EMOTIONAL INTELLIGENCE AS AN IMPORTANT FEATURE FOR A COMPETENT ENGLISH TEACHERS(A CASE STUDY OF THE ENGLISH TEACHERS OF SMP 3 JEKULO KUDUS IN THE ACADEMIC YEAR 20013/2014)

Rokhayani, Atik (2014) EMOTIONAL INTELLIGENCE AS AN IMPORTANT FEATURE FOR A COMPETENT ENGLISH TEACHERS(A CASE STUDY OF THE ENGLISH TEACHERS OF SMP 3 JEKULO KUDUS IN THE ACADEMIC YEAR 20013/2014). [Experiment] (Submitted)

[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
CHAPTER_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (150kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
CHAPTER_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (220kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
CHAPTER_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (143kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
CHAPTER_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (377kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
CHAPTER_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (142kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
bibliography.pdf - Accepted Version

Download (139kB)
[thumbnail of Artikel Jurnal] PDF (Artikel Jurnal)
artikel_jurnal.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (202kB) | Request a copy

Abstrak

Dalam praktik pembelajaran, seorang guru Bahasa Inggris sangat dituntut untuk menjadi seorang tenaga professional, berkompeten dan mempunyai kredibilitas tinggi, sehingga mampu menjalankan perannya secara tepat. Untuk itu dibutuhkan beberapa elemen yang dapat membentuk seseorang sehingga bisa disebut guru yang berkompeten. Salah satu dari elemen tersebut adalah kecerdasan emosional. Kecerdasan emosional saat ini diyakini sebagai elemen penting yang harus dimiliki oleh seorang guru. Hal ini member sebuah ide bahwa pengetahuan tentang Bahasa Inggris saja bukan satu-satunya factor penting untuk menjadi seorang guru Bahasa Inggris yang sukses. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1). Untuk mengetahui apakah kecerdasan emosional guru bahasa Inggris dapat mempengaruhi hasil akhir pembelajaran siswa. 2). Untuk mengetahui sejauh mana kecerdasan emosional guru bahasa Inggris dapat mempengaruhi hasil akhir pembelajaran siswa. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kualitatif. Metode deskriptif kualitatif cenderung menggunakan analisa induktif, dimana proses penelitian dan pemberian makna terhadap data dan informasi lebih ditonjolkan, dengan cirri utama metode ini adalah bentuk narasi yang bersifat kreatif dan mendalam serta naturalistik. Penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan pemahaman yang substantive terhadap permasalahan guru Bahasa Inggris terhadap kecerdasan emosional. Subjek dari penelitian ini adalah empat guru Bahasa Inggris SMP 3 Jekulo Kudus. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa kecerdasan emosional guru bahasa Inggris dapat mempengaruhi hasil akhir pembelajaran. Hal ini dapat dilihat dari hasil penyebaran angket kepada guru Bahasa Inggris SMP 3 Jekulo Kudus terhadap hasil akhir pembelajaran siswa. Guru yang nilai kecerdasan emosionalnya tinggi juga mempunyai nilai rata-rata hasil akhir pembelajaran siswa yang tinggi. Sebaliknya, guru yang nilai kecerdasan emosionalnya rendah mempunyai nilai rata-rata hasil akhir pembelajaran siswa yang rendah pula. Sebagai tambahan guru yang mempunyai nilai kecerdasan emosional tinggi lebih mudah dalam menyampaikan materi terhadap muridnya dan lebih dapat mengontrol kelas dengan baik sehingga menimbulkan ketertarikan terhadap pelajaran Bahasa Inggris. Sedangkan guru yang mempunyai nilai kecerdasan emosional rendah merasa kesulitan dalam mengontrol kelas dan juga emosinya sehingga menyebabkan kurangnya motivasi siswa terhadap pelajaran Bahasa Inggris. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti memberikan saran sebagai berikut.1) Guru Bahasa Inggris sebaiknya memperhatikan kecerdasan emosional karena sangat berguna di kelas dan juga di masyarakat. 2) Setiap siswa mempunyai karakter dan kebutuhan yang berbeda, jadi mereka disarankan untuk memiliki kecerdasan emosional agar mampu menjalankan perannya di sekolah dan juga lingkungan sekitar. 3) Untuk peneliti berikutnya disarankan melakukan penelitian yang sejenis dengan korelasi yang berbeda misalnya antara kecerdasan emosional dan motivasi siswa.

Item Type: Experiment
Kata Kunci: kecerdasan emosional
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: pustakawan umk
Date Deposited: 18 Aug 2014 08:14
Last Modified: 18 Aug 2014 08:14
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/3184

Actions (login required)

View Item View Item