Peningkatan Hasil Belajar Pkn Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Siswa kelas Iv Sd 3 Hadipolo Kudus

Zaqi Zakariya, Ahmad (2016) Peningkatan Hasil Belajar Pkn Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Siswa kelas Iv Sd 3 Hadipolo Kudus. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
HALAMAN_DEPAN.pdf - Accepted Version

Download (363kB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (142kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (320kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB_III_revisi_3.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (525kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (174kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (18kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (132kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, menemukan peningkatan aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa dengan diterapkannya model Problem Based Learning pada siswa kelas IV SD 3 Hadipolo Kudus. Model pembelajaran Problem Based Learning adalah suatu model pembelajaran yang merangsang siswa untuk belajar dan berpikir kritis dalam memecahkan masalah yang berhubungan dengan dunia nyata yang ada di sekitar mereka. Hipotesis dalam penelitian ini adalah (1) Penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mata pelajaranPKn materi pemerintahan kabupaten, kota dan provinsi pada siswa kelas IV SD 3 Hadipolo Kudus, (2) Penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan aktivitas belajar PKn materi pemerintahan kabupaten, kota dan provinsi pada siswa kelas IV SD 3 Hadipolo Kudus, (3) Penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar PKn materi pemerintahan kabupaten, kota dan provinsi pada siswa kelas IV SD 3 Hadipolo Kudus. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus memiliki 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Lokasi penelitian di SD 3 Hadipolo Kudus, subjek penelitian 25 siswa kelas IV. Variabel bebas adalah Problem Based Learning. Sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar PKn. Instrumen penelitian ini adalah pedoman wawancara, pedoman observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan keterampilan mengajar guru menerapkan model Problem Based Learning mengalami peningkatan pada siklus I 72,5% (baik) dan pada siklus II menjadi 88,34% (sangat baik). Aktivitas belajar siswa (aspek afektif dan psikomotorik) pada siklus I mencapai 73,35% (baik) dan meningkat pada siklus II menjadi 86,54% (sangat baik). Hasil belajar (aspek kognitif) PKn siswa meningkat dari prasiklus 65,8 (sedang), siklus I 73 (sedang), dan siklus II 77,6 (tinggi). Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran PKn, aktivitas belajar siswa, dan hasil belajar PKn siswa kelas IV SD 3 Hadipolo Kudus. Saran dalam penelitian ini siswa sebaiknya menanamkan rasa percaya diri sehingga saat proses pembelajaran berlangsung siswa tidak malu bertanya pada guru apabila ada sesuatu yang menurutnya belum dimengerti. Guru hendaknya menindak lanjuti penerapan model problem based learning pada mata pelajaran PKn dengan materi yang lain. Kepala sekolah hendaknya memfasilitasi guru untuk dapat mengembangkan keilmuwannya

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing : Wawan Shokib Rondli, S.Pd, M.Pd.
Kata Kunci: Hasil Belajar PKn, Problem Based Learning.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Date Deposited: 14 Mar 2016 06:14
Last Modified: 14 Mar 2016 06:14
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4981

Actions (login required)

View Item View Item