Peningkatan Hasil Belajar Pkn Menggunakan Model Talking Stick Pada Kelas Iv Sd 1 Tumpangkrasak Kudus

NAFIAN, M ZIDNI ILMAN (2016) Peningkatan Hasil Belajar Pkn Menggunakan Model Talking Stick Pada Kelas Iv Sd 1 Tumpangkrasak Kudus. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
01._HALAMAN_JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (1MB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
02._BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (236kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
03._BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (407kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
04._BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (576kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
05._BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
06._BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (337kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
07._BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (69kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (148kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (23MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dan hasil belajar PKn pada ranah kognitif, afektif, psikomotorik dengan menggunakan model pembelajaran Talking Stick pada mata pelajaran PKn materi Struktur Organisasi Pemerintahan Kabupaten, Kota, dan Provinsi kelas IV SD 1 Tumpangkrasak Kudus. Hasil belajar merupakan perubahan tingkat penguasaan pemahaman siswa dan perilaku pada diri siswa yang mencakup aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa sebagai hasil dari kegiatan belajar yang telah dilakukan. Model pembelajaran Talking Stick adalah model pembelajaran kelompok dengan bantuan tongkat. Siswa yang memegang tongkat terlebih dahulu wajib menjawab pertanyaan dari guru setelah mereka mempelajari materi pokoknya. Hipotesis tindakan dalam penelitian adalah penggunaan model pembelajaran Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar PKn materi Struktur Organisasi Pemerintahan Kabupaten, Kota, dan Provinsi bagi siswa kelas IV SD 1 Tumpangkrasak Kudus. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SD 1 Tumpangkrasak Kudus dengan subjek penelitian peneliti sebagai guru dan 25 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas adalah model pembelajaran Talking Stick. Sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar PKn. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model Talking Stick dapat meningkatkan keterampilan guru dan hasil belajar PKn. Keterampilan guru meningkat cukup signifikan antara hasil prasiklus (65,62%), siklus I (74,55%), dan siklus II (83,03%). Hasil belajar siswa pada ranah kognitif juga meningkat cukup signifikan antara prasiklus (52,00%), siklus I (64,00%), dan siklus II (80,00%), didukung dengan hasil belajar siswa pada ranah afektif dan psikomotorik. Pada ranah afektif dari persentase siklus I (74,95%) menjadi (78,90%) di siklus II. Pada ranah psikomotorik dari persentase siklus I (74,71%) menjadi (78,21%) di siklus II. Simpulan dalam penelitian ini yakni penggunaan model Talking Stick dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar PKn siswa ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik pada kelas IV SD 1 Tumpangkrasak Kudus. Untuk itu disarankan dalam menerapkan model Talking Stick, guru harus memperhatikan karakteristik siswa dan perkembangan siswa agar tidak bosan, siswa yang belum tuntas hendaknya mau belajar lebih giat lagi, dan bagi sekolah perlu menindaklanjuti dan memakai model Talking Stick pada mata pelajaran yang lain dengan memperhatikan karakteristik siswa, materi, dan juga proses pembelajaran.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing : Drs. Moh. Kanzunudin, M.Pd.
Kata Kunci: Talking Stick, Hasil Belajar.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Date Deposited: 21 Jun 2016 03:26
Last Modified: 21 Jun 2016 03:26
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5163

Actions (login required)

View Item View Item