READING COMPREHENSION IN RECOUNT TEXT OF THE EIGHTH GRADE STUDENTS OF SMP 1 JATI KUDUS TAUGHT BY USING GROUP INVESTIGATION METHOD IN THE ACADEMIC YEAR 2013/2014

INDRIYA FITRIANI, YEPI (2014) READING COMPREHENSION IN RECOUNT TEXT OF THE EIGHTH GRADE STUDENTS OF SMP 1 JATI KUDUS TAUGHT BY USING GROUP INVESTIGATION METHOD IN THE ACADEMIC YEAR 2013/2014. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
HAL_JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (840kB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (180kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (203kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (425kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (494kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (383kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (370kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (150kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Pemahaman membaca perlu dikembangkan terhadap siswa. Membaca merupakan aktifitas yang mempunyai tujuan dalam mengerti dan memahami isi dari teks. Di sisi lain, siswa mempunyai kesulitan dalam membaca. Siswa merasa bahwa membaca itu sulit karena mereka tidak mengetahui makna kata yang tepat. Siswa merasa bosan dalam membaca karena guru mengajar mereka secara konvensional. Oleh karena itu, guru seharusnya menggunakan metode yang baik dalam mengajar membaca. Salah satu metode adalah Grup Investigasi. Metode ini dapat membantu guru untuk memecahkan masalah siswa dalam membaca dan membuat siswa lebih tertarik dalam membaca. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan apakah ada perbedaan yang signifikan antara pemahaman membaca teks recount siswa kelas delapan SMP 1 Jati Kudus sebelum dan sesudah diajar dengan menggunakan metode Grup Investigasi tahun pelajaran 2013/2014. Model penelitian ini adalah quasi-eksperimental (satu kelompok pre-test dan post-test). Populasi penelitian ini adalah siswa kelas delapan SMP 1 Jati Kudus. Penulis menggunakan teknik pengambilan sampel secara acak dan kelompok untuk mengambil sampel dalam penelitian ini. Sesuai dengan teknik ini, penulis mendapatkan kelas VIII G sebagai sampel dengan jumlah siswa 34. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman membaca teks recount siswa kelas delapan SMP 1 Jati Kudus sesudah diajar dengan menggunakan Grup Investigasi adalah “baik” dengan nilai rata-rata 79.03 dan standar deviasi 7.55. Hasil ini lebih tinggi daripada sebelum diajar dengan menggunakan Grup Investigasi Method dengan nilai rata-rata 70.15 dan standar deviasi 7.02 yang digolongkan “cukup”. Hipotesis penelitian ini menyatakan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara pemahaman membaca siswa kelas delapan SMP 1 Jati Kudus sebelum dan sesudah diajar dengan menggunakan metode Grup Investigasi tahun pelajaran 2013/2014. Hal itu dapat dilihat dari perhitungan t-test. Perhitungan t-test menunjukkan bahwa t_0 (t-obtained) adalah 6.13 dan t_1 (t-table) adalah ± 2.042 dengan tingkat signifikan (α) .05 dan degree of freedom (df) adalah 33. t_0 (t-obtained) lebih tinggi daripada t_1 (t-table). Berdasarkan hasil, penulis menyimpulkan bahwa Grup Investigasi adalah metode yang sesuai untuk mengajar membaca kelas delapan SMP 1 Jati Kudus tahun pelajaran 2013/2014. Metode ini bisa diaplikasikan untuk aktifitas membaca dalam proses belajar dan mengajar.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Kata Kunci: Pemahaman Membaca, Metode Grup Investigasi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Unnamed user with username librarianumk1
Date Deposited: 24 Oct 2014 06:24
Last Modified: 24 Oct 2014 06:24
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/3431

Actions (login required)

View Item View Item