UPAYA MENINGKATKAN PENERIMAAN DIRI DALAM BERGAUL MELALUI KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK MODELING SIMBOLIK SISWA KELAS X MULTIMEDIA SMK TAMANSISWA KUDUS

juniningrum, Sartika (2015) UPAYA MENINGKATKAN PENERIMAAN DIRI DALAM BERGAUL MELALUI KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK MODELING SIMBOLIK SISWA KELAS X MULTIMEDIA SMK TAMANSISWA KUDUS. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Bab 1 ] PDF (Bab 1 )
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (228kB) | Request a copy
[thumbnail of Hal judul ]
Preview
PDF (Hal judul )
HALAMAN_JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (1MB)
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (801kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4 ] PDF (Bab 4 )
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5 ] PDF (Bab 5 )
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (593kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6 ] PDF (Bab 6 )
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (364kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar pustaka ]
Preview
PDF (Daftar pustaka )
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (308kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (16MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Remaja mengalami perubahan baik secara fisik maupun psikis sehingga tidak semua dapat menerima kelebihan dan kekurangan yang ada pada dirinya. Masalah akan timbul pada remaja apabila kurang memiliki penerimaan diri. Seseorang yang menolak dirinya akan menjadi tidak dapat menyesuaikan diri dan akan merasa tidak bahagia dan merasa terisolir dalam pergaulan. Berdasarkan hasil wawancara kepada guru BK dan observasi awal diketahui bahwa terdapat beberapa siswa kelas X Multimedia SMK Tamansiswa Kudus yang belum mampu menerima dirinya dalam menjalani pergaulan. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk menggunakan konseling kelompok dengan teknik modeling simbolik untuk meningkatkan penerimaan diri dalam bergaul siswa kelas X Multimedia SMK Tamansiswa Kudus tahun pelajaran 2013/2014. Rumusan masalah: 1.Bagaimana peningkatan penerimaan diri dalam bergaul pada siswa kelas X Multimedia SMK Tamansiswa Kudus sebelum dan sesudah dilakukan konseling kelompok dengan teknik modeling simbolik? 2.Apakah konseling kelompok dengan teknik modeling simbolik dapat meningkatkan penerimaan diri dalam bergaul pada siswa kelas X Multimedia SMK Tamansiswa Kudus?”. Tujuan penelitian: 1.Mendeskripsikan penerimaan diri dalam bergaul pada siswa kelas X Multimedia SMK Tamansiswa Kudus sebelum dan sesudah dilakukan konseling kelompok teknik modeling simbolik. 2. Mengetahui apakah terdapat peningkatan penerimaan diri dalam bergaul siswa kelas X Multimedia SMK Tamansiswa Kudus setelah konseling kelompok dengan teknik modeling simbolik. Penelitian ini terdapat dua variabel yaitu: konseling kelompok dengan teknik modeling simbolik dan penerimaan diri dalam bergaul. Penerimaan diri dalam bergaul merupakan sikap di mana individu menyadari, mengakui karakteristik pribadinya dan mampu mengungkapkan pikiran, perasaan dengan suatu kelebihan dan kekuranganya sehingga mampu berinteraksi dengan orang lain. Teknik modeling simbolik dalam konseling kelompok diartikan suatu teknik bimbingan konseling dengan menggunakan model tertentu untuk menyampaikan informasi, kemudian menggunakan model sebagai media untuk belajar secara langsung guna memperoleh pemahaman baru, sehingga siswa melalui dinamika kelompok dapat menyelesaikan permasalahan yang dialami. Hipotesis yang diajukan: Konseling kelompok dengan teknik modeling simbolik dapat meningkatkan penerimaan diri dalam bergaul siswa kelas X Multimedia SMK Tamansiswa tahun pelajaran 2013/2014. Subjek yang diteliti adalah 8 siswa kelas X Multimedia yang mempunyai penerimaan diri dalam bergaul yang rendah berdasarkan wawancara dan observasi. Penelitian ini berbentuk PTK-BK yang dalam pelaksanaannya penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Analisis data dalam penelitian ini bersifat analisis deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik triangulasi data untuk menganalisis data yang diperoleh. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, wawancara, catatan lapangan, dokumentasi dan metode biografis. Pelaksanaan konseling kelompok dapat meningkatkan penerimaan diri dalam bergaul siswa. Pada kondisi awal pra siklus yang menunjukan tingkah laku siswa belum memahami dan menerima kemampuan dirinya, rendahnya interaksi dalam pergaulan, kurang bertanggung jawab atas perbuatannya dan kurang mampu mengelola emosi dengan perolehan skor rata-rata 17. Pada siklus I penerimaan diri dalam bergaul mengalami peningkatan menjadi kategori cukup dengan perolehan skor rata-rata 33. Pada siklus II mengalami peningkatan menjadi kategori sangat baik dengan perolehan skor rata-rata 45 dan menunjukan perubahan bahwa siswa sudah mampu menerima dan memahami kemampuannya, dapat berinteraksi dengan orang lain, bertanggung jawab atas perbuatannya dan dapat mengatur keadaan emosi. Berdasarkan hasil pembahasan dapat disimpulkan bahwa konseling kelompok dengan teknik modeling simbolik dapat meningkatkan penerimaan diri dalam bergaul siswa kelas X Multimedia tahun pelajaran 2013/2014. Dari hasil penelitian tersebut maka hipotesis “Konseling kelompok dengan teknik modeling simbolik dapat meningkatkan penerimaan diri dalam bergaul siswa kelas X Multimedia SMK Tamansiswa tahun pelajaran 2013/2014” diterima karena teruji kebenarannya. Saran yang diberikan: 1. Kepala sekolah sebaiknya menggunakan hasil penelitian ini sebagai dasar penentuan kebijakan pemberian layanan bimbingan dan konseling, 2. Diharapkan konselor dapat memaksimalkan layanan bimbingan dan konseling di sekolah, terutama konseling kelompok dengan teknik modeling simbolik agar dapat membantu siswa meningkatkan penerimaan diri dalam bergaul, 3. Siswa lebih aktif dalam memanfaatkan fungsi bimbingan dan konseling di sekolah sehingga mendapatkan wawasan salah satunya mengenai penerimaan diri dalam bergaul.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Drs.Susilo Rahardjo, M.Pd
Kata Kunci: Peneriman diri dalam bergaul, konseling kelompok dengan teknik modeling simbolik
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: pustakawan umk
Date Deposited: 16 Feb 2015 07:43
Last Modified: 16 Feb 2015 07:43
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4013

Actions (login required)

View Item View Item