Peningkatan Prestasi Belajar IPS Materi Menghargai Jasa Dan Peranan Tokoh Perjuangan Dalam Memproklamasikan Kemerdekaan Melalui Model Teams Games Tournament.

Fitriana, Erny Erliska (2014) Peningkatan Prestasi Belajar IPS Materi Menghargai Jasa Dan Peranan Tokoh Perjuangan Dalam Memproklamasikan Kemerdekaan Melalui Model Teams Games Tournament. Update Test thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of HALAMAN SAMPUL]
Preview
PDF (HALAMAN SAMPUL)
HALAMAN_JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (553kB)
[thumbnail of BAB 1] PDF (BAB 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (204kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 2] PDF (BAB 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (603kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] PDF (BAB 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (566kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] PDF (BAB 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (331kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] PDF (BAB 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (232kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 6] PDF (BAB 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (39kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (154kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN_.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstrak

IPS sebagai bidang studi memiliki garapan yang cukup luas. Bidang garapan IPS yang cukup luas ini menyebabkan banyaknya materi yang harus dipelajari dalam IPS. Hal inilah yang menjadi penyebab permasalahan dalam pembelajaran IPS. Kondisi ini semakin parah ketika guru menggunakan metode pembelajaran yang konvensional yang berdampak pada kebosanan siswa dalam mempelajari IPS yang syarat dengan materi. Hal inilah yang terjdi di SD 2 Honggosoco, pembelajaran IPS yang dilakukan masih konvensional sehingga berakibat pada rendahnya prestasi belajar IPS siswa yaitu 41,20%. Permasalahan tersebut dapat dipecahkan salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif yaitu Teams Games Tournament. Berlandaskan pada latar belakang tersebut diatas peneliti merumuskan beberapa permasalahan sebagai berikut. (1) bagaimanakah penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament untuk dapat meningkatkan prestasi belajar IPS materi menghargai jasa dan peranan tokoh perjuangan dalam memproklamasikan kemerdekaan pada siswa kelas V SD 2 Honggosoco tahun pelajaran 2012/2013? (2) sejauh manakah hasil evaluasi pembelajaran Teams Games Tournament dapat meningkatkan prestasi belajar IPS materi menghargai jasa dan peranan tokoh perjuangan dalam memproklamasikan kemerdekaan pada siswa kelas V SD 2 Honggosoco tahun pelajaran 2012/2013?. Tujuan penelitian ini secara umum adalah (1) mendeskripsikan penerapan model Teams Games Tournament untuk meningkatan prestasi belajar IPS materi menghargai jasa dan peranan tokoh perjuangan dalam memproklamasikan kemerdekaan pada siswa kelas V SD 2 Honggosoco tahun pelajaran 2012/2013 dan (2) menemukan peningkatan prestasi belajar IPS materi menghargai jasa dan peranan tokoh perjuangan dalam memproklamasikan kemerdekaan dengan diterapkannya model Teams Games Tournament pada siswa kelas V SD 2 Honggosoco tahun pelajaran 2012/2013. Salah satu model pembelajaran Cooperative Learning adalah Teams Games Tournament (TGT). Teams Games Tournamnet diterapkan dalam penelitian ini untuk mengatasi rendahnya prestasi belajar IPS materi menghargai jasa dan peranan tokoh perjuangan dalam memproklamasikan kemerdekaan pada siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas V SDN 2 Honggosoco Kudus dengan subjek penelitian berjumlah 17 siswa. Teknik pegumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes prestasi belajar, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar IPS pada siswa dapat meningkatkan prestasi belajar IPS materi menghargai jasa dan peranan tokoh perjuangan dalam memproklamasikan kemerdekaan dengan menggunakan model Teams Games Tournament yang cukup signifikan antara prasiklus (41,20%), siklus I (76,50%), dan siklus II (88,20%). Pengelolaan pembelajaran oleh guru meningkat dari rata-rata siklus I 82,5menjadi 89,5 pada siklus II. Aktivitas siswa pada siklus I 73,58 meningkat pada siklus II menjadi 85,61. Berdasarkan hasil penelitian di atas maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPS dengan menggunakan pembelajaran Cooperative Learning Model Team Games Tournament dapat meningkatkan prestasi belajar IPS pada siswa dapat meningkatkan prestasi belajar IPS materi menghargai jasa dan peranan tokoh perjuangan dalam memproklamasikan kemerdekaan pada siswa kelas V SD 2 Honggosoco tahun pelajaran 2012/2013. Untuk itu diharapkan guru dalam proses kegiatan belajar mengajar di kelas hendaknya menggunakan model pembelajara Teams Games Tournament sebagai upaya untuk lebih memahami materi pelajaran, melatih siswa bekerjasama,dan bertanggung jawab.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing I Dr. Murtono, M. Pd. dan Pembimbing II Ika Oktavianti,M.Pd.
Kata Kunci: Kata kunci: Teams Games Tournament, Prestasi Belajar, IPS
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 26 Apr 2014 03:54
Last Modified: 02 May 2015 03:46
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2851

Actions (login required)

View Item View Item