Nurkhayati, Nana (2012) Upaya Meningkatkan Suasana Belajar Pakem Melalui Layanan Penguasaan Konten Kelas V SD 04 Prambatan Kidul Kudus Tahun Pelajaran 2011/2012. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
PDF (Hal. Judul)
Halaman_Judul.pdf - Accepted Version Download (312kB) |
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (97kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (216kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (95kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (286kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (125kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (62kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf - Accepted Version Download (63kB) |
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (849kB) | Request a copy |
Abstrak
Berdasarkan observasi sebelumnya pembelajaran di kelas V SD 04 Prambatan Kidul Kudus masih bersifat konvensional, kebanyakan guru dalam mengajar masih belum melakukan pengajaran yang bermakna. Metode yang digunakan kurang bervariasi dan belum melakukan praktek dan sebagai akibat motivasi belajar sulit ditumbuhkan dan pola belajar cenderung menghafal. Pemilihan dalam mendesain pembelajaran yang mencapai pakem adalah tuntutan yang harus diupayakan oleh peneliti. Salah satu alternatif yang dilakukan adalah melaksanakan layanan penguasaan konten. Rumusan Permasalahan sebagai berikut: 1. Apakah suasana belajar Pakem siswa kelas V SD 04 Prambatan Kidul Kudus tahun pelajaran 2011/2012, dapat ditingkatkan melalui layanan penguasaan konten? Tujuan Penelitian sebagai berikut: 1. Dibentuknya kondisi suasana belajar Pakem siswa kelas V SD 04 Prambatan Kidul Kudus tahun pelajaran 2011/2012. 2 Tercapainya peningkatan suasana belajar Pakem melalui layanan penguasaan konten pada siswa kelas V SD 04 Prambatan Kidul Kudus tahun pelajaran 2011/2012. Kegunaan Teoritis Penelitian sebagai berikut:1. Salah satu bahan acuan penelitian di bidang bimbingan dan konseling. 2. Salah satu kajian untuk penulisan ilmiah berkenaan dengan pembelajaran Pakem melalui layanan penguasaan konten. 3. Tambahan khasanah pengetahuan khususnya di bidang bimbingan dan konseling tentang upaya meningkatkan suasana belajar Pakem melalui layanan penguasaan konten pada siswa kelas V SD 04 Prambatan Kidul Kudus tahun pelajaran 2011/2012. Kegunaan praktis: 1. Konselor tentang upaya meningkatkan suasana belajar Pakem melalui layanan penguasaan konten. 2. Kepala Sekolah, hasil penelitian tindakan bimbingan dan konseling dapat digunakan untuk mendukung program dalam meningkatkan suasana belajar Pakem melalui layanan penguasaan konten. .3. Siswa, hasil penelitian tindakan bimbingan dan konseling ini dapat digunakan alternatif layanan penguasaan konten untuk meningkatkan suasana belajar Pakem. Ruang lingkup penelitian ini adalah suasana siswa dalam pembelajaran Pakem dan keefektifitasan pelaksanaan layanan penguasaan konten. Subjek penelitian ini adalah 25 siswa kelas V SD 04 Prambatan Kidul Kudus tahun pelajaran 2011/2012. Berdasarkan observasi awal di kelas V SD 04 Prambatan Kidul Kudus sebanyak 25 siswa 16 P dan 9 Pi. Variabel bebas atau X (independent) adalah variabel yang mempengaruhi atau penyebab, dalam hal ini adalah Layanan Penguasaan Konten. Variabel terikat atau Y (dependent variabel) adalah variabel yang bergantung pada variabel bebas, dalam hal ini Suasana Belajar Pakem. hipotesis penelitian tindakan bimbingan dan konseling dirumuskan sebagai berikut: ”Layanan penguasaan konten dapat meningkatkan pembelajaran Pakem pada siswa kelas V SD 04 Prambatan Kidul Kudus tahun pelajaran 2011/2012”. Kesimpulan hasil penelitian sebagai berikut: 1.Hipotesis penelitian tindakan bimbingan dan konseling yang menyatakan layanan penguasaan konten dapat meningkatkan pembelajaran Pakem pada siswa kelas V SD 04 Prambatan Kidul Kudus tahun pelajaran 2011/2012, teruji kebenarannya. 2 Hasil observasi dari kondisi siklus awal siswa = 14 siswa cukup baik, dan 11 siswa kurang baik, serta iklim penyelenggaraan yang baik. 25 siswa yang mengikuti layanan penguasaan konten masuk kategori cukup baik, iklim penyelenggaraan yang sangat baik. Dan Nampak suasana kelas dari siklus I kerapian berseragam, displin dalam tata tertib baik dan susana belajar yang kuang aktif, keatif, efektif dan menyenangkan menjadi kategori sangat baik dan ada peningkatkan dalam kedisplinan belajar sangat baik dan suasana belajar yang sangat aktif, keatif, efektif dan menyenangkan siklus II. 3. Kebenaran hipotesis penelitian tindakan bimbingan dan konseling ini dibuktikan dengan adanya peningkatan setiap siklusnya dari kategori cukup baik naik menjadi kategori sangat baik.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing : 1. Dr. Sukiman, M.Pd. 2. Drs. Sucipto.M.Pd. Kons |
Kata Kunci: | Meningkatkan Suasana Belajar Pakem dan Layanan Penguasaan Konten |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Psikologi pendidikan Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling |
Depositing User: | Users 2 not found. |
Date Deposited: | 05 Nov 2012 04:31 |
Last Modified: | 05 Nov 2012 04:31 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/447 |
Actions (login required)
View Item |