Implementasi Model Team Assisted Individualization Berbantuan Papan Permainan Domatik Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Materi Fpb Dan Kpk

Khoir, Mazidatul (2016) Implementasi Model Team Assisted Individualization Berbantuan Papan Permainan Domatik Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Materi Fpb Dan Kpk. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
HALAMAN_DEPAN.pdf - Accepted Version

Download (334kB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (146kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (498kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (423kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (171kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (77kB) | Request a copy
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (136kB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian Ini Bertujuan Mendeskripsikan Penerapan Model Team Assisted Individualization (TAI) Berbantuan Papan Permainan Domatik, Menemukan Peningkatan Pemahaman Konsep Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Materi FPB Dan KPK, Menemukan Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Materi FPB Dan KPK, Dan Mendeskripsikan Keterampilan Mengajar Guru Dalam Mengelola Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Matematika Materi FPB Dan KPK. Pemahaman Konsep Merupakan Kemampuan Siswa Dalam Memahami Suatu Konsep Matematika Dan Menjelaskan Kembali Informasi Yang Telah Diterima. Team Assisted Individualization (TAI) Merupakan Salah Satu Tipe Belajar Kooperatif Dengan Pemberian Bantuan Secara Individual Dari Siswa Yang Pandai Kepada Siswa Yang Lemah. Domatik Merupakan Suatu Media Pembelajaran Yang Berupa Permainan Yang Menggunakan Papan, Yang Merupakan Modifikasi Dari Papan Permainan Ludo. Penelitian Tindakan Kelas Dilaksanakan Di Kelas VC SD Karanganyar 2 Demak Dengan Subjek Penelitian 23 Siswa. Penelitian Ini Berlangsung Selama Dua Siklus, Setiap Siklus Terdiri Dari Empat Tahap Yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, Dan Refleksi. Variabel Bebas Dalah Model Team Assisted Individualization (TAI) Berbantuan Papan Permainan Domatik. Sedangkan Variabel Terikat Adalah Pemahaman Konsep Matematika. Teknik Pengumpulan Data Menggunakan Teknik Observasi, Wawancara, Tes, Dan Dokumentasi. Instrumen Penelitian Yang Digunakan Yakni Lembar Observasi Keterampilan Guru Dan Aktivitas Belajar Siswa, Pedoman Wawancara, Dan Soal Tes. Analisis Data Dalam Penelitian Ini Menggunakan Teknik Analisis Data Kuantitatif Dan Deskriptif Kualitatif. Hasil Penelitian Terdapat Peningkatan Skor Pemahaman Konsep Matematika, Aktivitas Belajar Siswa Serta Terdapat Peningkatan Keterampilan Guru Dalam Mengelola Pembelajaran Matematika Materi FPB Dan KPK. Skor Pemahaman Konsep Siswa Mengalami Peningkatan Yang Cukup Signifikan Yakni Pada Siklus I Mencapai 74% Meningkat Menjadi 87% Pada Siklus II. Aktivitas Belajar Siswa Siklus I Mencapai 77,34% Dengan Predikat Baik (B) Menjadi 85,98% Dengan Predikat Sangat Baik (SB) Pada Siklus II. Dan Keterampilan Guru Dalam Mengelola Pembelajaran Pada Siklus I Mencapai 76, 67% Dengan Kualifikasi Baik (B) Meningkat Menjadi 85% Dengan Kualifikasi Sangat Baik (SB) Pada Siklus II. Berdasarkan Hasil Penelitian Tindakan Kelas Yang Dilakukan Pada Kelas VC SD Karanganyar 2 Demak Dapat Disimpulkan Bahwa Penerapan Model Team Assisted Individualization (TAI) Berbantuan Papan Permainan Domatik Dapat Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Materi FPB Dan KPK Kelas V SD Karanganyar 2 Demak. Untuk Itu Disarankan Dalam Menerapkan Model Team Assisted Individualization (TAI) Berbantuan Papan Permainan Domatik, Guru Harus Mempersiapkan Segala Sesuatu Yang Dibutuhkan Dalam Penelitian Serta Menguasai Penerapan Model Team Assisted Individualization (TAI) Agar Pembelajaran Berlangsung Lancar.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Dr. Murtono, M.Pd
Kata Kunci: Team Assisted Individualization, Mathematic Understanding Concept, FPB And KPK
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Date Deposited: 22 Jun 2016 03:56
Last Modified: 22 Jun 2016 03:56
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5215

Actions (login required)

View Item View Item