PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL JIGSAW MATERI PERMASALAHAN SOSIAL KELAS IV SDN 1 BANYUPUTIH KALINYAMATAN JEPARA TAHUN AJARAN 2014/2015

MUFLIHATIN, NALA (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL JIGSAW MATERI PERMASALAHAN SOSIAL KELAS IV SDN 1 BANYUPUTIH KALINYAMATAN JEPARA TAHUN AJARAN 2014/2015. Update Test thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan.

[thumbnail of Hal.Judul]
Preview
PDF (Hal.Judul)
HALAMAN_DEPAN.pdf - Accepted Version

Download (3MB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (221kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (400kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (594kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (263kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (197kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (208kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (12MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitianinibertujuanmendeskripsikanpeningkatanhasilbelajarsiswadalampembelajaran IPS materipermasalahansosialdenganmenerapkan model pembelajaranjigsawdanmendeskripsikanpeningkatanketerampilan guru dalampembelajaran IPS kelas IV SDN 1 BanyuputihJepara, denganmenerapkan model pembelajaranjigsaw. Hasilbelajar IPS merupakanhasilkompetensi yang dicapaiolehsiswaselamamengikuti proses pembelajaran IPS.Hasilbelajar yang diperolehsiswasetelahpembelajaranmeliputiaspekkognitif, afektifdanpsikomotorik. Modeljigsaw (timahli) adalah model pembelajarankooperatif yang dalampelaksanaanyaterdapatkelompokasaldantimahli. Setiapsiswadalamkelompokasalselanjutnyaberperansebagaiahlidanbertanggungjawabterhadaptugas yang diberikan.Setiapanggotakelompokmembacasubbab yang ditugaskandanbertanggungjawabuntukmempelajaribagian yang diberikanitu yang didiskusikandalamtimahli, kemudianmemberikaninformasihasildiskusikelompokahlikepadakelompokasal. Jadi, setiapsiswadiharuskanuntukmenguasaitugas yang diperolehnya, sehinggatidakadasiswa yang pasifsemuasalingbekerjasamadanaktifdalam proses pembelajaran. Penelitiantindakankelasiniakandilaksanakan di kelas IV SDN 1 BanyuputihKalinyamatanJeparadengansubjekpenelitian 20 siswa. Penelitianiniberlangsungduasiklus, setiapsiklusterdiridariempattahapyaituperencanaan, pelaksanaan, pengamatan, danrefleksi.Variabelbebasnyaadalah model jigsaw.Sedangkanvariabelterikatdalampenelitianiniadalahhasilbelajar IPS.Teknikpengumpulan data menggunakanteknikwawancara, observasi, tes, dandokumentasi.Analisis data yang digunakanmerupakananalisisdata kuantitatifdankualitatif. Hasilpenelitianmenunjukkanpenerapan model pembelajaranjigsaw padapembelajaranIPS, dapat (1) meningkatkanhasilbelajarsiswaranahkognitif, padaprasiklusmenunjukkannilai rata-rata 57,5denganketuntasanklasikal55%, siklus I menunjukkan rata-rata nilaisebesar66,75denganketuntasanklasikal65%, padasiklus II hasilbelajarIPSsiswamenunjukkanpeningkatandengan rata-rata nilaisebesar 73,25 danketuntasanklasikal 85%. Meningkatkanhasilbelajarranahafektifmenunjukkanpadasiklus I memperoleh rata-rata 70%, siklus II memperoleh rata-rata 72%.Meningkatkanhasilbelajarranahpsikomotorikmenunjukkanpadasiklus I memperoleh rata-rata 77%, siklus II memperoleh rata-rata 80%. (2) hasilpengamatanketerampialanmengajarguru padasiklus I mendapatpersentasesebesar 69% dengankriteria“baik”danmeningkatpadasiklus II menjadi 87% dengankriteria“sangatbaik”. Berdasarkanhasilpenelitiantindakankelas yang dilakukanpadakelas IV SDN 1 BanyuputihKalinyamatanJeparatahunajaran2014/2015 dapatdisimpulkanbahwapenggunaan model jigsaw dapatmeningkatkanhasilbelajar IPS padamateripermasalahansosialdanketerampilanmengajarguru. Adapun saran yang diberikanuntuksiswayaitusiswahendaknyamengikutipembelajaranlebihaktifdanmemperhatikanpenjelasan guru agar hasilbelajarsiswameningkat.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing :Ika Oktavianti,S.Pd.M.Pd
Kata Kunci: HasilBelajar, Jigsaw, PermasalahanSosial
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Date Deposited: 12 Sep 2015 04:01
Last Modified: 12 Sep 2015 04:01
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4788

Actions (login required)

View Item View Item