Peningkatkan Kepekaan Siswa Terhadap Kebersihan Lingkungan Melalui Layanan Orientasidengan Teknik Karyawisata Pada Siswa Kelas Iv Sdn 02 Klaling Jekulo Kudus Tahun Pelajaran 2013/2014

MUKMINATUN, SITI (2015) Peningkatkan Kepekaan Siswa Terhadap Kebersihan Lingkungan Melalui Layanan Orientasidengan Teknik Karyawisata Pada Siswa Kelas Iv Sdn 02 Klaling Jekulo Kudus Tahun Pelajaran 2013/2014. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
Halaman_Judul.pdf - Accepted Version

Download (1MB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf - Accepted Version

Download (1MB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti di SD N 02 Klaling Jekulo Kudus pada tanggal 13 Maret 2014 dan wawancara dengan guru beserta siswa pada tanggal 19 Maret 2014 sehingga diperoleh informasi bahwa di siswa kelas IV SD N 2 Klaling Jekulo Kudus Tahun Ajaran 2013/2014 masih kurang peduli terhadap lingkungan di sekolah, seperti : masih membuang sampah lewat jendela, tidak peduli jika melihat sampah berserakan dan tidak merawat tanaman di depan sehingga apabila hal ini tidak segera diatasiakan berdampak negatif pada siswa.Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah melalui layanan orientasi dengan teknik karyawisata dapat meningkatkan kepekaan siswa terhadap lingkungan pada kelas IV SD N 2 Klaling Jekulo Kudus Tahun Pelajaran 2013/2014? Tujuan penelitian yaituUntuk mendiskripsikankepekaan lingkungan pada siswa sebelum mendapatkan layanan orientasi dengan teknik karyawisata. 1.Untuk mendiskripsikan kepekaan siswa terhadap ligkungan pada setelah dan sesudahmendapatkan layanan orientasi dengan teknik karyawisata. 2.Untuk memperoleh peningkatakankepekaan siswa terhadap lingkunganmelaluilayananorientasi dengan teknik karyawisata padasiswa. Suatu penelitian diharapkan hasilnya dapat berguna bagi pihak terkait, baik kegunaan teoritis maupun praktis. 1. Kegunaan Teoritis :Secara teoritis, hasil penelitian ini dapat menambah referensi sehingga dapat memberikan manfaat bagi peningkatan kepekaan siswa terhadap lingkungan.; 2. Kegunaan Praktis penelitian: 1. Bagi Kepala sekolah, kepala Sekolah dapat mempersiapkan sarana dan prasarana serta fasilitas yang mendukung pelaksanaan layanan orientasi melalui teknik karyawisata dalam bimbingan dan konseling dalam usaha peningkatan kebersihan lingkungan di sekolah. 2. Bagi guru, Guru memberikan masukan berupa informasi akan pentingnya layanan orientasi dengan teknik karyawisata terhadap kepekaan siswa terhadap lingkungan.3. Bagi peneliti, Peneliti dapat menambah wawasan tentang kepekaan lingkungan melalui layanan orientasi dengan teknik karyawisata.Ruang Lingkup Penelitian,sesuai Judul penelitian yang berbunyi “Peningkatkan Kepekaan Siswa Terhadap Lingkungan Melalui Layanan Orientasi Dengan Karyawisata Siswa Kelas IV SD 2 Klaling Jekulo Kudus Tahun Pelajaran 2013/2014”, oleh karena itu penelitian ini akan membahas ruang lingkup tentang kepekaan siswa terhadap lingkungan sekolah, layanan orientasi dan teknik karyawisata. Subyek penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah siswa kelas IV SD 2 Klaling Kudus Tahun Ajaran 2013/2014.Hipotesis Penelitian adalah: Berdasarkan rumusan masalah yang telah disebutkan di atas, maka hipotesis tindakan penelitian ini adalah ada peningkatkan kepekaan siswa terhadap lingkungan dengan diterapkannya layanan orientasi dengan teknik karyawisata siswa kelas IV SDN02 Klaling Jekulo Kudus Tahun Ajaran 2013/2014. Dalam bentuk PTBK penelitian dilakukan 2 siklus (siklus I dan siklus II) setiap siklus empat pertemuan. Data diperoleh dari observasi dilakukan secara langsung bersama guru kelas.Subjek yang diteliti dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 02 Klaling Jekulo Kudus sebanyak 22 siswa. Variabel penelitian: Kepekaan siswa terhadap lingkungan (Variabel Terikat) dan Layanan Orientasi teknik karyawisata (Variabel Bebas). Metode pengumpulan data dengan metode pokok observasi dan wawancara. Analisis data menggunakan data kualitatif deskriptif. Hasil Penelitian diperoleh melalui observasi terhadap 10 aspek penilaian. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan untuk mengatasi sikap tidak peka terhadap lingkungan mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Hal ini terbukti dengan hasil yang diperoleh dari setiap observasi yang dilakukan sebelum tindakan, dan setelah siklus I dan siklus II yang memperlihatkan bahwa dalam mengatasi sikap tidak pekamengalami peningkatan dengan nilai rata-rata pada prasiklus mendapat skor 15 (sangat kurang), pada siklus I mendapat nilai rata-rata 29 (cukup), dan pada siklus II mendapat nilai rata-rata 42.5 (sangat baik). Jadi ada peningkatan sebesar 13.5. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa layanan orientasi dengan teknik karyawisata dapat meningkatkan kepekaan siswa terhadap lingkungan. Hal ini terbukti sebelum pemberian layanan orientasi dengan teknik karyawisata siswa kurang perduli terhadap lingkungan. Setelah layanan orientasi dengan teknik karyawisata pada siklus I peningkatan kepekaan terhadap lingkungan mulai baik, memperoleh kategori cukup dan pada siklus II sudah peka terhadap lingkungan, siswa meperoleh kategori sangat baik. Dengan demikian hipotesis yang diajukan dapat diterima karena telah memenuhi kriteria indikator keberhasilan. Melihat temuan di lapangan peneliti memberikan saran:Kepala sekolah hendaknya memberikan fasilitas sarana dan prasarana yang mendukung agar program Bimbingan dan Konseling dapat terlaksana dengan baik, khususnya layanan orientasi teknik karyawisata untuk meningkatkan rasa peka siswa terhadap lingkungan. Siswa diharapkan untuk mampu meningkatkan kepekaan siswa terhadap lingkungan sehingga mempunyai dampak atau pengaruh yang sangat besar terhadap lingkungan khusunya di sekolah.Peneliti berikutnya perlu mengadakan penelitian lebih lanjut dan lebih lengkap yang keterkaitan dengan masalah kepekaan siswa terhadap lingkungan menggunakan layanan orientasi dengan teknik karyawisata.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing :Dr.Murtono, M.Pd
Kata Kunci: Kepekaan.Layanan Orientasi, Teknik Karyawisata.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: pustakawan umk
Date Deposited: 07 Mar 2015 04:07
Last Modified: 07 Mar 2015 04:07
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4177

Actions (login required)

View Item View Item