Pelaksanaan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Corporate Social Responsibility) di Kabupaten Kudus

Suparnyo, - and Suciningtyas, - (2009) Pelaksanaan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Corporate Social Responsibility) di Kabupaten Kudus. [Experiment] (Submitted)

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
Hal._Judul.pdf - Submitted Version

Download (133kB)
[thumbnail of Bab I]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf - Submitted Version

Download (103kB)
[thumbnail of Bab II]
Preview
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf - Submitted Version

Download (178kB)
[thumbnail of Bab III]
Preview
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf - Submitted Version

Download (29kB)
[thumbnail of Bab IV] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (245kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab V]
Preview
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf - Submitted Version

Download (9kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (66kB)

Abstrak

Dari hasil identifikasi yang dilakukan Direktorat Peningkatan Peran Kelembagaan Sosial Masyarakat dan Kemitraan Direktorat Jenderal Pemberdayaan Sosial Departemen Sosial RI ditemukan bahwa sejumlah dunia usaha telah melaksanakan tanggung jawab sosialnya, tetapi sebagian besar di antaranya masih bersifat pragmatis, karena belum terjalinnya kerjasama secara sinergis antar dunia usaha dengan pemerintah. Akibatnya, masalah sosial yang diselesaikan umumnya masih bernuansa pragmatis, kurang komprehensip dan tidak sedikit diantaranya sebatas karitatif. Permasalahan yang muncul penelitian yang akan dicari jawabnya adalah (1) Bagaimana implementasi tanggung jawab sosial perusahaan atau TJSP (Corporate Social Responsibility atau CSR) ? (2) Faktor-faktor apakah yang mendorong suatu perusahaan mengimplementasikan tanggung jawab sosialnya ? Dengan melalui metode pendekatan yuridis empiris, yaitu dengan mengumpulkan data primer maupun data sekunder serta dengan analisis kualitatif maka diperoleh kesimpulan bahwa perusahaan-perusahaan mengartikan CSR sebagai suatu kepedulian perusahaan terhadap masyarakat setempat dan/atau pemerintah, dan pihak-pihak yang terkait dengan kegiatan bisnisnya. Kepedulian di sini diartikan sebagai suatu perbuatan yang bersifat derma atau bantuan kepada stakeholders, khususnya terhadap masyarakat sekitar yang diwujudkan dalam bentuk bantuan berupa uang atau kegiatan-kegiatan.Oleh karena itu, karena tingkat pemahaman yang demikian maka implementasi CSR pada tahap ini dapat dikatakan sebagai suatu kegiatan yang bersifat charity. Dalam mengimplementasikan TJSK/CSR, secara dipengaruhi atau didorong dari tenaga kerja, meskipun kesadaran pemilik perusahaan juga ikut mempengaruhinya. Implementasi TJSP/CSR secara eksternal adalah didorong oleh adanya rasa solidaritas sosial agar tercipta hubungan yang baik, harmonis dan saling menguntungkan, ikut mematuhi adat istiadat masyarakat setempat, ikut berpartisipasi dalam pengelolaan lingkungan, melaksanakan ketentuan pemerintah pusat maupun daerah, dan lain-lain.

Item Type: Experiment
Kata Kunci: perusahaan, industri, TJSP/CSR
Subjects: Ilmu-ilmu Sosial > Industri. Pemanfaatan lahan. Perburuhan > Manajemen. Manajemen industri
Ilmu-ilmu Sosial > Industri. Pemanfaatan lahan. Perburuhan > Manajemen. Manajemen industri > Tanggung jawab sosial dalam bisnis
Program Studi: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Fakultas Hukum > Magister Ilmu Hukum (S2)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jun 2012 06:49
Last Modified: 28 Jun 2012 06:49
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/333

Actions (login required)

View Item View Item