setyanti, nanik eka (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STAD DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PECAHAN PADA SISWA KELAS IV MI TARBIYATUL ATHFAL MAMBAK PAKIS AJI JEPARA TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
PDF (HALAMAN JUDUL)
Abstrack.pdf - Accepted Version Download (285kB) |
PDF (BAB I)
BAB_I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (550kB) | Request a copy |
|
PDF (BAB II)
BAB_II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
PDF (BAB III)
BAB_III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
|
PDF (BAB V)
BAB_V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (440kB) | Request a copy |
|
PDF (BAB VI)
BAB_VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (244kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar_Pustaka.pdf - Accepted Version Download (327kB) |
PDF (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (11MB) | Request a copy |
|
Microsoft PowerPoint (PRESENTASI)
PPT_Sripsi.pptx - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (518kB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini dilaksanakan karena rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas IV MI Tarbiyatul Athfal Mambak Pakis Aji Jepara yang diperoleh dari data observasi awal.Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa kelas IV MI Tarbiyatul Athfal Mambak Pakis Aji Jepara pada materi penjumlahan pecahan serta mendeskripsikan aktivitas guru dalam pembelajaran matematika materi penjumlahan pecahan dengan menerapkan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD). Model STAD adalah suatu model pembelajaran kooperatif yang yang paling baik untuk permulaan yang menggunakan pendekatan kooperatif dan melibatkan kompetisi antar kelompok. Kegiatan dalam penelitian ini adalah belajar berkelompok dengan materi yaitu mengenai, konsep pecahan, penyederhanaan pecahan, dan penjumlahan pecahan kemudian dalam kelompok siswa harus saling membantu sampai teman sekelompoknya bisa dan mengerti sehingga dapat mengerjakan kuis secara individual dan dapat memberikan sumbangan poin perkembangan untuk kelompoknya dan poin-poin tersebut dirata-rata untuk mendapatkan suatu predikat baik, hebat atau super. Instrumen dalam penelitian ini yaitu tes pada setiap akhir siklus, lembar pengamatan aktivitas guru dan lembar pengamatan aktivitas siswa. Analisisdata pada penelitian tindakan kelas ini menggunakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing terdiri dari dua pertemuan. Setiap siklus melalui 4 tahapan yaitu perencanaan, perlakuan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV MI Tarbiyatul Athfal Mambak Pakis Aji Jepara. Jumlah siswa sebanyak 28 orang, terdiri dari 7 siswa laki-laki dan 21 siswa perempuan. Variabel penelitian adalah model pembelajaran STAD dan hasil belajar siswa.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan model STAD pada proses pembelajaran matematika, dapat: (1) meningkatkan hasil belajar siswa, pada pra siklus menunjukkan nilai rata-rata 61,50 dengan ketuntasan klasikal 35,71%, siklus I menunjukkan rata-rata nilai sebesar 68,61 dengan ketuntasan klasikal 60,71%, pada siklus II hasil belajar matematika siswa meningkat dengan rata-rata nilai sebesar 78,86 dan ketuntasan klasikal 89,29%, (2) hasil pengamatan aktivitas siswa pada pembelajaran matematika menerapkan model STAD mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II, pada siklus I diperoleh skor rata-rata 33,91 dengan kategori ”cukup” meningkat pada siklus II menjadi 44,81 dengan kategori “sangat baik”, (3) hasil pengamatan aktivitas guru pada siklus I mendapat skor rata-rata 71,5 dengan kategori “baik” meningkat pada siklus II menjadi 91 dengan kategori “sangat baik.” Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa, aktivitas siswa dan aktivitas gurudi kelas IV MI Tarbiyatul Athfal Mambak Pakis Aji Jeparapada materi pecahan dapat meningkat setelah diterapkannya model pembelajaran STAD. Adapun saran yang diberikan, yaitu: 1. Siswa hendaknya lebih aktif dan kreatif dalam pembelajaran. 2. Guru hendaknya menerapkan model pembelajaran STAD pada mata pelajaran lain. 3. Peneliti selanjutnya dapat meningkatkan pelaksanaan pembelajaran dengan lebih maksimal lagi.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Kata Kunci: | Model Pembelajaran STAD, hasil belajar matematika, Penjumlahan Pecahan |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | pustakawan umk |
Date Deposited: | 20 Aug 2014 05:40 |
Last Modified: | 20 Aug 2014 05:40 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/3200 |
Actions (login required)
View Item |