Roysa, Mila (2013) Kemampuan Mendongeng Guru SD dengan Teknik Pagelaran Wayang Beber Untuk Pembelajaran Sastra Sekolah Dasar. Peranan guru profesional dan berkarakter dalam pembangunan sumber daya manusia di era global. pp. 212-222. ISSN 97 8-602-18835-8-7
Preview |
Image (JPEG) (Cover)
cover.jpg - Published Version Download (191kB) |
Preview |
PDF (Hal. Depan)
hal._depan.pdf - Published Version Download (283kB) |
Preview |
PDF (Artikel)
artikel_mila_umk.pdf - Published Version Download (2MB) |
Abstrak
Dunia dongeng merupakan dunia yang menakjubkan terutama untuk anak anak. Melalui dongeng komunikasi dan kedekatan emosional akan terbentuk antara pendongeng dengan pendengar dongeng. Transfer nilai-nilai yang terkandung dalam sebuah dongeng dapat dipahami dengan cara mendongeng. Kegiatan belajar mengajar merupakan suatu proses kegiatan yang melibatkan antara guru dan siswa melakukan pembelajaran dan berinteraksi untuk mencapai tujuan pembelajaran. Agar tujuan pembelajaran dapat dicapai, khususnya untuk pembelajaran mendongeng maka guru dituntut untuk memiliki kemampuan mendongeng dan guru harus mampu mempersiapkan komponen-komponen penunjang pembelajaran, mulai dari menjabarkan kurikulum hingga membuat skenario pembelajaran dikelas. Pembelajaran dengan mengintegrasikan media, dianggap lebih efektif dibandingkan dengan tanpa mengintegrasikan media apalagi pada tingkat pendidikan dasar. Teknik pagelaran wayang beber dapat digunakan sebagai alternatif yang tepat untuk menyampaikan pembelajaran mendongeng karena teknik pagelaran ini tidak serumit pagelaran wayang yang lainnya.
Item Type: | Article |
---|---|
Kata Kunci: | wayang, pemdidikan FKIP, UMK |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 28 Mar 2015 04:38 |
Last Modified: | 28 Apr 2015 10:19 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4371 |
Actions (login required)
View Item |