Peningkatan Pemahaman Konsep ¬¬¬¬Matematika Melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia Materi Sifat-Sifat Bangun Ruang Pada Siswa Kelas V Sd 2 Sidorekso

SA’ADAH, NI’MATUS (2015) Peningkatan Pemahaman Konsep ¬¬¬¬Matematika Melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia Materi Sifat-Sifat Bangun Ruang Pada Siswa Kelas V Sd 2 Sidorekso. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
HALAMAN_DEPAN.pdf - Accepted Version

Download (10MB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (387kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (517kB) | Request a copy
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (27MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian tindakan kelas ini dilatarbelakangi oleh adanya hasil belajar matematika siswa kelas V SD 2 Sidorekso menunjukkan hasil yang rendah. Hal ini disebabkan karena guru menggunakan model pembelajaran konvensional yang tidak melibatkan siswa secara aktif dalam kegiatan pembelajaran. Model pembelajaran konvesional yang cenderung abstrak dalam pikiran siswa mengakibatkan rendahnya pemahaman konsep siswa sehingga siswa kesulitan menyelesaikan soal matematika jika konteks soalnya sedikit diubah. Berdasakan permasalahan tersebut peneliti menggunakan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia dengan harapan dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas V mata pelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa, aktivitas belajar siswa dan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dengan menerapkan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia dalam mata pelajaran Matematika pada materi sifat-sifat bangun ruang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas, yang terdiri atas dua siklus. Masing-masing siklus terdiri atas perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (acting), observasi (observing) dan dan refleksi (reflecting). Data yang diperoleh meliputi data hasil evaluasi pemahaman konsep, aktivitas belajar siswa serta keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran. Data yang diperoleh dari tindakan yang dilakukan dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Kondisi awal siswa sebelum dilakukan tindakan mendapat ketuntasan klasikal sebesar 39,13% dengan rata-rata 59,91 meningkat pada siklus I sebesar 73,91% dengan rata-rata 66,09 dan pada siklus II meningkat menjadi 100% dengan rata-rata 77,22. Aktivitas belajar siswa pada siklus I memperoleh skor rata-rata sebesar 2,64 dengan kategori “baik” meningkat pada siklus II menjadi 3,08 dengan kategori “baik”. Keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus I mendapatkan skor rata-rata 2,97 dengan kategori “baik” meningkat pada siklus II menjadi 3,34 dengan kategori “sangat baik”. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman konsep siswa kelas V semester 2 SD 2 Sidorekso dapat meningkat setelah digunakannya pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia. Saran penelitian ini yakni hendaknya peneliti selanjutnya dapat mempersiapkan kemampuan prasyarat siswa dan membimbing siswa dalam kegiatan penemuan konsep dan pemahaman matematis sehingga siswa dapat menarik kesimpulan dengan tepat.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing :Drs. Moh. Kanzunnudin, M.Pd
Kata Kunci: Pemahaman Konsep Matematika, Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia, Sifat-Sifat Bangun Ruang
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Date Deposited: 02 Mar 2015 04:32
Last Modified: 02 Mar 2015 04:32
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4122

Actions (login required)

View Item View Item