Using Video Commercials As Media Inteaching Listening Comprehension Of Tenth Grade Studentsof Sma N1 Jekulo Kudus In Academic Year 2014/2015

ANA SARI, FITRI (2015) Using Video Commercials As Media Inteaching Listening Comprehension Of Tenth Grade Studentsof Sma N1 Jekulo Kudus In Academic Year 2014/2015. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal.Judul]
Preview
PDF (Hal.Judul)
COVER.pdf - Accepted Version

Download (660kB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
CHAPTER_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (397kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
CHAPTER_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (314kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
CHAPTER_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (403kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
CHAPTER_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (537kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
CHAPTER_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (222kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
CHAPTER_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (207kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
BIBLIOGRAPHY.pdf - Accepted Version

Download (330kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
APPENDICES.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Mendengarkan adalah salah satu keterampilan bahasa yang tidak boleh diabaikan karena mendengarkan memiliki sebuah peran sebagai kemampuan utama yang harus dimiliki dalam perolehan bahasa. Sehingga sangat penting bagi para guru untuk membantu siswa meningkatkan kemampuan mendengarkan. Akan tetapi, siswa-siswa di SMA N 1 Jekulo Kudus masih menemukan kesulitan dalam mendengarkan dan memahami apa yang seorang pembicara ucapkan. Itu dikarenakan metode yang digunakan guru dalam pengajaran mendengarkan sebagian besar menggunakan materi mendengarkan dari audio pendamping yang terdapat pada buku cetak atau kadang guru hanya membaca teks secara langsung. Oleh karena itu, guru harus menggunakan media pembelajaran yang sesuai untuk meningkatkan mendengarkan siswa. Video iklan adalah salah satu media pembelajaran alternatif yang mungkin dapat digunakan dalam pengajaran mendengarkan. Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu apakah ada perbedaan yang signifikan antara mendengarkan dari siswa kelas sepuluh di SMA N 1 Jekulo Kudus pada tahun ajaran 2014/2015 sebelum dan sesudah diajar menggunakan video iklan atau tidak. Desain penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan satu kelompok pre-test dan post-test. Populasi dari penelitian ini adalah semua murid kelas sepuluh di SMA N 1 Jekulo Kudus pada tahun ajaran 2014/2015. Peneliti memdapat X-9 (34 siswa) sebagai sampel dengan menggunakan teknik sampel acak. Instrumen penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah tes (tes mendengarkan yang terdiri dari 30 soal). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pada tingkat signifikan 0.05 dan derajat kebebasan 33 terdapat perbedaan yang signifikan antara mendengarkan dari siswa kelas sepuluh di SMA N 1 Jekulo Kudus pada tahun ajaran 2014/2015 sebelum dan sesudah diajar menggunakan video iklan. Hal tersebut ditunjukkan dari hasil perhitungan bahwa t-obtained adalah 13.54, sementara t-critical adalah ±2.042. Dengan kata lain, penulis menolak H0 dan menerima H1, karena t (obtained) jatuh di daerah kritikal (t-obtained=13.54 > t-critical =± 2.042). Mendengarkan dari siswa kelas sepuluh di SMA N 1 Jekulo Kudus pada tahun ajaran 2014/2015 sebelum diajar menggunakan video iklan termasuk kategori rendah (Mean=53.09 and SD=10.12). Sementara, Mendengarkan sesudah diajar menggunakan video iklan termasuk kategori bagus (Mean=70.00 and SD=7.28). Berdasarkan hasil diatas, ini membuktikan bahwa video iklan, sebagai media, efektif dalam meningkatkan mendengarkan pada siswa kelas sepuluh di SMA N 1 Jekulo Kudus pada tahun ajaran 2014/2015. Oleh karena itu, penulis memberikan saran bahwa guru Bahasa Inggris dapat menggunakan video iklan sebagai salah satu media pembelajaran dalam mengajar Bahasa Inggris terutama mendengarkan.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing : Titis Sulistyowati, SS, M.Pd
Kata Kunci: video iklan, mendengarkan
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: pustakawan umk
Date Deposited: 10 Sep 2015 02:04
Last Modified: 10 Sep 2015 02:04
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4679

Actions (login required)

View Item View Item