THE ABILITY OF THE FOURTH YEAR STUDENTS OF SD NEGERI 05 GUBUG GOBOGAN IN ACADEMIC YEAR 2009/2010 IN WRITING ENGLISH ARITHMETIC

Pamuji Raharjo, Yohanes (2014) THE ABILITY OF THE FOURTH YEAR STUDENTS OF SD NEGERI 05 GUBUG GOBOGAN IN ACADEMIC YEAR 2009/2010 IN WRITING ENGLISH ARITHMETIC. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
TABEL_OF_CONTENT.pdf - Accepted Version

Download (523kB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
CHAPTER_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (72kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
CHAPTER_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (96kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
CHAPTER_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (87kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
CHAPTER_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (385kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
CHAPTER_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (62kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
CHAPTER_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (66kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
BIBLIOGRAPHY.pdf - Accepted Version

Download (61kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
Appendix_.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Bahasa Inggris sebagai bahasa Internasional sangat penting sejak bahasa itu digunakan sebagai alat komunikasi diantara manusia di berbagai negara yang berbeda. Di Indonesia, bahasa Inggris di ajarkan mulai dari SD, SMP dan SMA. Belajar Bahasa Inggris dapat dibagi menjadi empat skil. Diantaranya, berbicara, mendengarkan, membaca dan menulis. Menulis dalah salah satu dari empat kemampuan dasar yang sangat penting untuk dikuasai. Beberapa siswa mengatakan banwa menulis bahasa Inggris adalah salah satu pelajaran yang sulit. Hal ini dibuktikan dari nilai siswa yang dalam proses belajar mengajar mendapat nilai dibawah standar. Dalam penelitian ini, peneliti ingin mengetahui kemampuan siswa dalam menulis khusunya dalam menulis aritmatika dalam bahasa inggris. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui kemampuan siswa kelas IV SD N 05 Gubug Grobogan tahun ajaran 2009/2010 dalam menulis angka aritmatika dalam bahasa inggris. Penelitian ini adalah penelitian deskripsi kualitatif. Data diperoleh dari test tertulis. Instrumen dari penelitian adalah test secara tertulis. Peneliti memberikan test dengan soal yang harus ditulis dengan menggunakan bahasa Inggris. Sempel penelitian sebanyak dua puluh Sembilan siswa dari kelas IV SD N 05 Gubug Grobogan tahun ajaran 2009/2010. Hasil dari penelitian sebanyak 62% siswa mendapat nilai diatas standart. Sebanyak 38% siswa mendapatkan nilai dibawah standart. Hal ini disebabkan karena siswa salah dalam penulisan angka aritmatika, kebiasaan dengan menambahkan akhiran –teen, -enty, dan –ty. Penulisan 2 (two) ditambahkan dengan akhiran –enty menjadi 20 (two-enty dan twu-enty), 3 (three) menjadi 13 (three-teen dan thri-teen) dan 30 (three-ty dan thri-ty), 4 (four) menjadi 14 (four-teen dan for-teen) dan 40 (fourty), 5 (five) menjadi 50 (faive-ty, fife-ty, fiv-ty dan faiv-ty), 8 (eight) menjadi 18 (eght-teen, dan eagh-teen) dan 80 (eght-ty dan eagh-ty), 9 (nine) menjadi 19 (naine-teen dan nain-teen) dan 90 (naine-ty dan nain-ty). Kemampuan siswa dalam pengucapan karena masih ketal dengan bahasa ibu “bahasa Indonesia” juga mempengaruhi dalam penulisan. Kemampuan siswa dalam menulis angka aritmatika dipengaruhi juga oleh mengucapkan lafal/kata bahasa inggris secara benar dan menuliskannya dalam bahasa inggris. Bahasa ibu “bahasa Indonesia” berpengaruh sangat dominan. Siswa mengalami kesalahan dalam menulis angka (2) ‘two’ dan cara membacanya /tuw/, siswa menulisnya (twu, tow, twou). (3) ‘three’ dan cara membacanya /thrie/. Pengucapan /ie/ siswa menulisnya (i), sehingga penulisanya menjadi (tri, thri, thre). (4) ‘four’ dan cara membacanya /fowr/, siswa menulisnya (for, fuor). (5) ‘five’ dan cara membacanya /faiv/ siswa menulisnya (faive, fife, fiv, faiv). (8) ‘eight’ dan cara membacanya /eit/ siswa menulisnya (eght, eaght). (9) ‘nine’ untuk penulisannya dan cara membacanya /nain/ siswa menulisnya (naine, nain). (11) ‘eleven’ dan cara membacanya /i’lev n/ siswa menulisnya (eliven, ileven). (12) ‘twelve’ untuk penulisannya dan cara membacanya /twelve/ siswa menulisnya (tuelev, twelve, tewlev, twoelev, tuelev). Kesalahan dalam penulisan dalam bahasa inggris juga masih banyak yang dilakukan oleh siswa. Penulisan twu, tow, thri, thre, for, fuor, faive, fife, fiv, faiv, eght, eaght, naine, dan nain. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis angka aritmatika siswa kelas IV SD N 05 Gubug Grobogan tahun ajaran 2009/2010 dalam kategori cukup. Dalam penelitian ini, peneliti menyarankan kepada guru bahasa Inggris seharusnya lebih kreatif dan inovatif dalam proses belajar mengajar. Dalam tabahanya, memberikan pemahaman bahwa bahwa –teen, –enty, –ty bukanlah imbuhan dalam angka tetapi merupakan satuan kesatuan angka yang utuh. Siswa harus lebih banyak belajar menulis dan membaca menggunakan bahasa Inggris.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Kata Kunci: Ability and Writing English Arithmetic
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: pustakawan umk
Date Deposited: 18 Dec 2014 06:22
Last Modified: 18 Dec 2014 06:22
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/3756

Actions (login required)

View Item View Item