ratnawati, dewi (2014) MENINGKATKAN KEWAJIBAN DIRI DI LINGKUNGAN SEKOLAH MELALUI LAYANAN INFORMASI DENGAN TEKNIK MIND MAP SISWA KELAS VII SMP 5 KUDUS TAHUN 2013/2014. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
PDF (HALAMAN JUDUL)
hal_Judul.pdf - Accepted Version Download (1MB) |
PDF (BAB I)
BAB_I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (166kB) | Request a copy |
|
PDF (BAB II)
BAB_II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (313kB) | Request a copy |
|
PDF (BAB III)
BAB_III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (532kB) | Request a copy |
|
PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (792kB) | Request a copy |
|
PDF (BAB V)
BAB_V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (167kB) | Request a copy |
|
PDF (BAB VI)
BAB_VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (151kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (119kB) |
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (14MB) | Request a copy |
|
Microsoft PowerPoint (PRESENTASI)
PPT_Skripsi_(Dewi).pptx - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (438kB) | Request a copy |
Abstrak
Berdasarkan wawancara dan observasi yang dilakukan peneliti terhadap guru BK (lampiran 2 halaman 139 dan lampiran 9 halaman 245) di lapangan yang menunjukkan bahwa di SMP 5 Kudus masih terdapat siswa kelas VII yang masih belum bisa memahami kewajiban diri di lingkungan sekolah terutama siswa kelas VII E. Gejala yang nampak yaitu siswa melanggar peraturan atau tata tertib, saat guru menerangkan siswa berbicara dengan teman, siswa yang tidak mengerjakan PR, siswa yang kurang menjaga kebersihan terutama di dalam kelas, saling mengejek sesama teman. Permasalahan penelitian ini adalah: Bagaimanakah layanan informasi dengan teknik mind map dapat meningkatkan kewajiban diri di lingkungan sekolah siswa kelas VII SMP 5 Kudus Tahun 2013/2014? Tujuan penelitian: 1. Mendiskripsikan kewajiban diri di lingkungan sekolah siswa kelas VII SMP 5 Kudus Tahun 2013/2014 sebelum dan sesudah mendapat layanan informasi dengan teknik mind map. 2. Memperoleh peningkatan kewajiban diri di lingkungan sekolah sesudah mendapat layanan informasi dengan teknik mind map pada siswa kelas VII SMP 5 Kudus Tahun 2013/2014. Kegunaan penelitian: 1. Kegunaan Teoritis: Memberikan wawasan keilmuan khususnya yang berhubungan dengan peningkatan kewajiban diri di lingkungan sekolah melalui layanan informasi dengan teknik mind map. 2. Kegunaan Praktis: 1. Bagi kepala sekolah dapat digunakan sebagai dasar kebijakan untuk mendukung efektivitas pelaksanaan bimbingan dan konseling di sekolah. 2. Bagi guru BK dapat digunakan sebagai pegangan atau pedoman untuk melaksanakan bimbingan dan konseling pada siswa khususnya layanan informasi, serta dapat digunakan sebagai wawasan mengenai teknik pembelajaran mengunakan media mind map. 3. Bagi siswa dapat membantu siswa dalam melaksanakan kewajiban diri di lingkungan sekolah dengan efektif dan dapat meningkatkan ketertarikan siswa terhadap penerapan mind map. Hipotesis tindakan: layanan informasi dengan teknik mind map dapat meningkatkan kewajiban diri di lingkungan sekolah pada siswa kelas VII SMP 5 Kudus tahun 2013/2014. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII E SMP 5 Kudus sebanyak 32 siswa. Variabel penelitian: layanan informasi dan teknik mind map (Variabel Bebas) dan kewajiban diri di lingkungan sekolah (Variabel Terikat). Metode pengumpulan data berupa metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan data kualitatif deskriptif. Penelitian dilakukan 2 siklus (siklus I dan siklus II), setiap siklus 3 pertemuan dan terdiri dari 4 tahapan. Penelitian dilakukan dengan data hasil observasi terhadap 10 aspek penilaian. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan, kewajiban diri di lingkungan sekolah mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Hal ini terbukti bahwa kewajiban diri di lingkungan sekolah mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata pada pra siklus mendapat skor 15 (K), pada siklus I mendapat nilai rata-rata 18 (C), dan pada siklus II mendapat nilai rata-rata 29 (B). Simpulan: Dari data pra siklus mendapat nilai rata-rata 15 (K), pada siklus I mendapat nilai rata-rata 18 (C), terjadi peningkatan sebanyak 3. Nilai rata-rata siklus I 15 (K), nilai rata-rata siklus II 29 (B), terjadi peningkatan sebanyak 11. Jadi jumlah peningkatan dari pra siklus, siklus I, dan siklus II sebanyak 14. Dengan demikian hipotesis yang diajukan dapat diterima karena telah teruji kebenarannya. Saran: 1. Bagi Kepala Sekolah, diharapkan dapat menggunakannya sebagai dasar kebijakan yang mendukung pelaksanaan program bimbingan dan konseling di sekolah. 2. Guru BK diharapkan dapat membantu siswa dalam meningkatkan kewajiban diri di lingkungan sekolah melalui layanan informasi dengan teknik mind map. 3. Siswa diharapkan menyadari pentingnya kewajiban diri di lingkungan sekolah serta diharapkan mampu melaksanakan kewajiban diri di lingkungan sekolah dengan baik. 4. Orangtua diharapkan memperhatikan sikap anaknya di lingkungan sekolah serta tidak lepas tangan untuk membina dan memantau anak dalam kegiatan sekolah. 5. Peneliti berikutnya diharapkan peneliti yang berkenan melanjutkan layanan informasi dengan teknik mind map agar lebih kreatif dan inovatif untuk digunakan pada kegiatan layanan informasi dengan teknik mind map selanjutnya.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Kata Kunci: | Kewajiban Diri Di Lingkungan Sekolah, Layanan Informasi, Mind Map |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling |
Depositing User: | pustakawan umk |
Date Deposited: | 26 Sep 2014 03:06 |
Last Modified: | 26 Sep 2014 03:06 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/3288 |
Actions (login required)
View Item |