Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Melalui Layanan Penguasaan Konten Kelas V SDN 3 Kuwasen Kec Kota Kab Jepara Tahun Pelajaran 2011/2012

Riandika, Afil (2012) Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Melalui Layanan Penguasaan Konten Kelas V SDN 3 Kuwasen Kec Kota Kab Jepara Tahun Pelajaran 2011/2012. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HAL JUDUL] PDF (HAL JUDUL)
COVER.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (400kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB I] PDF (BAB I)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (151kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II] PDF (BAB II)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (233kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] PDF (BAB III)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (383kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (410kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] PDF (BAB V)
BAB__V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (284kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB VI] PDF (BAB VI)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (131kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (108kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya prestasi belajar IPA yang dialami siswa kelas V SDN 3 Kuwasen Jepara berdasarkan wawancara dengan guru kelas sehingga peneliti memberikan layanan penguasaan konten kepada 28 siswa agar prestasi belajar siswa dapat meningkat semua dengan memberikan materi layanan dampak kegiatan manusia terhadap permukaan bumi. Permasalahan yang diteliti: Apakah Layanan Penguasaan Konten Dapat Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas V SDN 3 Kuwasen Kec Kota Kab Jepara Tahun Pelajaran 2011/2012. Tujuan Penelitian Mendeskripsikan prestasi belajar IPA siswa kelas V SDN 3 Kuwasen Jepara Tahun Pelajaran 2011/2012 sebelum dan sesudah diberikannya layanan penguasaan konten, menemukan seberapa besar peningkatan prestasi belajar siswa melalui layanan penguasaan konten di SDN 3 Kuwasen Jepara Kelas V Tahun Pelajaran 2011/2012. Kegunaan penelitian ini adalah: 1. Kegunaan Teoritik: Dalam penelitian ini peneliti dapat memberikan sumbangan kepada guru dalam mengembangkan ilmu pengetahuan untuk membantu siswa yang mengalami permasalahan rendahnya prestasi belajar IPA dengan layanan yang diberikan untuk menangani permasalahan tersebut. 2. Kegunaan Praktis: a. Bagi Guru Kelas Dapat meningkatkan pengetahuan, minat, sikap, motivasi dalam mengikuti pembelajaran, sehingga siswa dapat menguasai konsep materi pembelajaran dengan baik sesuai dengan kompetensi dalam pembelajaran IPA. b. Bagi Kepala Sekolah Untuk meningkatkan keterampilan guru dalam melakukan inovasi pola dan teknik pembelajaran dalam mata pelajaran IPA sehingga dapat tercipta situasi belajar yang kondusif, efektif, aktif, dan kreatif serta menyenangkan sesuai situasi dan kondisi siswa serta menambah sarana prasarana yang belum ada. c. Bagi Siswa Dapat meningkatkan pengetahuan, minat, sikap, motivasi dalam mengikuti pembelajaran, sehingga siswa dapat menguasai konsep materi pembelajaran dengan baik sesuai dengan kompetensi dalam pembelajaran IPA. d. Bagi Peneliti Merupakan suatu pengalaman berharga karena peneliti berhasil melakukan penelitian tindakan kelas Bimbingan dan Konseling untuk menambah pengetahuan dan wawasan. Hipotesis Penelitian ini adalah: “Layanan penguasaan konten dapat meningkatkan prestasi belajar pada siswa kelas V SDN 3 Kuwasen Kec Jepara Kab Jepara tahun pelajaran 2011/2012”. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 3 Kuwasen Kec Kota Kab Jepara, sebanyak 28 siswa yang memunyai Prestasi belajar yang rendah berdasarkan wawancara dan observasi. Variabel penelitian: Layanan Penguasaan Konten (Variabel bebas) dan Prestasi Belajar (Variabel terikat). Metode pengumpulan data metode pokok observasi, wawancara metode pendukung yaitu dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif komparatif kualitatif. Penelitian dilakukan 2 siklus (siklus I dan siklus II) setiap siklus 3 pertemuan membahas materi dampak kegiatan manusia terhadap permukaan bumi dengan alokasi waktu 45 menit (1 jam pelajaran). Berdasarkan hasil tes awal dapat diperoleh bahwa prestasi belajar siswa kelas V SDN 3 Kuwasen Kec Kota Kab Jepara pada mata pelajaran IPA rendah. Hal ini terbukti dengan hasil yang diperoleh dari setiap tes yang dilakukan sebelum tindakan dan setelah tindakan siklus I dan II yang memperlihatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan nilai rata-rata yaitu pada pra siklus mendapat nilai rata-rata 4,8 (kurang), pada siklus I ada peningkatan sebesar 4,8 sehingga mendapat nilai rata-rata 9,6 (cukup), dan pada siklus II meningkat 4,15 dari siklus I, sehingga mendapat nilai rata-rata 13,75 (sangat baik). Melihat temuan dilapangan, peneliti memberikan saran kepada: 1. Kepala sekolah Menambah sarana prasarana yang dapat menunjang prestasi belajar siswa sehingga prestasi siswa dapat meningkat, serta memotivasi guru agar lebih semangat dan disiplin saat mengajar dikelas. 2. Guru Kelas, Guru kelas hendaknya dalam mengajar menerapkan sentuhan high touch dan high tech karena sangat baik dalam proses pembelajaran sehingga siswa tidak merasa bosan belajar dalam kelas karena menggunakan pelajaran dari media elektronik. 3. Siswa harus menyadari akan pentingnya belajar, dengan belajar siswa dapat memahami kembali penjelasan guru dikelas, serta harus belajar tiap hari dirumah untuk dapat meningkatkan prestasi belajar.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I Dra. Sumarwiyah, M.Pd., Dosen Pembimbing II Dra. Hj. Sutarti, SE, MM.
Kata Kunci: Prestasi Belajar; Layanan Penguasaan Konten.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Konsultas dan konseling pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Users 1245 not found.
Date Deposited: 07 Nov 2012 03:43
Last Modified: 07 Nov 2012 03:43
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/484

Actions (login required)

View Item View Item