. Ditandai dengan banyaknya siswa (45,45%) tidak tuntas dari Kriteria Ketuntasan Minimal (75) yang telah ditentukan. Rumusan masalah: (1) bagaimanakah penerapan model role playing dalam rangka meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia materi cerita rakyat pada siswa kelas V SD 3 Panjunan Kudus? (2) apakah model pembelajaran role playing dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi cerita rakyat pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas V SD 3 Panjunan Kudus?. Tujuan: (1) mendeskripsikan penerapan model pembelajaran role playing dalam rangka meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia materi cerita rakyat pada siswa kelas V SD 3 Panjunan Kudus. (2) menemukan peningkatan hasil belajar bahasa Indonesia materi cerita rakyat pada siswa kelas V SD 3 Panjunan Kudus. Model pembelajaran role playing adalah suatu cara penguasaan bahan-bahan pelajaran melalui pengembangan imanjinasi dan penghayatan siswa. Cerita rakyat merupakan golongan cerita yang hidup dan berkembang secara turun temurun dari satu generasi ke generasi lain. Hipotesis tindakannya adalah penerapan model pembelajaran role playing dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia materi cerita rakyat pada siswa kelas V SD 3 Panjunan Kudus. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 3 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan dan pengamatan, refleksi. Data diperoleh menggunakan teknik wawancara, tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan (1) nilai tes hasil belajar mencapai kriteria ketuntasan minimal(75) persentase ketuntasan belajar klasikal pada kondisi awal 45,45% meningkat pada siklus I menjadi 68,18% dan 86,36% pada siklus II. (2) skor rata-rata aktivitas belajar siswa 72,72% dengan kategori baik pada siklus I dan meningkat menjadi 86,36% dengan kategori sangat baik pada siklus II. (3) skor rata-rata kemampuan guru dalam pengelolaan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran role playing memperoleh skor rata-rata 70,8 dengan kategori baik pada siklus I dan meningkat menjadi 85,3 dengan kategori sangat baik pada siklus II. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran role playing dapat meningkatkan hasil belajar siswa, aktivitas belajar siswa dan pengelolaan pembelajaran guru. Saran peneliti dalam menerapkan model pembelajaran role playing sebaiknya benar-benar mendalami model yang digunakan, memilih media yang sesuai dan merencanakan kegiatan pembelajaran dengan baik.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: . Pembimbing: (I) Dr. Murtono, M.Pd., (II) Henry Suryo Bintoro, S.Pd, M.Pd.
Kata Kunci: Kata Kunci: Hasil Belajar Bahasa Indonesia, Role Playing, Cerita Rakyat.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 26 Apr 2014 02:59
Last Modified: 02 May 2015 03:51
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2847

Actions (login required)

View Item View Item