PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION BERBANTUAN MEDIA PPPK PADA SISWA KELAS IV SDN 3 GULANG

KURNIAWATI, EVY (2014) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION BERBANTUAN MEDIA PPPK PADA SISWA KELAS IV SDN 3 GULANG. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
B._Halaman_Depan.pdf - Accepted Version

Download (724kB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
C._BAB_I_PENDAHULUAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (426kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
D._BAB_II_LANDASAN_TEORITIK.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (964kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
E._BAB_III_METODOLOGI_PENELITIAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (720kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
F._BAB_IV_HASIL_PENELITIAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
G._BAB_V_PEMBAHASAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (572kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
H._BAB_VI_SIMPULAN_DAN_SARAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (151kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
I._DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (146kB)
[thumbnail of Lampiran]
Preview
PDF (Lampiran)
J._LAMPIRAN.pdf - Accepted Version

Download (10MB)
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya indikasi hasil belajar matematika siswa yang rendah. Indikasi tersebut terdapat pada siswa kelas IV SDN 3 Gulang yang sekaligus sebagai subjek penelitian. Hal ini ditandai dengan pembelajaran yang masih bersifat konvensional dan tidak berorientasi pada kenyataan. Suasana belajar matematika yang cenderung abstrak menyebabkan siswa sulit mempelajari matematika, dan akhirnya banyak siswa yang kurang tertarik dan hasil belajar matematika rendah. Dengan menggunakan model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) berbantuan media PPPK (Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan Kertas) diharapkan dapat membantu meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV semester 2 SDN 3 Gulang materi penjumlahan dan pengurangan pecahan menggunakan model pembelajaran Realistic Mathematics Education berbantuan media PPPK. Model pembelajaran RME adalah suatu model pembelajaran yang cara pembelajarannya harus mengaitkan dengan dunia nyata atau kehidupan sehari-hari (kontekstual). Media Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan Kertas (PPPK) adalah sajian yang mengandung pesan yang dapat disampaikan melalui indera penglihatan yang bentuknya konkrit yang terbuat dari kertas yang dibentuk menjadi blok kertas pecahan untuk mempermudah siswa memahami konsep penjumlahan dan pengurangan pecahan. Hipotesis tindakan yang peneliti ajukan adalah model pembelajaran Realistic Mathematics Education berbantuan media PPPK dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV semester 2 SDN 3 Gulang materi penjumlahan dan pengurangan pecahan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yaitu terdiri dari 2 siklus, tiap siklus ada 2 pertemuan dengan langkah perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 3 Gulang. Metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Instrumen penelitian berupa pedoman wawancara, lembar observasi, soal tes pilihan ganda, dan pedoman dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Kondisi awal siswa sebelum melakukan tindakan mendapat ketuntasan klasikal sebesar 37,15% dengan rata-rata 58,62 meningkat pada siklus I menjadi 71,42% dengan rata-rata 68,71 dan pada siklus II meningkat menjadi 88,57% dengan rata-rata 76,42. Aspek afektif siswa secara individu pada siklus I mendapat rata-rata 2,85 dengan kriteria “baik” meningkat pada siklus II menjadi 3,07 dengan kriteria “baik”. Aspek psikomotor siswa secara individu pada siklus I mendapat rata-rata 3,19 dengan kriteria “baik” meningkat pada siklus II menjadi 3,41 dengan kriteria “sangat baik”. Aktivitas peneliti pada siklus I mendapatkan rata-rata 3,1 dengan kriteria “baik” meningkat pada siklus II menjadi 3,3 dengan kriteria “sangat baik”. Simpulan pada penelitian ini adalah pengunaan model pembelajaran Realistic Mathematics Education berbantuan media PPPK dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa, aspek afektif dan aspek psikomotor siswa secara individu, serta aktivitas peneliti. Saran dalam penelitian ini, yaitu penggunaan model pembelajaran Realistic Mathematics Education berbantuan media PPPK harus dipersiapkan dengan matang dan bisa mengatur alokasi waktu dengan baik, dan dalam penggunaannya harus mampu sekreatif mungkin dalam menanamkan konsep kepada siswa. Diharapkan peneliti yang akan datang dapat lebih memahami dan mengembangkan model pembelajaran yang digunakan, dalam penelitian ini misalnya model pembelajaran Realistic Mathematics Education berbantuan media PPPK, sehingga akan dapat meminimalisasikan kekurangan dalam pembelajaran.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Kata Kunci: Hasil Belajar Matematika, Realistic Mathematics Education, Media PPPK
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with username librarianumk1
Date Deposited: 15 Nov 2014 03:49
Last Modified: 15 Nov 2014 03:49
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/3586

Actions (login required)

View Item View Item