Sholeh, Muhammad (2012) Upaya Meningkatkan Kemandirian Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Melalui Bimbingan Kelompok Siswa Kelas IV MI NU Matholiul Falah Jepang Mejobo Kudus Tahun Pelajaran 2011/2012.2012. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
PDF (Hal. Judul)
Hal_Judul.pdf - Accepted Version Download (1MB) |
PDF (Bab I)
Bab_I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (357kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab II)
Bab_II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
PDF (Bab III)
Bab_III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
PDF (Bab IV)
Bab_IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
PDF (Bab V)
Bab_V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (200kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab VI)
Bab_VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (153kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf - Accepted Version Download (105kB) |
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
|
Microsoft PowerPoint (Presentasi Ujian)
PRESENTASI_SKRIPSI_M-SHOLEH.ppt - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstrak
Siswa dalam suatu sekolah ada yang lancar dalam pembelajaran, ada juga yang mengalami masalah.Untuk mengatasi masalah tersebut, seorang konselor/guru kelas dapat member bantuan yang berupa layanan bimbingan kelompok. Melalui layanan bimbingan kelompok ini diharapkan siswa dapat meningkatkan kemandirian belajarnya, karena dengan kemandirian belajar, siswa akan menjadi optimis dan mandiri dalam belajar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan bimbingan kelompok dalam meningkatkan kemandirian belajar IPA siswa kelas IV MI NU Matholiul Falah Jepang Mejobo Kudus Tujuan penelitian adalah: (1) Untuk mendeskripsikan penerapaan bimbingan kelompok bagi siswa kelas IV MI NU Matholiul Falah. (2) Untuk menemukan seberapa besar peningkatan kemandirian belajar IPA siswa kelas IV MI NU Matholiul Falah.Kegunaan penelitian ini adalah: (1) Memberikan sumbangan bagi pengembangan ilmu pendidikan terutama dalam pelaksanaan bimbingan kelompok dalam rangka membentuk kemandirian siswa (2) Memberikan masukan kepala sekolah tentang layanan bimbingan konseling terhadap kemandirian belajar IPA siswa sehingga dapat dijadikan bahan pertimbangan dalam menentukan kebijakan utuk meningkatkan kemandirian belajar siswa (3) Memberikan masukan dan informasi kepada guru kelas/konselor tentang layanan bimbingan dan konseling sehingga dapat dijadikan wahana unruk meningkatkan kemandirian belajar siswa. Hipotesis tindakan:Bimbingan kelompok dapat meningkatkan kemandirian belajar IPA siswa kelas IV MI NU Matholiul Falah Jepang Mejobo Kudus tahun pelajaran 2011/2012 menyatakan bahwa dari hasil pengamatan Pada siklus I dengan memberikan materi tentang cara mengatur waktu belajar, hasilnya menunjukan bahwa penerapan bimbingan kelompok pada siklus I pertemuan pertama dari keseluruhan kategori nilai yang diperoleh siswa kebanyakan kurang (K), dan hasil penilaian siklus I pertemuan kedua dari keseluruhan kategori nilai yang diperoleh siswa lebih dominan dalam kategori cukup (C) daripada kurang (K), berarti ini sudah menunjukan adanya peningkatan dari pertemuan sebelumnya yang dalam kategori kurang (K) menjadi cukup (C) meskipun baru sedikit. Subjek penelitian ini ada 8 siswa. Variabelpenelitian meliputi variabel (X) bimbingan kelompok dan variabel (Y) kemandirian belajar IPA. sifat penelitian ini yaitu kualitatif, hasil penelitian berupa gambaran mengunakan deskripsi kata-kata. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara dan observasi.Pada siklus II, metode yang diharapkan dapat menutup kekurangan sebagaimana ditemukan pada siklus I adalah dengan cara menekankan metode ceramah dan tanya jawab. Dengan metode tersebut di harapakan siswa lebih aktif dan mau bertanya dalam kegiatan belajar mengajar. Hasil pengamatan peneliti pada siklus I pertemuan pertamadari keseluruhan kategori nilai pada pertemuan pertama diperoleh nilai siswa lebih dominan dalam kategori baik (B), sedangkan pada pertemuan kedua sudah mengalami peningkatan rata-rata penilaian siswa sudah memperoleh nilai dalam kategori baik (B). Peningkatan kemandirian belajar IPA siswa kelas IV MI NU Matholiul Falah dikuatkanya dari hasil pengamatan siswa sudah mulai mengerjakan tugas tepat waktu. Saran yang diajukan kepada: 1) kepala sekolah MI memberikan kesempatan kepada guru kelas untuk lebih mengefektifkan layanan bimbingan kelompok secara terprogram dan berkelanjutan. 2) Guru kelas, dalam upaya meningkatkan kemandirian siswa sebaiknya dengan melakukan pengawasan yang baik terhadap siswa. 3) siswa, diharapkan menjadi pribadi yang mandiri. 4) Bagi Guru bimbingan dan konseling membantu siswa dalam mengembangkan diri, sikap dan kebiasaan belajar yang baik untuk menguasai pengetahuan dan ketrampilan disekolah. 5) Bagi orang tua untuk memberikan motivasi anak/siswa agar lebih aktif dan antusias dalam mengikuti layanan bimbingan kelompok.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing I Dra. Hj.Sutarti, SE, MM. Dosen Pembimbing II DrS. Sucipto, M.Pd, Kons. |
Kata Kunci: | Layanan Bimbingan Kelompok dan Kemandirian Belajar IPA |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Konsultas dan konseling pendidikan Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Psikologi pendidikan Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Kehidupan sekolah. Perilaku dan kebiasaan siswa |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling |
Depositing User: | Users 2 not found. |
Date Deposited: | 05 Nov 2012 05:25 |
Last Modified: | 05 Nov 2012 05:25 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/457 |
Actions (login required)
View Item |