PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MATERI KOPERASI PADA SISWA KELAS IV SD 4 KESAMBI KUDUS TAHUN AJARAN 2013/2014

LUTFIA FAUZIAH, NANING (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MATERI KOPERASI PADA SISWA KELAS IV SD 4 KESAMBI KUDUS TAHUN AJARAN 2013/2014. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
HALAMAN_AWAL.pdf - Accepted Version

Download (1MB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
BAB_1.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (1MB)
[thumbnail of Lampiran]
Preview
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version

Download (4MB)
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Hasil Observasi awal peneliti terhadap pembelajaran IPS pada siswa kelas IV SDN 4 Kesambi dan hasil nilai UAS semester 1 menunjukkan bahwa hasil belajar yang diperoleh siswa relatif rendah, ketuntasan hasil belajar klasikal yang diperoleh adalah 37,04%. Belum optimalnya hasil belajar siswa ini dilatarbelakangi oleh beberapa faktor antara lain guru kurang menggunakan model pembelajaran yang inovatif sehingga siswa cenderung pasif dan kurang antusias dalam pembelajaran. Berpijak pada realita ini, peneliti mencoba meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran mind mapping. Tujuan penelitian ini ialah: (1) Mendeskripsikan penerapan model pembelajaran mind mapping untuk meningkatkan keterampilan guru dalam pembelajaran IPS pada siswa kelas IV SD 4 Kesambi Mejobo Kudus tahun ajaran 2013/2014, (2) Menganalisis peningkatan hasil belajar IPSmateri koperasi melalui model pembelajaran mind mapping pada siswa kelas IV SD 4Kesambi MejoboKudus tahun ajaran 2013/2014. Hasil belajar adalah perubahan tingkah laku yang diperoleh siswa setelah mengikuti proses pembelajaran. Perubahan tingkah laku tersebut dapat dilihat dari aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Model Pembelajaran mind mapping adalah cara mencatat kreatif yang memunginkan seseorang menyusun fakta sesuai dengan cara kerja sehingga lebih mudah mengingat informasi. IPS adalah integrasi dari ilmu-ilmu sosial dan humaniora, serta kegiatan dasar manusia yang diorganisasikan dan disajikan secara ilmiah dan psikologis untuk tujuan pendidikan. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada mata pelajaran IPS materi koperasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas ini dilakukan selama 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa yang berjumlah 27, terdiri dari 14 laki-laki dan 13 perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil pembelajaran IPS melalui model mind mapping meningkat di setiap siklus. Persentase ketuntasan hasil belajar klasikal pada siklus II meningkat dari 55,56% pada siklus I menjadi 92,59% pada siklus 2. Persentase aktivitas belajar siswa ranah afektif meningkat dari 68,63% pada siklus 1 menjadi 82,17% pada siklus 2. Sedangkan presentase aktivitas siswa ranah psikomotorik dari 66,56% pada siklus 1 menjadi 80,59% pada siklus 2. Observasi keterampilan guru juga meningkat dari 66,54% pada siklus 1 menjadi 88,31% pada siklus 2. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran mind mapping teruji dapat meningkatkan hasil belajar IPS, keterampilan guru mengelola pembelajaran, aktivitas siswa dan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SDN 4 Kesambi Kudus. Saran yang dapat disampaikan adalah sebaiknya guru harus terus berusaha meningkatkan hasil belajar siswa salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran mind mapping yang dapat meningkatkan keaktifan dan kreativitas siswa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Kata Kunci: Mind Mapping, Hasil Belajar, IPS.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with username librarianumk1
Date Deposited: 22 Nov 2014 04:19
Last Modified: 22 Nov 2014 04:19
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/3666

Actions (login required)

View Item View Item