APLIKASI HUKUM PERLINDUNGAN ANAK MELALUI PEMBELAJARAN MULTILINGUAL BERBANTUAN FILM ANIMASI DI SEKOLAH DASAR

Rondli, Wawan Shokib and Fathurohman, Irfai and Nurcahyo, Agung Dwi (2014) APLIKASI HUKUM PERLINDUNGAN ANAK MELALUI PEMBELAJARAN MULTILINGUAL BERBANTUAN FILM ANIMASI DI SEKOLAH DASAR. Seminar nasional pendidikan "Menyiapkan pendidik yang melek hukum terhadap perlindungan anak". ISSN 978-602-1180-11-2

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (JPEG) (Cover)
Prosiding_Final_PGSD_FKIP_UMK.1-page-001.jpg - Published Version

Download (361kB)
[thumbnail of Hal. Depan]
Preview
PDF (Hal. Depan)
hal_depan.pdf - Published Version

Download (87kB)
[thumbnail of Artikel]
Preview
PDF (Artikel)
artikel.pdf - Published Version

Download (2MB)
Official URL: http://eprints.umk.ac.id/4369/

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah, mengkaji aplikasi hukum dan perlindungan anak terhadap pembelajaran di sekolah dasar. Memaparkan bentuk pembelajaran multilingual berbantuan film animasi di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan bentuk penelitian kualitatif. Bentuk pemaparannya pada penelitian ini melalui bentuk pendeskripsikan dengan langkah deskriptif. Data dalam penelitian ini diperoleh dari observasi, studi pustaka. Sumber datanya merupakan beberapa literatur yang terkait dengan penelitian. Subyek penelitiannya merupakan pembelajaran di sekolah dasar, dengan objek penelitian yakni aplikasi hukum dan perlindungan anak. Analisis datanya mempergunakan reduksi, penyajian data, kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yakni, pertama memberikan bentuk kajian yang aplikasi hukum yang selama ini ada di sekolah dasar dengan bentuk perlindungan anak terhadap pembelajaran. Kedua, bentuk pembelajaran multilingual yang menerapkan beberapa bahasa yakni bahasa Indonesia, bahasa Inggris, bahasa Daerah, dan bahasa penunjang yakni korea merupakan langkah untuk mengenalkan keberaksaraan sejak dini kepada siswa sekolah dasar. Ketiga, evaluasi terhadap aplikasi hukum dan perlindungan anak dipaparkan melalui langkah penyajian pembelajaran yang tidak terpusat pada satu bahasa komunikasi saat pembelajaran berlangsung.

Item Type: Article
Kata Kunci: Aplikasi Hukum, Perlindungan Anak, Pembelajaran, dan Multilingual.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Pendidikan > Aspek-aspek khusus pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 10 Jul 2015 01:20
Last Modified: 16 Feb 2017 15:50
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4481

Actions (login required)

View Item View Item