Peningkatan Hasil Belajar Ipa Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Contexstual Teaching And Learning Pada Materi Gaya Kelas Iv Semester Ii Di Sd 1 Gribig

SUBANDRIO, BAYU (2015) Peningkatan Hasil Belajar Ipa Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Contexstual Teaching And Learning Pada Materi Gaya Kelas Iv Semester Ii Di Sd 1 Gribig. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
HALAMAN_DEPAN.pdf - Accepted Version

Download (511kB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (174kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (437kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (563kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (170kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (73kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (160kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi temuan hasil belajar IPA yang rendah pada siswa kelas IV SD 1 Gribig. Hal ini disebabkan pembelajaran IPA yang dilakukan guru masih menerapkan pembelajaran yang konvensional. Solusi pemecahan masalah tersebut, maka diterapkannya model Contextual Teaching And Learningyang dapat menekankan aktivitas siswa dengan mengaitkan konsep antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAmateri gaya dengan diterapkannya model pembelajaran CTL pada siswa kelas IV SD 1 Gribig Kudus, (2) Mendeskripsikan aktivitas siswa dengan diterapkannya model pembelajaran CTL dalam pembelajaran IPA gaya kelas IV SD 1 Gribig, dan (3) Mendeskripsikan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dengan diterapkannya model pembelajaran CTL dalam pembelajaran IPA materi gaya kelas IV SD 1 Gribig. Model CTL adalah suatu model pembelajaran yang menekankan kepada proses keterlibatan siswa secara penuh untuk menemukan materi yang dipelajari dan menghubungkannya dengan situasi kehidupan nyata sehingga mendorong siswa untuk menerapkannya dengan kehidupan mereka dengan langkah-langkah yaitu: (1) kontruktivisme, (2) inkuri, (3) bertanya, (4) masyarakat belajar, (5) pemodelan, (6) refleksi, (7) penilaian nyata. Materi pembelajaran dalam penelitian ini adalah gaya. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus, setiap siklus terdiri atas 4 tahap yaitu: (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) observasi dan (4) refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru (peneliti) dan siswa kelas IV SD 1 Gribigyang berjumlah 17 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian siklus I diperoleh peningkatan hasil belajar siswa sebesar 70,6% dengan kualifikasi “baik”, setelah dilakukan perbaikan pada siklus II mengalami peningkatan ketuntasan sebesar 94,12% dengan kualifikasi “sangat baik".Aktivitas siswa setelah dilakukan penelitian pada siklus I diperolaeh hasil sebesar 66,8% dengan pencapaian kulaifikasi “baik”. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus II diperoleh hasil sebesar 77% dengan pencapaian kualifikasi “baik”Ketrampilan mengajar guru setelah dilakukan penelitian pada siklus I diperoleh hasil sebesar 71,3% dengan tingkat pencapaian kualifikasi baik. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus II diperoleh hasil sebesar 77% dengan tingkat pencapaian kualifikasi “baik”. Saran untuk guru, diharapkan model CTL bisa dijadikan refrensi dalam memilih model pembelajaran agar pembelajaran dapat tercapai sesuai dengan tujuan yang diharapkan oleh guru. Untuk siswa, diharapkan siswa menumbuhkan motivasi intrinsiknya agar menjadi lebih bersemangat dan menjadi aktif di kelas. Untuk sekolah, diharapkan sekolah menyediakan sarana dan prasarana yang dibutuhkan dalam kegiatan belajar mengajar. Untuk peneliti berikutnya, diharapkan lebih memahami langkah kegiatan model CTL agar pembelajaran berjalan lancar dan berhasil.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing :Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd
Kata Kunci: Hasil Belajar IPA dengan Menerapkan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Pada Materi Gaya
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Date Deposited: 25 Mar 2015 03:03
Last Modified: 25 Mar 2015 03:03
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4356

Actions (login required)

View Item View Item