JABBAR, MOH ABDUL (2016) The Analysis Of Culture Content In Textbook Of The Eleventh Grade Of Senior High School In Kudus. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
PDF (Hal. Judul)
COVER.pdf - Accepted Version Download (669kB) |
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (248kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (346kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (272kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (346kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (347kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (246kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (Daftar Pustaka)
BIBLIOGRAPHY.pdf - Accepted Version Download (200kB) |
PDF (Lampiran)
APPENDICES.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (10MB) | Request a copy |
Abstrak
Budaya menjadi salah satu nilai penting dari sebuah negara karena budaya adalah identitassuatubangsa. Salah satuprodukdaribudaya adalahbahasa.Selaindigunakansebagaibahasakomunikasi bahasaInggrisjugaditerapkan dalam pendidikan di Indonesia.Sehinggafilterisasidiperlukanuntukmenyaringunsurkebudayaan agar sesuaidengankepribadianbangsa Indonesia. Tujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuisejauhmanaunsurbudayabaratdanunsurbudaya local diterapkanpada materibuku ajar di kelas XI SMA di Kudus. Penelitimenggunakanteoridari E.B Tylor yang terdiriataswujuddanunsurkebudayaanyaituPeralatandanperlengkapanhidup (teknologi), Sistemmatapencaharian (Ekonomi), Sistemkekerabatandanorganisasi social, Bahasa, Kesenian, Sistemkepercayaan (religi), Institusikeluargadanpernikahan, Sistemilmudanpengetahuan. Metodepenelitianiniadalahpenelitiandeskriptifkualitatif. Data daripenelitianiniadalahunsurkebudayaanbaratdanunsurkebudayaan local dalambukuteks. Sumber data dalampenelitianiniadalah reading text dan dialogue. Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwakebudayaanbaratlebihdominanditerapkanpadabuku ajar bahasaInggriskelas XI SMA di Kudus. Ada 14 unsurbudayabarat yang terdiridariKesenian, SistemKepercayaan (religi), InstitusiKeluargadanPernikahan, SistemKekerabatandanOrganisasi Social, SistemIlmudanpengetahuan, PeralatandanPerlengkapanHidup (teknologi). Ada 10 unsurbudaya local yang terdiridariSistemKekerabatandanOrganisasi Social, Kesenian, Bahasa, SistemKepercayaan (religi), PeralatandanPerlengkapanHidup (teknologi). Dari hasilpenelitiantersebutpenelitimemberikan saran.Pertama, diharapkankepadapenulisdanpenyusundalambuku ajar dapatmelakukanpenyesuaianterhadapnilaibudayadanunsurbudayadalammateri ajar.Kedua, diharapkan guru untukdapatmengelaborasidanmemberikanpengetahuantentangunsurbudayadalammateri ajar.Ketiga, diharapakanparapembacadapatlebihmengenaldanmemahamitentangunsurbudayabaratdanunsurbudaya local padabuku ajar kelas XI SMA di Kudus.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing : Rismiyanto, SS, M. Pd, |
Kata Kunci: | UnsurKebudayaan, Budaya Barat danBudayaLokal, Buku Ajar PendidikanBahasaInggrisKelas XI. |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | pustakawan umk |
Date Deposited: | 15 Jun 2016 03:10 |
Last Modified: | 15 Jun 2016 03:10 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5106 |
Actions (login required)
View Item |