Nuraeningsih, - (2012) The Use Of Storytelling Technique To Improve Students’ Motivation And Speaking Skill. Journal Vision, 1 (1). ISSN 2252-8385
Preview |
Image (JPEG) (Cover)
cover_jurnal_vision_1-page-001.jpg - Published Version Download (382kB) |
Preview |
PDF (Hal. Depan)
daftar_isi_jurnal_vision_1.pdf - Published Version Download (639kB) |
Preview |
PDF (Artikel)
scan_jurnal_vision.pdf - Published Version Download (16MB) |
Abstrak
Memberi motivasi merupakan salah satu tugas guru, khususnya dalam mengajarkan kemampuan berbicara yang dianggap utama. Salah satu faktor yang bisa memotivasi siswa belajar Bahasa Inggris adalah teknik mendongeng. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan jawaban dari tiga permasalahan yaitu: 1) Bagaimana siswa memandang mendongeng sebagai teknik untuk meningkatkan kemampuan berbicara? 2) Dapatkah teknik mendongeng memotivasi siswa untuk berbicara dalam Bahasa Inggris? 3) Kesulitan apa yang dihadapi siswa dalam mendongeng? Untuk menjawab permasalahan tersebut dilaksanakan penelitian tindakan kelas dengan dua siklus yang bertempat di SMA N 16 Semarang. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X 1 yang berjumlah 40 orang, terdiri dari 22 siswi dan 18 siswa. Data yang diperlukan dikumpulkan melalui observasi, angket dan tes. Dari analisis data menunjukkan bahwa 1) Kebanyakan siswa menganggap bahwa mendongeng adalah teknik yang bisa membantu meningkatkan kemampuan berbicara Bahasa Inggris. 2) Dari hasil siklus satu dan dua menunjukkan bahwa motivasi siswa untuk belajar Bahasa Inggris, khususnya berbicara Bahasa Inggris. 3) Siswa mendapat kesulitan ketika mendongeng, yaitu dalam hal pengucapan, kontrol suara, sintaks dan tata bahasa, bahasa tubuh dan ekspresi wajah.
Item Type: | Article |
---|---|
Kata Kunci: | kemampuan berbicara, motivasi, mendongeng |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 15 Jun 2015 05:27 |
Last Modified: | 16 Feb 2017 15:51 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4459 |
Actions (login required)
View Item |