Pemberdayaan Potensi Kebun Polybag Sebagai Media Pembelajaran Tematik Melalui Model Outdoor Study Untuk Siswa Kelas Iv Sdn 01 Sukoharjo Pati 2014/2015

Ratnasari, Yuni (2015) Pemberdayaan Potensi Kebun Polybag Sebagai Media Pembelajaran Tematik Melalui Model Outdoor Study Untuk Siswa Kelas Iv Sdn 01 Sukoharjo Pati 2014/2015. [Experiment]

[thumbnail of Hal. Depan]
Preview
PDF (Hal. Depan)
Hal._Depan.pdf - Published Version

Download (105kB)
[thumbnail of Bab 1]
Preview
PDF (Bab 1)
bab_1.pdf - Published Version

Download (79kB)
[thumbnail of Bab 2]
Preview
PDF (Bab 2)
bab_2.pdf - Published Version

Download (267kB)
[thumbnail of Bab 3]
Preview
PDF (Bab 3)
bab_3.pdf - Published Version

Download (109kB)
[thumbnail of BAb 4]
Preview
PDF (BAb 4)
BAB_4.pdf - Published Version

Download (637kB)
[thumbnail of Bab 5]
Preview
PDF (Bab 5)
BAB_5.pdf - Published Version

Download (90kB)
Official URL: http:://umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk 1) Membuat kebun polybag sebagai media pembelajaran tematik melalui model outdoor study di halaman sekolah dasar, 2) Mengimplementasikan pembelajaran tematik dengan media kebun polybag melalui model outdoor study, 3) Menganalisis tingkat keefektifan dari implementasi pembelajaran tematik dengan media kebun polybag melalui model outdoor study. Pembelajaran tematik merupakan pembelajaran terpadu yang merupakan suatu sistem pembelajaran yang memungkinkan siswa, baik secara individual maupun kelompok aktif menggali dan menemukan konsep serta prinsip-prinsip keilmuan secara holistik, bermakna, dan autentik. Pemberdayaan kebun polybag adalah membudidayakan tanaman di media polybag di halaman sempit sekitar kita. Outdoor study dibatasi pada kegiatan siswa diluar kelas, mengetahui alat dan bahan untuk membuat media polybag, siswa diajari cara membuat media polybag, cara menanam sayuran, cara merawat, mengetahui perkembangan tanaman, mengenali bagian tumbuhan dan fungsinya sampai pada cara memanen tanaman Penelitian ini menggunakan metode Research and development dalam pembelajaran adalah proses yang digunakan untuk mengembangkan dan memvalidasi produk-produk yang digunakan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februaru sampai Juni 2015. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Sukoharjo 01 Margorejo Pati. Tehnik pengumpulan data dengan metode observasi, angket, dokumentasi dan tes. Keberhasilan penelitian ini terlihat dari Pemberdayaan kebun polybag sebagai media pembelajaran dapat dibuat dengan baik yang terdiri dari berbagai sayuran tomat, cabe, brokoli, terung dan bayam. Hasil belajar awal siswa dengan ketuntasan klasikal 35,71% meningkat menjadi 71,43% dan akhir menjadi 92,86%. Dimana jumlah siswa yang awalnya ada 9 siswa tidak tuntas menurun tinggal 1 siswa yang tidak tuntas80% dengan nilai rata-rata 74,6. Hasil tersebut membuktikan bahwa model pembelajaran outdoor study dengan memberdayakan potensi kebun polybag sebagai media tematik sangat efektif.

Item Type: Experiment
Kata Kunci: Model outdoor study, Media Kebun Polybag, Research and Development
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 15 Feb 2016 04:03
Last Modified: 15 Feb 2016 04:03
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4918

Actions (login required)

View Item View Item