UPAYA MENINGKATKAN ETIKA DALAM BERKENDARA RODA DUA MELALUI LAYANAN INFORMASI DENGAN TEKNIK SIMULASI PADA SISWA KELAS X TKI 2

GUFRON, MUHAMMAD (2014) UPAYA MENINGKATKAN ETIKA DALAM BERKENDARA RODA DUA MELALUI LAYANAN INFORMASI DENGAN TEKNIK SIMULASI PADA SISWA KELAS X TKI 2. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
Hal.__Depan.pdf - Accepted Version

Download (565kB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (24kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (68kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (157kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (213kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (35kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (31kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf - Accepted Version

Download (23kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan yang ada di SMK NU Ma’arif Kudus berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru pembimbing pada tanggal 24¬ dan 26 Maret 2014 diperoleh data bahwa ada beberapa siswa kelas X TKI 2 mempunyai etika dalam berkendara roda dua yang rendah. Sehingga peneliti mengambil masalah tentang etika dalam berkendara roda dua pada siswa kelas X TKI 2. Rumusan masalah: Bagaimanakah efektifitas penerapan layanan informasi dengan teknik simulasi dalam meningkatkan etika dalam berkendara roda dua pada siswa kelas X TKI 2 di SMK NU Ma’arif Kudus tahun pelajaran 2013/2014?. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1. Mendeskripsikan tinggi rendahnya etika dalam berkendara roda dua sebelum dan sesudah diberi layanan informasi dengan teknik simulasi pada siswa kelas X TKI 2 Di SMK NU Ma’arif Kudus tahun pelajaran 2013/2014; 2. Untuk mengetahui efektifitas layanan informasi dengan teknik simulasi dalam meningkatkan etika dalam berkendara roda dua pada siswa kelas X TKI 2 di SMK NU Ma’arif Kudus tahun pelajaran 2013/2014. Teori yang digunakan dalam penelitian ini meliputi etika dalam berkendara roda dua sebagai suatu nilai, norma, atau asas yang menjadi pegangan bagi seseorang tentang perilaku baik dan buruk dalam mengendarai kendaraan roda dua. Serta layanan informasi dengan teknik simulasi yaitu suatu kegiatan untuk membekali para siswa dengan serangkaian informasi, data atau fakta dengan menggunakan teknik yang berupa pelatihan atau penggambaran sesuai keadaan yang senyatanya. Hipotesis dalam penelitian ini adalah ”Penerapan layanan informasi dengan teknik simulasi efektif untuk meningkatkan etika dalam berkendara roda dua pada siswa kelas X TKI 2 di SMK NU Ma’arif Kudus tahun pelajaran 2013/2014”. Subjek yang diteliti dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TKI 2 SMK NU Ma’arif Kudus Tahun Pelajaran 2013/2014, sebanyak 30 siswa yang mempunyai etika dalam berkendara roda dua yang rendah. Variabel penelitian: layanan informasi dengan teknik simulasi (variabel bebas) dan etika dalam berkendara roda dua (variabel terikat). Penelitian dilakukan melalui 2 siklus (siklus I dan siklus II) setiap siklus 3 kali pertemuan membahas 6 materi dengan alokasi waktu 45 menit. Metode pengumpulan data melalui metode observasi (metode pokok) dan metode wawancara (metode pendukung). Analisis data menggunakan deskriptif komparatif. Berdasarkan hasil penelitian terhadap etika dalam berkendara roda dua pada pra siklus, sebanyak 21 siswa dengan kategori kurang dan sebanyak 9 siswa dengan kategori cukup. Pada siklus I dari 30 siswa, sebanyak 2 siswa dengan kategori baik, 20 siswa dengan kategori cukup, dan 8 siswa dengan kategori kurang. Pada siklus II ada 22 siswa dengan kategori baik dan ada 8 siswa dengan kategori cukup. Indikator keberhasilan yang diterapkan pada penelitian ini adalah apabila ada peningkatan dari aspek-aspek etika dalam berkendara roda dua ke dalam kategori baik (34-41). Berdasarkan hasil pembahasan dan analisis, etika dalam berkendara roda dua pada siswa setelah diberikan layanan layanan informasi dengan teknik simulasi pada siklus I diperoleh rata-rata skor 28,3 (ada peningkatan skor sebesar 3,9 dari pra siklus). Sedangkan pada siklus II diperoleh rata-rata skor sebesar 34,7(ada peningkatan skor sebesar 6,4 dari siklus I). Sehingga dari 2 siklus terjadi peningkatan skor sebesar 10,3. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa layanan informasi dengan teknik simulasi efektif untuk meningkatkan etika dalam berkendara roda dua pada siswa kelas X TKI 2 SMK NU Ma’arif Kudus. Saran kepada: 1. Kepala sekolah hendaknya memberikan fasilitas sarana dan prasarana yang mendukung, agar program Bimbingan dan Konseling dapat terlaksana dengan baik; 2. Diharapkan guru pembimbing memberikan layanan informasi berkaitan dengan etika dalam berkendara roda dua pada siswa secara intensif; 3. Diharapkan siswa menjaga sikap dan perilakunya terutama dalam mengendarai kendaraan roda dua; 4. Peneliti berikutnya perlu mengadakan penelitian lebih lanjut dan lebih lengkap berkaitan dengan masalah etika dalam berkendara roda dua siswa melalui layanan informasi dengan teknik simulasi.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Kata Kunci: Etika dalam berkendara roda dua, Layanan informasi dengan teknik simulasi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: pustakawan umk
Date Deposited: 03 Oct 2014 03:21
Last Modified: 03 Oct 2014 03:21
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/3315

Actions (login required)

View Item View Item