PENINGKATAN MOTORIK HALUS MELALUI LAYANAN PENGUASAAN KONTEN DENGAN PERMAINAN MENYUSUN BENTUK-BENTUK BANGUNSEDERHANA DARI BALOKDI TK KARTINI MAYONG

APSIRA SUTRISNO, FEUNIKA (2014) PENINGKATAN MOTORIK HALUS MELALUI LAYANAN PENGUASAAN KONTEN DENGAN PERMAINAN MENYUSUN BENTUK-BENTUK BANGUNSEDERHANA DARI BALOKDI TK KARTINI MAYONG. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
AWAL.pdf - Accepted Version

Download (642kB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
BAB_1.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (196kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (319kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (763kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (243kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (168kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (101kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sikap aktifitas yang dilakukan tidak seimbang, karena anak-anak lebih suka melakukan motoric kasar daripada melakukan aktifitas motoric halusnya. Permasalahan yang diteliti: apakah layanan penguasaan konten dengan permainan menyusun bentuk-bentuk bangun dari balok dapat meningkatkan motoric halus pada anak kelompok A TK Kartini Mayong tahun ajaran 2013/2014? Tujuan penelitian ini adalah : diperolehnya peningkatan motoric halus melalui layanan penguasaan konten permainan menyusun bentuk-bentuk bangun sederhana sederhana dari balok pada anak kelompok A tahun ajaran 2013/2014. Motoric halus adalah gerakan yang menggunakan otot-otot halus yang berkoordinasi dengan otak dalam melakukan suatu kegiatan. Layanan penguasaan konten merupakan suatu layanan bantuan yang diberikan pada inidvidu ataupun kelompok untuk menguasai kemampuan atau kompetensi tertentu melalui kegiatan belajar. Perkembangan gerak motorik halus adalah meningkatnya pengoordinasikan gerak tubuh yang melibatkan otot dan saraf yang jauh lebih kecil atau detail. motorik halus adalah gerakan yang hanya melibatkan bagian-bagian tubuh teretntu saja dan dilakukan oleh otot-otot kecil, tidak terlalu membutuhkan tanaga akan tetapi membutuhkan koordinasi yang cermat serta ketelitian. Layanan Penguasaan Konten merupakan salah satu Layanan Bimbingan dan Konseling yang penting diselenggarakan di sekolah. Layanan Penguasaan Konten di sekolah pada hakikatnya merupakan layanan yang membantu dan arahan yang diberikan kolaborator terhadap siswa. Layanan Penguasaan Konten merupakan suatu layanan bantuan kepada individu (siswa) baik sendiri maupun dalam kelompok untuk menguasai kemampuan atau kopetensi tertentu melalui kegiatan belajar. Hipotesis tindakan kelas dalam penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut: Penerapan layanan konten dengan permainan menyusun bentuk-bentuk bangun sederhana dari balok dapt meningkatkan motorik halus pada anak kelompok A TK Kartini Mayong TP 2013/2014. Subjek yang diteliti dalam penelitian ini adalah delapan anak kelompok A, yang memiliki motorik halus rendah berdasarkan wawancara dan observasi, Variabel penelitian: layanan penguasaan konten dengan permainan menyusun bentuk-bentuk bangun sederhana dari balok (variabel bebas) dan motorik halus (variabel terikat). Metode pengumpulan data metode observasi, metode pendukung yaitu wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif komparatif. Penelitian dilakukan 2 siklus (siklus I dan siklus II) setiap siklus dilakukan 3 pertemuan. Berdasarkan hasil observasi sebelum dilakukan tindakan layanan penguasaan konten dengan permainan menyusun bentuk-bentuk bangun sederhana dari balok dan masuk dalam kategori rendah dengan hasil rata-rata 43,41% dengan kategori kurang. Setelah diberi layanan penguasaan konten, motorik halus anak meningkat dalam siklus I setelah dirata-rata hasil yang diperoleh pada siklus I mencapai 63,42% dalam kategori baik. Sedangkan pada siklus ke II motorik halus anak meningkat menjadi 85,88% dalam kategori sangat baik. Hal ini menunjukan bahwa layanan penguasaan konten dengan permainan menyusun bentuk-bentuk bangun sederhana dari balok dapat meningkatkan motorik halus pada anak kelompok A TK Kartini Mayong Tahun Ajaran 2013/2014. Hasil pembahasan dan analisa peneliti menyimpulkan sebagai berikut melalui layanan penguasaan konten pada awal sebelum layanan, siklus I, siklus II dapat meningkatkan meningkatkan motorik halus pada anak kelompok A TK Kartini Mayong. Dengan demikian hipotesis yang diajukan dapat diterima karena telah teruji kebenarannya. Setelah melihat temuan di lapangan peneliti memberikan saran kepada: 1.Kepala sekolah, hendaknya mendukung dan memfasilitasi penyelenggaraan kegiatan penguasaan konten untuk kebutuhan anak. 2. Konselor, hendaknya lebih mengefektifkan berbagai macam layanan bimbingan dan konseling untuk membantu menyelesaikan permasalahan anak. 3. Kepada Anak, hendaknya lebih aktif dalam mengikuti kegiatan penguasaan konten dengan permainan menyusun bentuk-bentuk bangun sederhana dari balok untuk meningkatkan motorik halusnya.4.Untuk Peneliti selanjutnya, hendaknya dapat mengembangkan dan meningkatkan motoric halus

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Kata Kunci: Motorik Halus, Layanan Penguasaan Konten.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Unnamed user with username librarianumk1
Date Deposited: 06 Oct 2014 03:29
Last Modified: 06 Oct 2014 03:29
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/3344

Actions (login required)

View Item View Item