IMPLEMENTASI PENDIDIKAN RAMAH ANAK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL DRILLING PADA SISWA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH GRIBIG KUDUS

Ratnasari, Yuni (2014) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN RAMAH ANAK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL DRILLING PADA SISWA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH GRIBIG KUDUS. Seminar nasional pendidikan "Menyiapkan pendidik yang melek hukum terhadap perlindungan anak". ISSN 978-602-1180-11-2

[thumbnail of Cover_prosiding_2014_ok.jpg]
Preview
Image (JPEG)
Cover_prosiding_2014_ok.jpg

Download (5MB)
[thumbnail of Hal. Depan]
Preview
PDF (Hal. Depan)
Daftar_ISI.pdf - Accepted Version

Download (58kB)
[thumbnail of Artikel]
Preview
PDF (Artikel)
artikel.pdf - Accepted Version

Download (88kB)

Abstrak

Hasil observasi di SD Muhammadiyah Gribig Kudus menunjukkan bahwa hasil belajar siswa masih rendah. Rendahnya hasil belajar siswa ditunjukkan dengan nilai awal rata-rata kelas 61,24, padahal KKM kelas yang harus dicapai adalah 70. Jumlah siswa yang tuntas adalah 10 dan siswa yang tidak tuntas 15. Nilai tertinggi siswa 85 dan nilai terendah 30. Rendahnya nilai siswa disebabkan karena dalam proses pembelajaran siswa masih pasif, merasa takut, malu dan menganggap bahwa IPA adalah pelajaran yang sulit. Pelajaran IPA sulit karena ketika proses pembelajaran masih teacher center. Permasalahan tersebut menunjukkan bahwa proses pembelajaran belum mencerminkan sosok pendidikan yang ramah terhadap anak. Anak merasa terbebani, tidak nyaman dan timbul perasaan takut, malu bahkan suka melakukan kegiatan diluar kegiatan. Pendidikan yang ramah anak akan melahirkan generasi penerus yang memiliki perilaku tidak menyimpang. Perilaku menyimpang misalnya adalah tindak kekerasan, korupsi, seks bebas, tindak kejahatan. Pendidikan ramah anak ditunjukkan dengan menghargai berbagai karakteristik anak sebagaimana mestinya tanpa menghilangkan sifat dasar seorang anak. Model Pembelajaran Snowball Drilling ini memenuhi beberapa kriteria pembelajaran yang aktif, efektif, efisien, dan bermutu karena dalam proses pembelajarannya menuntut kreatifitas dan efektivitas berpikir siswa sehingga dapat meningkatkan daya serap siswa dalam mempelajari Sains. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April sampai Agustus 2014 dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SD Muhammadiyah Gribig Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus. Jenis penelitian PTK dengan dua siklus, setiap siklus dua pertemuan. Tehnik pengumpulan data dengan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Implemetasi pendidikan ramah anak dengan menerapkan model pembelajaran snowball drilling dikatakan berhasil ditunjukkan dari persentase aktivitas peneliti pada siklus I sebesar 69,73% dengan kriteria baik meningkat di siklus II sebesar 89% dengan kriteria sangat baik. Skor rata-rata aktivitas siswa pada siklus I sebesar 1,98 dengan kriteria cukup baik meningkat di siklus II sebesar 2,09 dengan kriteri cukup baik. Persentase ketuntasan belajar klasikal siswa pada siklus I sebesar 76% dengan nilai kelas rata-rata sebesar 70,28. Hasil belajar tersebut meningkat dalam siklus II, dengan persentase ketuntasab belajar klasikal sebesar 80% dengan nilai rata-rata 74,6. Hasil tersebut menunjukkan bahwa anak merasa nyaman dengan kondisi dan suasana belajar sehingga semua kreativitasnya dapat disalurkan tanpa menghilangkan sifat dasar anak. Hasil pada siklus I ke siklus II mengalami perubahan yang lebih baik. Dapat disimpulkan bahwa implementasi pendidikan ramah anak melalui model pembelajaran tipe snowball drilling telah berhasil dilaksanakan mengakibatkan hasil belajar siswa meningkat. Hal tersebut terlihat bahwa hasil belajar kelima siswa sudah menunjukkan perubahan yang baik meskipun masih dibawah KKM.

Item Type: Article
Kata Kunci: Pendidikan Ramah Anak, Model Pembelajaran Snowball Drilling
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 20 Nov 2014 03:33
Last Modified: 20 Nov 2014 03:34
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/3645

Actions (login required)

View Item View Item