Upaya Meningkatkan Kedisiplinan Terhadap Tata Tertib Sekolah Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Pada Siswa Kelas X TKR 2 SMK Wisudha Karya Kudus Tahun Pelajaran 2011/2012

Kholishoh, Nur (2012) Upaya Meningkatkan Kedisiplinan Terhadap Tata Tertib Sekolah Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Pada Siswa Kelas X TKR 2 SMK Wisudha Karya Kudus Tahun Pelajaran 2011/2012. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
cover.pdf - Accepted Version

Download (1MB)
[thumbnail of Bab I] PDF (Bab I)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (69kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab II] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (169kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab III] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (86kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab IV] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (363kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab V] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (318kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab VI] PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (22kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (137kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
Lampiran_1.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Presentasi Ujian] Microsoft PowerPoint (Presentasi Ujian)
PPT_SKRIPSI.pptx - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (452kB) | Request a copy

Abstrak

Berdasarkan hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi di SMK Wisudha Karya Kudus diperoleh hasil yang menunjukkan masih banyaknya siswa yang kurang disiplin dalam menaati tata tertib sekolah sehingga diperlukan upaya bantuan melalui layanan bimbingan kelompok. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan kedisiplinan tata tertib siswa pada kelas X TKR 2 SMK Wisudha Karya Kudus Tahun Pelajaran 2011/2012?. Tujuan Penelitian ini adalah: 1. Mendeskripsikan kedisiplinan sebelum dan sesudah bimbingan kelompok pada siswa kelas X TKR 2 SMK Wisudha Karya Kudus, 2. Mengetahui atau menemukan seberapa besar peningkatan kedisiplinan terhadap tata tertib sekolah melalui layanan bimbingan kelompok pada siswa kelas X TKR 2 SMK Wisudha Karya Kudus tahun pelajaran 2011/2012. Kegunaan penelitian ini adalah: 1. Teoritis: hasil penelitian ini dapat menambah referensi sehingga dapat memberikan manfaat bagi pengembangan kedisiplinan sisswa terhadap tata tertib sekolah. Dapat digunakan guru pembimbing agar pelaksanaan layananan bimbingan kelompok dapat mencakup semua kebutuhan siswa. 2. Tujuan Praktis: 1. Bagi Guru Pembimbing (Guru BK) Sebagai acuhan untuk meningkatkan kedisiplinan tata tertib sekolah pada siswa melalui pemberian layanan.2. Bagi Siswa yang kurang disiplin terhadap tata tertib sekolah supaya mampu menerapkan budaya disiplin dalam dirinya untuk selalu taat terhadap tata tertib sekolah. Hipotesis penelitian ini adalah layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan kedisiplinan terhadap tata tertib sekolah pada siswa kelas X TKR 2 SMK Wisudha Karya Kudus Tahun Pelajaran 2011/2012. Lokasi penelitian ini di SMK Wisudha Karya Kudus mulai awal Mei sampai akhir Juni 2012 dengan subjek penelitian adalah siswa kelas X TKR 2 SMK Wisudha Karya Kudus. Dengan menggunakan metode pengumpulan data berupa metode observasi sebagai metode pokok dan wawancara sebagai metode pendukung. Analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini adalah PTBK dengan pelaksanaan penelitian sebanyak 2 siklus, siklus I sebanyak 5 kali pertemuan dan siklus II sebanyak 3 kali pertemuan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan kedisiplinan terhadap tata tertib sekolah bagi siswa kelas X TKR 2 SMK Wisudha Karya Kudus. Hal ini terbukti berdasarkan hasil observasi pra tindakan kedisiplinan siswa dalam menaati tata tertib sekolah dalam hal masuk sekolah tepat waktu, rajin masuk sekolah, taat mengikuti pelajaran, kesopanan terhadap warga sekolah, dan kerapian dalam berseragam dan berpenampilanmenunjukkan ada 2 siswa yang cukup (25%) dan 6 siswa yang kurang (75%) dengan rata-rata skor 10,5 kategori sangat kurang. Siklus I menunjukkan peningkatan siswa menjadi 3 siswa dengan kategori baik (37,5%) dan 5 siswa kategori cukup (62,5%) dengan rata-rata skor 14,5 kategori cukup. Selanjutnya hasil observasi kedisiplinan siswa terhadap tata tertib sekolah siklus II menunjukkan peningkatan menjadi 1 siswa sangat baik (12,5%), 6 siswa kategori baik (62,5%), dan 1 siswa yang cukup baik (12,5%) dengan rata-rata skor 18,62 dengan kategori baik. Saran yang diajukan: 1. Bagi siswa hendaknya mampu mempertahakan kedisiplinan dalam menaati tata tertib sekolah, 2. Bagi guru BK hendaknya melakukan pengawasan yang baik terhadap siswa serta melakukan beberapa metode layanan misalnya bimbingan kelompok, 3. Bagi peneliti selanjutnya hendaknya membuat layanan bimbingan kelompok yang lebih inovatif misalnya dengan melakukan selingan permainan yang mendidik dan menarik.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing: (i) Dr. Sukiman, M.Pd., (ii) Dra. Sumarwiyah, M.Pd.
Kata Kunci: Kedisiplinan Tata Tertib Sekolah, Bimbingan Kelompok
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Konsultas dan konseling pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Aspek profesional administasi dan pengajaran di sekolah. Bimbingan vokasional
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Nov 2012 04:22
Last Modified: 07 Nov 2012 04:22
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/483

Actions (login required)

View Item View Item