UPAYA MENINGKATKAN KONSEP DIRI POSITIF MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PERMAINAN PERANAN PADA SISWA KELAS XI IPS 1

SURYA NEGARA, YOGGI (2014) UPAYA MENINGKATKAN KONSEP DIRI POSITIF MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PERMAINAN PERANAN PADA SISWA KELAS XI IPS 1. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
Hal_Judul.pdf - Accepted Version

Download (494kB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (157kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (205kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (285kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (549kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (45kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (111kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (111kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Setiap individu pasti memiliki konsep diri, tetapi mereka tidak tahu apakah konsep diri yang dimiliki itu negative atau positif. Siswa yang memiliki konsep diri positif ia akan memiliki dorongan mandiri lebih baik, ia dapat mengenal serta memahami dirinya sendiri. Konsep diri yang positif itu sangat luas, kaitannya dengan penelitian ini, hanya difokuskan dalam konsep diri positif yang rendah. Siswa SMA Muhammadiyah Kudus kelas XI IPS 1 yang memiliki konsep diri positif rendah yaitu ditandai dengan rendahnya sikap percaya diri siswa, kurangnya motivasi diri siswa, tidak adanya keyakinan pada diri siswa, tidak adanya sikap optimis dalam diri siswa, kurangnya tanggung jawab siswa. Sesuai dengan permasalahan diatas, maka penulis berkeinginan meneliti tentang “Upaya Meningkatan Konsep Diri Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Permainan Peranan Siswa Kelas XI IPS 1 SMA Muhammadiyah Kudus Tahun Pelajaran 2013/2014”. Rumusan masalah yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah apakah layanan bimbingan kelompok dapat digunakan untuk meningkatkan konsep diri positif siswa kelas XI IPS 1 SMA Muhammadiyah Kudus tahun pelajaran 2013/2014?. Berdasarkan rumusan masalah diatas dapat dirumuskan tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: dideskripsikannya konsep diri positif kelas XI IPS 1 SMA Muhammadiyah tahun pelajaran 2013/2014 sebelum dan sesudah menggunakan layanan bimbingan kelompok. Selain itu tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu diperolehnya peningkatan konsep diri positif melalui layanan bimbingan kelompok siswa kelas XI IPS 1 SMA Muhammadiyah Kudus tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian ini membahas teori-teori yang berhubungan dengan konsep diri dan bimbingan kelompok. Hipotesis dalam penelitian ini yaitu “layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan konsep diri positif siswa kelas XI IPS 1 SMA Muhammadiyah Kudus tahun pelajaran 2013/2014.” Subyek yang diteliti dalam penelitian ini adalah siswa SMA Muhammadiyah Kudus kelas XI IPS I sebanyak 8 orang yang memiliki konsep diri positif rendah. Variabel penelitiannya yaitu: layanan bimbingan kelompok dengan teknik permainan peranan(variabel bebas), dan peningkatan konsep diri positif (variabel terikat). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan metode pokok xii observasi, dan metode pendukung wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan yaitu deskriptif komparatif. Penelitian ini berbentuk PTK BK yang dalam pelaksanaannya dilakukan dalam 2 siklus, (siklus I dan siklus II). Setiap siklus dilaksanakan 3 kali pertemuan. Berdasarkan hasil penelitian pada pra siklus diperoleh rata-rata persentase adalah 15,6 (31,2%) dengan kategori sangat kurang. Pada siklus I adalah 22,3 (44,6%) dengan kategori kurang. Dan siklus II adalah 47,3 (94,6%) dengan kategori sangat baik. Hal ini dikarenakan pada tahap ini semua anggota kelompok sangat antusias, semangat, dan semua anggota kelompok bisa berinteraksi dengan maksimal, saling bertukar pikiran, memberikan pendapat, sehingga dalam kegiatan layanan bimbingan kelompok yang diadakan oleh peneliti itu tercapai suatu keberhasilan yang maksimal. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa dengan menggunakan layanan bimbingan kelompok dengan teknik permainan peranan dapat meningkatkan konsep diri positif siswa. Hal ini terbukti bahwa sebelum menggunakan layanan bimbingan kelompok memperoleh kategori sangat kurang. Setelah menggunakan layanan bimbingan kelompok pada siklus I pada pertemuan III memperoleh kategori kurang, dan pada siklus II pertemuan III memperoleh kategori sangat baik. Dengan demikian, hipotesis yang diajukan dapat diterima karena telah teruji kebenarannya. Berdasarkan seluruh pembahasan serta analisis yang telah dilakukan terhadap penelitian ini dapat disimpulkan bahwa melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik permainan peranan dapat digunakan untuk meningkatkan konsep diri positif siswa. Saran yang diberikan: 1. Kepala Sekolah, memberikan fasilitas sarana dan prasarana yang mendukung agar program Bimbingan dan Konseling dapat terlaksana dengan baik. 2. Bagi guru Pembimbing, memberikan layanan bimbingan kelompok berkaitan dengan konsep diri positif siswa secara intensif dan dalam pemberian layanan bimbingan kelompok sesuai dengan kebutuhan siswa agar potensi siswa dapat berkembang secara optimal. 3. Siswa, agar mempunyai penerimaan diri yang baik, dalam upaya meningkatkan konsep diri positif agar dapat lebih baik lagi kedapannya.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Kata Kunci: Konsep Diri Positif, Bimbingan Kelompok
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Unnamed user with username librarianumk1
Date Deposited: 18 Oct 2014 05:22
Last Modified: 18 Oct 2014 05:22
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/3408

Actions (login required)

View Item View Item