Penerapan Konseling Behavioristik Untuk Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Siswa Kelas Ix Smp Satap N 1 Poncomulyo Tahun Pelajaran 2014/2015

SETIAWAN, MOHAMAD AJI (2015) Penerapan Konseling Behavioristik Untuk Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Siswa Kelas Ix Smp Satap N 1 Poncomulyo Tahun Pelajaran 2014/2015. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
Halaman_Judul.pdf - Accepted Version

Download (939kB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (307kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (439kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (338kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (443kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (305kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (295kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf - Accepted Version

Download (358kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Sebagian kecil kadang anak-anak atau siswa sering melakukan hal-hal yang tidak diharapkan oleh kedua orang tua lingkungan maupun masyarakat dan kurang baik untuk pendidikan di sekolah. Mereka melakukan hal-hal seperti Kesadaran diri yang rendah, tidak memahami nilai-nilai dan visi dalam hidupnya, serta sering merugikan orang lain, dan harapan orang tua membuat para pendidik (guru) dan orang tua menjadi susah. Tentu perbuatan anak semacam ini akan menjadi masalah bagi keluarga dan sekolah meski tidak begitu fatal, namun untuk menjadi bangsa yang lebih baik tentu harus dimulai dengan hal-hal kecil. Terutama kaitanya dengan peningkatan kecerdasan spiritual siswa. Untuk meningkatkan kecerdasan spiritual siswa menggunakan Pendekatan Konseling Behavioral (Terapi Tingkah Laku). Rumusan masalah penelitian ini adalah : ” Apakah penerapan Pendekatan Konseling Behavior Dapat Meningkatan kecerdasan spiritual Siswa Kelas IX SMP SATAP Negeri Poncomulyo Pati Tahun Pelajaran 2014/2015 ?. Tujuan penelitian : 1) Untuk mengetahui faktor-faktor penyebab kurangnya Kecerdasan spiritual siswa. 2) Untuk mengetahui pengaruh Penerapan Konseling Behavior untuk Peningkatan kecerdasan spiritual Siswa Kelas IX SMP SATAP Negeri 1 Poncomulyo Pati Tahun Pelajaran 2014/2015. Manfaat Penelitian : Secara teoristis hasil penelitian ini dapat digunakan untuk memperluas dan memperdalam pengetahuan dan sekaligus sebagai acuan guna penelitian lebih luas lagi. Manfaat praktis bagi kepala sekolah dapat digunakan untuk menentukan kebijakan yang mendukung dan dapat digunakan sebagai pedoman pelaksanaan bimbingan konseling di sekolah yang dilaksanakan oleh konselor sekolah, bagi guru pembimbing dapat dijadikan sebagai pegangan atau pedoman dalam melaksanakan bimbingan di sekolah,bagi peneliti dapat mengetahui cara menangani siswa yang kecerdasan spiritualnya rendah di sekolah. Penelitian ini termasuk penelitian kasus, yaitu penelitian yang dilakukan secara terperinci dan mendalam terhadap suatu gejala tertentu, sehingga tingkat kemajuan tingkah laku individu dapat dipahami melalui fase-fase terhadap semua siswa kelas IX SMP SATAP N 1 Poncomulyo Pati Tahun Ajaran 2014/2015. Subyek penelitian ini adalah 3 (tiga) siswa kelas IX yang tercatat sebagai siswa yang kecerdasan spiritualnya rendah di sekolah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah : 1) Wawancara, 2) Dokumentasi, 3) Home Visit. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis induktif. Adapaun cara menganalisis data dalam penelitian ini dilakukan secara sistematis mulai dari proses pengumpulan data mengklarifikasi, mendeskripsikan dan menginterpretasikan masing-masing bagian. Berdasarkan hasil penelitian tentang peningkatan kecerdasan spiritual siswa dapat disimpulkan bahwa penyebab dari rendahnya kecerdasan spiritual siswa adalah kurangnya kesadaran diri, tidak bisa bersikap fleksibel, tidak mampu menghadapi dan memanfaatkan rasa sakit, tidak memiliki visi yang jelas. kesadaran belajar itu sangatlah penting untuk masa depan. Untuk membantu siswa dalam mengatasi masalah kecerdasan spiritual diberikan layanan konseling behavioral secara terencana dan bertahap sesuai kontrak yang disepakati antara konselor dengan klien. Dengan menggunakan pendekatan behavior ada perubahan tingkah laku pada klien untuk lebih meningkatkan kecerdasan spiritual pada kegiatan sehari-hari klien baik di sekolah, rumah, lingkungan, maupun dalam menghadapi kehidupanya. Saran : Kepada kepala sekolah, 1) Pendekatan Konseling Behavioral dapat digunakan guru kelas (merangkap pembimbing) untuk menangani masalah rendahnya kecerdasan spiritual siswa serta masalah-masalah lain yang muncul. 2) Perlu diadakannya pertemuan secara periodik dengan guru kelas dan guru mata pelajaran untuk membahas permasalahan yang muncul pada diri siswa. 3) Perlu adanya guru pembimbing (BK) untuk masing-masing sekolah, untuk membantu siswa dalam menyelesaikan permasalahannya yang dapat mengganggu proses belajarnya. Kepada guru kelas, Memberikan perhatian yang positif khususnya terhadap anak yang memiliki masalah dalam hal kecerdasan spiritual yang rendah di sekolah, yaitu : 1) Tingkatkan pemantauan perkembangan baik akademik maupaun perilaku siswa yang berhubungan dengan kesadaran diri. 2) Penerapan model konseling behavior (terapi tingkah laku) sangat cocok dalam menangani masalah kecerdasan spiritual siswa.3) Untuk peneliti berikutnya mengenai konseling behavioristik untuk lebih memperdalam untuk mengaplikasikanya dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing :Drs. Susilo Rahardjo, M.Pd
Kata Kunci: Konseling Behavioral, Kecerdasan Spiritual
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: pustakawan umk
Date Deposited: 16 Mar 2015 06:13
Last Modified: 16 Mar 2015 06:13
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4300

Actions (login required)

View Item View Item