PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA KELAS IV MI NU ISLAMIYAH TAHUN PELAJARAN 2013/2014

SAIDAH, AMALIA (2014) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA KELAS IV MI NU ISLAMIYAH TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
HALAMAN_DEPAN.pdf - Accepted Version

Download (660kB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (203kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (353kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (529kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (452kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (125kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (170kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf - Accepted Version

Download (142kB)
[thumbnail of Lampiran]
Preview
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version

Download (4MB)
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Latar belakang permasalahan dalam penelitian ini adalah hasil belajar IPA siswa kelas IV MI NU Islamiyah yang rendah. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil tes ulangan harian IPA dari 28 siswa yang tuntas hanya 13 siswa (46%) dan tidak tuntas 15 siswa (54%) dengan rata-rata kelas 67,3. Kondisi tersebut masih jauh dari yang diharapkan. Pembelajaran IPA dalam kurikulum KTSP kelas IV MI NU Islamiyah dianggap tuntas apabila 75% siswa mencapai ≥70. Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah mengetahui peningkatan hasil belajar dengan menerapkan metode pembelajaran two stay two stray IPA kelas IV MI NU Islamiyah tahun pelajaran 2013/2014. Metode two stay two stray (TSTS) merupakan bagian dalam model pembelajaran cooperative learning. Metode two stay two stray (TSTS) adalah pemerolehan suatu konsep atau informasi baru melalui kerjasama kelompok dengan pembagian tugas untuk bertukar informasi antar kelompok dimana dua siswa mencari informasi di kelompok lain dan dua siswa memberikan informasi kepada kelompok lain kemudian hasil dari pemerolehan informasi tersebut didiskusikan oleh kelompok untuk memperoleh hasil diskusi kelompok. Jenis penelitian ini adalah Penelitian tindakan kelas. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model spiral dari C. Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Siklus I dengan 2 pertemuan dan siklus II dengan 2 pertemuan dengan alokasi waktu masing-masing pertemuan 2 x 35 menit. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan teknik tes. Teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data tentang pembelajaran. Teknik tes digunakan untuk melihat hasi tes setelah tindakan. Data hasil observasi dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif dan hasil tes dianalisis dengan analisis kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode two stay two stray dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV MI NU Islamiyah tahun pelajaran 2013/2014. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Pada kondisi pra siklus siswa yang tuntas hanya 13 siswa (46%) dengan rata-rata 67,3 dan setelah dilakukan tindakan, pada siklus I ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 17 siswa (61%) dengan rata-rata 72,6. Siklus II ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 26 siswa (93%) dengan rata-rata 81,4. Sedangkan pada hasil pengamatan siklus I yaitu skor rata-rata pengamatan pengelolaan pembelajaran oleh guru sebesar 2,97 berada pada kriteria baik dan skor rata-rata aktivitas belajar siswa sebesar 2,08 berada pada kriteria cukup baik. Pada siklus II skor rata-rata pengelolaan pembelajaran oleh guru meningkat menjadi 3,66 dengan kriteria sangat baik dan skor rata-rata aktivitas belajar siswa meningkat menjadi 2,97 berada pada kriteria baik. Berdasarkan data di atas maka disarankan agar guru-guru SD/MI untuk mencoba menerapkan metode two stay two stray sebagai salah satu alternatif metode pembelajaran dalam kegiatan pembelajaran di kelas agar menjadi menarik dan menyenangkan, sehingga pelaksanaan pembelajaran lebih bermakna, dan dapat meningkatkan keaktifan siswa, sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan hasil belajar IPA.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Kata Kunci: Metode Two Stay Two Stray, Hasil Belajar, dan IPA.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with username librarianumk1
Date Deposited: 15 Nov 2014 03:20
Last Modified: 15 Nov 2014 03:20
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/3583

Actions (login required)

View Item View Item