Penerapan Cooperative Learning Tipe Stad Dan Snowball Drilling Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Prestasi Belajar Ips

Oktavianti, Ika and santoso, - (2014) Penerapan Cooperative Learning Tipe Stad Dan Snowball Drilling Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Prestasi Belajar Ips. Refleksi Edukatika, 4 (2). ISSN 2087-9385

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (JPEG) (Cover)
IMG_0016.jpg - Published Version

Download (12MB)
[thumbnail of Hal. Depan]
Preview
PDF (Hal. Depan)
Hal._Depan.pdf - Published Version

Download (341kB)
[thumbnail of Artikel]
Preview
PDF (Artikel)
Artikel.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis seberapa besar peningkatan keaktifan dan prestasi belajar IPS setelah diterapkannya model pembelajaran cooperative learning tipe STAD dan Snowball Drilling berbasis bimbingan dan berbantuan media massa. Penelitian ini dilaksanakan di SD Tumpangkrasak 2 Kecamatan Jati Kabupaten Kudus dengan subyek penelitian siswa kelas III dan fokus penelitian pada keaktifan dan prestasi belajar IPS. Data dikumpulkan dengan teknik observasi partisipasif, pengukuran hasil tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa presentase keaktifan siswa pada siklus I yaitu 74,5% dengan kriteria baik mengalami peningkatan pada siklus II yaitu 77,5%. Adapun persentase ketuntasan prestasi belajar pada siklus I naik menjadi 66%, dan pada siklus II naik lagi menjadi 83,33%. Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe STAD dan Snowball Drilling elas III SD Tumpangkrasak 2 Kudus dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar IPS.

Item Type: Article
Kata Kunci: STAD, Snowball Drilling, Keaktifan, Prestasi Belajar IPS
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 23 Jun 2015 01:25
Last Modified: 16 Feb 2017 15:51
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4467

Actions (login required)

View Item View Item