Ja’far Indra W, Akhmad (2014) APLIKASI PEMBELAJARAN AKSARA JAWA DENGAN GAME INTERAKTIF SEBAGAI MEDIA BELAJAR UNTUK TINGKAT SEKOLAH DASAR. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
PDF (HAL JUDUL)
Hal_Judul.pdf - Accepted Version Download (406kB) |
PDF (BAB I)
BAB_I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (92kB) | Request a copy |
|
PDF (BAB II)
BAB_II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (151kB) | Request a copy |
|
PDF (BAB III)
BAB_III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (227kB) | Request a copy |
|
PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (708kB) | Request a copy |
|
PDF (BAB V)
BAB_V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
PDF (BAB VI)
BAB_VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (123kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (26kB) |
PDF (LAMPIRAN)
Daftar_Lampiran.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (859kB) | Request a copy |
|
Other (PROGRAM)
GTKc.rar - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstrak
Aksara Jawa merupakansebuah warisan budaya indonesia. Sebagai generasi muda sudah seharusnya melestarikan budaya bangsa yang merupakan peninggalan dari leluhur. Atas dasar itu pada penelitian ini dibuat suatu aplikasi game edukasi pembelajaran Aksara Jawa untuk tingkat Sekolah Dasar, untuk membantu menjaga kelestariannya. Penelitian ini dimulai dengan melakukan perancangan terhadap kebutuhan-kebutuhan yang akan diintegrasikan pada aplikasi/ sistem menggunakan metode Research and Development. Serta pembuatan aplikasi menggunakan aplikasi Adobe Flash CS6 dengan kode perintah menggunakan Action Script 3.0. Untuk merancang desain interface serta content menu tahap awal menggunakan storyboardsebelum diimplementasikan ke desain yang sebenarnya. Aplikasi terdiri dari beberapa tahapan utama yaitu : pengenalanAksara Jawa yang terdiri dari Aksara Carakan ( huruf dasar ), Aksara Pasangan ( huruf pasangan ), Aksara Suwara ( huruf vokal mandiri ), Sandhangan ( huruf vokal tidak mandiri ) yang disertai dengan contoh penggunaannya, kemudian tahap pengujian yaitu melakukan petualangan dengan menjawab soal-soal yang ditampilkan menggunakan kombinasi bahasa indonesia dan Aksara Jawa.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | pembimbing I: Rizkysari Meimaharani, M.Kom pembimbing II: Tutik Khotimah, M.Kom |
Kata Kunci: | Kata Kunci : Aksara Jawa, Multimedia, Game |
Subjects: | Teknologi > Teknologi (umum) |
Program Studi: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Informatika |
Depositing User: | Ririn Mela Safitri |
Date Deposited: | 24 Sep 2014 07:33 |
Last Modified: | 24 Sep 2014 07:33 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/3131 |
Actions (login required)
View Item |