PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER BERBANTUAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MATA PELAJARAN IPS

RAHMAWATI, SITI NURLAILI (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER BERBANTUAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MATA PELAJARAN IPS. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
HALAMAN_DEPAN.pdf - Accepted Version

Download (1MB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (199kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (423kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (421kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (283kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (115kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (112kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Latarbelakangmasalahdalampenelitianiniadalahrendahnyamotivasidanhasilbelajar IPS siswakelas V SDN 1 Karangbener Kudus, diketahuibahwapadasaatpembelajaranIPS aktivitasbelajarmengajarmasihdidominasi guru (teacher centered), guru hanyamenggunakanmetodeceramahdalammenyampaikanmateripelajaran. Tujuanpenelitianiniadalah 1) UntukmeningkatkanmotivasibelajarIPS siswakelas V SDN 1 KarangbenerKecamatanBaeKabupaten Kudus denganmenerapkan model pembelajarannumbered head togetherberbantuan media gambar.2) Untukmeningkatkanhasilbelajar IPS siswakelas V SDN 1 KarangbenerKecamatanBaeKabupaten Kudus denganmenerapkan model pembelajarannumbered head togetherberbantuan media. Penelitianinimerupakanpenelitiantindakankelasdengansubjekpenelitiansiswakelas V SDN 1 Karangbener Kudus denganjumlah 14 siswa.Penelitianinidilaksanakandalam 2 siklus, dengandua kali pertemuansetiapsiklusnya.Teknikpengumpulan data yang digunakanberupawawancara, observasi, tes, dandokumentasi.Instrumen yang digunakanberupapedomanwawancara, pedomanobservasi, dantes.Teknikanalisis data dalampenelitianiniyaituteknikanalisis data kuantitatifdankualitatif. Hasilpenelitiantindakankelasmenggunakan modelpembelajarannumbered head together berbantuan media gambarpadapembelajaran IPS kelas V menunjukkanpeningkatanmotivasibelajarsiswa, hasilbelajarkognitif, afektif, psikomotorikdanketerampilan guru setiapsiklusnya.Motivasibelajarsiklus I memperolehskor rata-rata 23,1 denganpersentase 72,15 dengankriteriabaik, danpadasiklus II meningkatdenganmemperoleh rata-rata 27,6 denganpersentase 86,2% kriteriasangatbaik. Ketuntasanhasilbelajarkognitifsiswaprasiklussebesar 28,57% dengan rata-rata 70,43, meningkatpadasiklus I menjadi64,3% dengan rata-rata 75,7, danpadasiklus II meningkatmenjadi85,7% dengan rata-rata 83,2. Hasilbelajarsiswaranahafektifsiklus I memperolehskor rata-rata 66,7%dengankriteriacukupbaik, meningkatpadasiklus II menjadi83,9% dengankriteriabaik. Hasilbelajarsiswaranahpsikomotoriksiklus I memperolehskor rata-rata 64,4%dengankriteriacukupbaik, meningkatpadasiklus II menjadi82,3% dengankriteriabaik. Keterampilan guru padasiklus I memperolehskorrata-rata 77,1% dengankriteriabaik, meningkatpadasiklus II menjadi 88,5%dengankriteriasangatbaik. Simpulanpadapenelitianiniadalahsetelahmenerapkan modelpembelajarannumbered head togetherberbantuan media gambarmotivasidanhasilbelajarsiswaranahkognitif, afektif, psikomotoriksertaketerampilangurumengalamipeningkatan. Saran dalampenelitianhendaknyasiswamengikutikegiatanpembelajarandenganbaikdanaktifdalampembelajaran.Sedangkan saran bagi guru adalahguru hendaknya menggunakan model pembelajaran numbered head together sebagai salah satu alternatif solusi dalammengatasipermasalahan-permasalahanpembelajaran IPS.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Kata Kunci: Numbered Head Together, Motivasibelajar, HasilBelajar IPS
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Date Deposited: 08 Jan 2015 04:46
Last Modified: 08 Jan 2015 04:46
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/3866

Actions (login required)

View Item View Item