Penerapan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Pada Materi Bilangan Bulat Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Iv Sd 3 Panjang

KOMARIAH, DETI (2015) Penerapan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Pada Materi Bilangan Bulat Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Iv Sd 3 Panjang. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
HALAMAN_DEPAN.pdf - Accepted Version

Download (746kB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (170kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (279kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (519kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (997kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (185kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (141kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (148kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar Matematika siswa dengan rata-rata kelas 48,81 < 70 (KKM) dan aktivitas belajar siswa kelas IV SD 3 Panjang Kudus. Adapun yang menjadi penyebabnya, yaitu: (1) pembelajaran belum menggunakan konteks atau permasalahan sehari-hari dan pemodelan sebagai sumber belajar Matematika; (2) tidak adanya pemanfaatan hasil konstruksi siswa; (3) tidak adanya kesempatan bagi siswa untuk saling mengkomunikasikan hasil kerja dan gagasan mereka (interaktivitas); (4) tidak adanya keterkaitan antarkonsep matematika yang dikenalkan kepada siswa; (5) penerapan model pembelajaran langsung (ceramah) oleh guru. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan pendekatan PMR dapat meningkatkan hasil belajar Matematika materi bilangan bulat pada siswa kelas IV di SD 3 Panjang tahun ajaran 2013/ 2014?. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan pendekatan PMR untuk meningkatkan hasil belajar Matematika materi bilangan bulat pada siswa kelas IV di SD 3 Panjang. Pendidikan Matematika Realistik merupakan suatu pendekatan yang dikembangkan untuk memperkenalkan Matematika kepada siswa dengan menggunakan permasalahan nyata dalam kehidupan sehari-hari, permasalahan realistik atau dapat dibayangkan serta benda-benda nyata sebagai sumber belajar. Hasil belajar Matematika adalah kemampuan yang dimiliki siswa setelah melalui pengalaman belajar yang diperolehnya dalam proses pembelajaran Matematika. Bilangan bulat adalah himpunan bilangan yang terdiri dari bilangan bulat positif (1, 2, 3, 4, ….), nol (0) dan bilangan bulat negatif (-1, -2, -3, -4, ….). Hipotesis penelitian ini yaitu dengan diterapkannya pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) pada mata pelajaran Matematika materi “Bilangan Bulat” dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa kelas IV SD 3 Panjang. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan pada siswa kelas IV SD 3 Panjang tahun pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 16 orang, terdiri dari 5 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Variabel penelitian adalah pendekatan Pendidikan Matematika Realistik dan hasil belajar matematika siswa pada materi bilangan bulat. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus yang terdiri dari 2 pertemuan tiap siklusnya. Setiap pertemuan melalui 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes hasil belajar, pedoman observasi, pedoman wawancara dan pedoman dokumentasi foto. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil belajar siswa pada siklus I memperoleh ketuntasan klasikal sebesar 68,75% (baik) dengan rata-rata 70 meningkat pada siklus II menjadi 87,50% (sangat baik) dengan rata-rata 77,19. Peningkatan yang signifikan juga terjadi pada aktivitas belajar siswa yang semula pada siklus I memperoleh persentase klasikal sebesar 57,5% (cukup baik) meningkat menjadi 75,5% (baik) pada siklus II. Keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran di siklus I yang semula memperoleh persentase sebesar 78% (baik) meningkat di siklus II menjadi 93% (sangat baik). Simpulan dalam penelitian ini yaitu penerapan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa pada pembelajaran matematika materi bilangan bulat kelas IV SD 3 Panjang. Saran dalam penelitian ini yaitu siswa hendaknya mengikuti pembelajaran dengan baik dan lebih aktif, agar hasil belajar meningkat, guru hendaknya menerapkan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik untuk memperoleh pembelajaran yang bermakna bagi siswa, sekolah dapat menyediakan sarana dan prasarana yang mendukung untuk memperoleh pembelajaran Matematika yang optimal.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing: Drs. Sabar Rutoto, M.Pd
Kata Kunci: Pendidikan Matematika Realistik, Hasil Belajar Matematika, Bilangan Bulat
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Date Deposited: 18 Feb 2015 06:36
Last Modified: 18 Feb 2015 06:36
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4024

Actions (login required)

View Item View Item