Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar melalui Layanan Bimbingan Kelompok pada Siswa Kelas VII SMP Kanisius Pati Tahun Pelajaran 2011/2012

Hajon, Aloysia Jawa (2012) Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar melalui Layanan Bimbingan Kelompok pada Siswa Kelas VII SMP Kanisius Pati Tahun Pelajaran 2011/2012. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
HALAMAN_DEPAN.pdf - Accepted Version

Download (618kB)
[thumbnail of Bab I] PDF (Bab I)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (86kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab II] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (124kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab III] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (271kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab IV] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (650kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab V] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (99kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab VI] PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (80kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (37kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
Lampiran_1.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Presentasi Ujian] Microsoft PowerPoint (Presentasi Ujian)
Skripsi_Aloysia_Jawa_Hajon.pptx - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (492kB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil wawancara dengan wali kelas dan siswa kelas VII SMP Kanisius Pati pada bulan Maret 2011,ditemukan ada sepuluh siswa yang mempunyai motivasi belajar yang rendah yang ditandai dengan: Siswa tidak mempunyai semangat untuk belajar, Malas, Kurang disiplin dalan belajar, Sering terlambat, Sering tidak mengerjakan tugas yang diberikan , Sering mengantuk di kelas, Suka ribut dan berbicara di kelas saat guru sedang memberikan pelajaran, Sering membolos dan tidak masuk sekolah, Tidak serius dalam belajar, Kurang mengetahui cara belajar yang baik, Hasil ulangan dan ujian yang diperolah sangat rendah masih dibawah standar yang diharapkan.Permasalahan yang akan diteliti: Apakah layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VII SMP Kanisius Pati tahun pelajaran 2011/2012? Tujuan penelitian ini adalah: diperolehnya peningkatan motivasi belajar melalui layanan bimbingan kelompok pada siswa kelas VII SMP Kanisius Pati Tahun Pelajaran 2011/2012. Kegunaan penelitian ini adalah: 1. Kegunaan Teoritik: Menambah dan mengembangkan ilmu pengetahuan bagi sekolah khususnya dalam bidang bimbingan dan konseling. 2. Kegunaan Praktis: 1) Kepala sekolah,agar dapat Memotivasi guru untuk melakukan inovasi pembelajaran, misalnya dengan ‎melakukan Penelitian Tindakan Kelas Bimbingan dan Konseling (PTK BK) dan ‎lebih memperhatikan siswa-siswa yang mengalami kesulitan atau hambatan agar ‎tujuan pendidikan nasional dapat terwujud. 2) Membantu guru pembimbing atau wali kelas agar mampu memberikan pengarahan pada siswa tentang pentingnya bimbingan kelompok yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. 3) Memberikan dorongan kepada siswa supaya dapat memiliki motivasi belajar yang tinggi, Memiliki kedisiplinan dalam belajar, Mematuhi aturan dan kedisiplinan yang berlaku di sekolah, Rajin mengerjakan tugas –tugas yang diberikan, Mempunyai keseriusan dalam belajar,Dapat mengatur waktu belajar dengan baik,dan dapat mencapai prestasi belajar yang memuaskan. Hipotesis Penelitian ini adalah: “Layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan motivasi belajar pada siswa kelas VII SMP Kanisius Pati Tahun Pelajaran 2011/2012”. Subjek yang diteliti dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII, sebanyak 10 siswa yang memunyai motivasi belajar yang rendah berdasarkan wawancara dan observasi. Variabel penelitian: Bimbingan Kelompok (Variabel bebas) dan motivasi belajar (Variabel terikat). Metode pengumpulan data metode pokok observasi, metode pendukung yaitu wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif komparatif. Penelitian dilakukan 2 siklus (siklus I dan siklus II) setiap siklus 3 pertemuan membahas 6 materi dengan alokasi waktu 45 x 2 menit (2 jam pelajaran). Berdasarkan hasil observasi sebelum tindakan bimbingan kelompok motivasi belajar siswa rendah dan masuk dalam kategori cukup dengan skore rata-rata 23,5.(46,5%) Setelah diberi layanan bimbingan kelompok pada sikus I, motivasi belajar siswa meningkat menjadi kategori cukup dengan skore rata-rata 27,1(54,2%) Sedangkan pada siklus II motivasi belajar meningkat menjadi kategori baik dengan perolehan skore rata-rata 40,2(66,6%). Hal ini menunjukkan layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan motivasi belajar pada siswa kelas VII SMP Kanisius Pati. Hasil penelitian yang dilakukan pada bulan Mei sampai Agustus 2012 dalam dua siklus PTBK, disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan motivasi belajar pada siswa kelas VII SMP Kanisius Pati. Dengan demikian hipotesis yang diajukan dapat diterima karena telah teruji kebenarannya. Melihat temuan dilapangan, peneliti memberikan saran kepada: 1. Kepala sekolah hendaknya memberikan jam BK pada kelas VII agar program BK dapat terlaksana khususnya dalam layanan bimbingan kelompok misalnya dengan melakukan Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling (PT BK) dan lebih memperhatikan siswa-siswa yang mengalami kesulitan atau hambatan agar tujuan pendidikan nasional dapat terwujud. 2. Konselor dapat memprogramkan layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. 3. Siswa aktif memanfaatkan layanan bimbingan kelompok untuk membantu memecahkan persoalan.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I Drs. Sabar Rutoto, M.Pd., Dosen Pembimbing II Drs. Sucipto, M.Pd.Kons
Kata Kunci: Motivasi Belajar; Bimbingan Kelompok
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Konsultas dan konseling pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Sekolah Menengah Pertama
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Nov 2012 03:39
Last Modified: 10 Nov 2012 03:39
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/515

Actions (login required)

View Item View Item