APLIKASI PEMBELAJARAN AKSARA JAWA DENGAN GAME INTERAKTIF SEBAGAI MEDIA BELAJAR UNTUK TINGKAT SEKOLAH DASAR

Ja’far Indra W, Akhmad (2014) APLIKASI PEMBELAJARAN AKSARA JAWA DENGAN GAME INTERAKTIF SEBAGAI MEDIA BELAJAR UNTUK TINGKAT SEKOLAH DASAR. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HAL JUDUL]
Preview
PDF (HAL JUDUL)
Hal_Judul.pdf - Accepted Version

Download (406kB)
[thumbnail of BAB I] PDF (BAB I)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (92kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II] PDF (BAB II)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (151kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] PDF (BAB III)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (227kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (708kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] PDF (BAB V)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB VI] PDF (BAB VI)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (123kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (26kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] PDF (LAMPIRAN)
Daftar_Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (859kB) | Request a copy
[thumbnail of PROGRAM] Other (PROGRAM)
GTKc.rar - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstrak

Aksara Jawa merupakansebuah warisan budaya indonesia. Sebagai generasi muda sudah seharusnya melestarikan budaya bangsa yang merupakan peninggalan dari leluhur. Atas dasar itu pada penelitian ini dibuat suatu aplikasi game edukasi pembelajaran Aksara Jawa untuk tingkat Sekolah Dasar, untuk membantu menjaga kelestariannya. Penelitian ini dimulai dengan melakukan perancangan terhadap kebutuhan-kebutuhan yang akan diintegrasikan pada aplikasi/ sistem menggunakan metode Research and Development. Serta pembuatan aplikasi menggunakan aplikasi Adobe Flash CS6 dengan kode perintah menggunakan Action Script 3.0. Untuk merancang desain interface serta content menu tahap awal menggunakan storyboardsebelum diimplementasikan ke desain yang sebenarnya. Aplikasi terdiri dari beberapa tahapan utama yaitu : pengenalanAksara Jawa yang terdiri dari Aksara Carakan ( huruf dasar ), Aksara Pasangan ( huruf pasangan ), Aksara Suwara ( huruf vokal mandiri ), Sandhangan ( huruf vokal tidak mandiri ) yang disertai dengan contoh penggunaannya, kemudian tahap pengujian yaitu melakukan petualangan dengan menjawab soal-soal yang ditampilkan menggunakan kombinasi bahasa indonesia dan Aksara Jawa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: pembimbing I: Rizkysari Meimaharani, M.Kom pembimbing II: Tutik Khotimah, M.Kom
Kata Kunci: Kata Kunci : Aksara Jawa, Multimedia, Game
Subjects: Teknologi > Teknologi (umum)
Program Studi: Fakultas Teknik > S1 Teknik Informatika
Depositing User: Ririn Mela Safitri
Date Deposited: 24 Sep 2014 07:33
Last Modified: 24 Sep 2014 07:33
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/3131

Actions (login required)

View Item View Item