KHOLIPAH, UMI (2015) Penerapan Model Numbered Heads Together(Nht) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Materi Penjumlahan Dan Pengurangan Pecahan Kelas Iv Sdn 3 Ngetuk Nalumsari Jepara. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
PDF (Hal.Judul)
HALAMAN_JUDUL.pdf - Accepted Version Download (779kB) |
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (391kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (468kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (472kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (279kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (244kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (324kB) |
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (7MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitianinibertujuanmendeskripsikanpenerapan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) danmenentukanpeningkatanketerampilan guru dalampengelolaanpembelajaran, aktivitasbelajarsiswadanmenentukanpeningkatanpemahamankonsepmatematikasiswapadamatapelajaranmatematikamateripenjumlahandanpenguranganpecahanpadasiswakelas IV SDN 3 NgetukNalumsariJepara. Pemahamankonsepmerupakankemampuan yang dimilikisiswadalammemahamisuatumateripelajaransertasiswamampumenyatakanulangsebuahkonsep, mengaplikasikankonsepataualgoritmadalampemecahanmasalah, danmengungkapkankembalikonsep yang dimilikinya.Model pembelajaranNumbered Heads Together (NHT) adalah model diskusikelompokdenganpemberiannomorpadatiapanggotadalamkelompok, yang terdiridarifase 1: penomoran, fase 2: mengajukanpertanyaan, fase 3: berpikirbersamadanfase 4: menjawab. Penelitiantindakankelasinidilaksanakan di kelas IV SDN 3 NgetukNalumsariJeparadengansubjekpenelitian 18 siswa.Penelitianiniberlangsungselamaduasiklus, setiapsiklusterdiridariempattahapyaituperencanaan, pelaksanaan, pengamatan, danrefleksi.Variabelbebasdalampenelitianiniyakni model Numbered Heads Together(NHT). Sedangkanvariabelterikatnyayaknipemahamankonsepmatematikakhususnyapadamateripenjumlahandanpenguranganpecahan.Teknikpengumpulan data menggunakanteknikwawancara, observasi, tes, dandokumentasi.Instrumenpenelitian yang dipakaiadalahlembarwawancara, lembarobservasi, tesdandokumentasi.Analisis data yang digunakanmerupakananalisis data kualitatifdananalisis data kuantitatif. Hasilpenelitianterdapatpeningkatanketuntasanketerampilan guru dalammengelolapembelajaranpadasiklus I sebesar 69,08% (baik) padasiklus II meningkatmenjadi 82,84% (baik). Aktivitasbelajarmatematikasiswapadasiklus I 63,14% (cukup) danpadasiklus II meningkatmenjadi 87,21% (sangatbaik). Nilaipemahamankonsepmatematikasiswapadamateripenjumlahandanpenguranganpecahanantarasiklus I (72,22%), dansiklus II (88,89%).
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Drs.Sucipto,M.Pd,Kons. |
Kata Kunci: | Numbered Heads Together, PemahamanKonsepMatematika, PenjumlahandanPenguranganPecahan |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | pustakawan umk |
Date Deposited: | 09 Sep 2015 04:50 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 04:50 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4654 |
Actions (login required)
View Item |