PENERAPAN MODEL MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MATA PELAJARAN Pkn MATERI ORGANISASI DI LINGKUNGAN SEKOLAH DAN MASYARAKAT

Rahayu, Fitri (2015) PENERAPAN MODEL MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MATA PELAJARAN Pkn MATERI ORGANISASI DI LINGKUNGAN SEKOLAH DAN MASYARAKAT. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
HALAMAN_JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (517kB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (234kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (283kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (357kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (262kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (213kB) | Request a copy
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (211kB)
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Tujuan Penelitian Tindakan Kelas Ini Adalah (1) Untuk Meningkatakan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pkn Materi Organisasi Di Lingkungan Sekolah Dan Masyarakat Kelas V Tahun Pelajaran 2014/2015, (2) Untuk Meningkatkan Ketrampilan Guru Dalam Mengelola Pembelajaran Pkn Materi Organisasi Di Lingkungan Sekolah Dan Masyarakat Kelas V Tahun Pelajaran 2014/2015. Penerapan Model Make A Match Yang Dimaksudkan Dalam Penelitian Ini Adalah Model Pembelajaran Yang Sejak Awal Siswa Sudah Dihadapkan Pada Suatu Masalah Autentik, Selanjutnya Siswa Mencari Berbagai Informasi Untuk Menyusun Pengetahuannya Guna Mendapatkan Penjelasan Dan Alternatif Solusi Pemecahan Masalah. Hipotesis Tindakan Yang Diajukan Adalah Terjadi Peningkatan Hasil Belajar Pkn Dan Peningkatan Keterampilan Mengajar Guru Dalam Pembelajaran Pkn. Penelitian Ini Dirancang Menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Terdiri Atas Dua Siklus. Subyek Dalam Penelitian Ini Adalah Peneliti Sebagai Guru Dan 32 Siswa Kelas V SD N 4 Honggosoco Tahun 2014/2015. Teknik Pengumpulan Data Menggunakan Observasi, Wawancara, Dokumentasi, Dan Tes. Instrumen Yang Digunakan Dalam Penelitian Ini Meliputi Lembar Observasi, Pedoman Wawancara, Dan Tes Bentuk Pilihan Ganda. Teknik Analisis Data Menggunakan Analisis Data Kuantitatif Dan Kualitatif. Penelitian Ini Akan Dianggap Berhasil Jika Nilai Rata-Rata Kognitif Siswa Pada Materi Organisasi Di Lingkungan Sekolah Dan Masyarakat Mencapai ≥70 Dengan Persentase Ketuntasan Klasikal ≥70%, Hasil Belajar Ranah Sikap Dan Keterampilan Mencapai Kategori Minimal Baik, Dan Keterampilan Mengajar Guru Meningkat Mencapai Kategori Minimal Baik. Hasil Penelitian Ini Menunjukkan Peningkatan Pembelajaran Melalui Model Make A Match Pada Tiap Siklusnya. Hal Ini Dapat Dilihat Dari Persentase Ketuntasan Hasil Belajar Klasikal Pada Siklus I Memperoleh Persentase Sebesar 68,75% Rata-Rata Kelas 72,18. Sedangkan Pada Siklus II Meningkat Menjadi 87,5% Dengan Rata-Rata 85,4. Keterampilan Guru Dalam Mengelola Pembelajaran Pada Siklus I Mendapatkan Skor 31 Persentase Sebesar 77,5% Dengan Kategori Baik Sedangkan Pada Siklus II Meningkat Mendapatkan Skor 37 Dengan Kategori Sangat Baik. Sedangkan Presentase Aktivitas Siswa Ranah Psikomotorik Memperoleh Persentase 87% Dengan Kualifikasi Baik Sedangkan Pada Siklus II Memperoleh Persentase 92% Dengan Kualifikasi Sangat Baik. Simpulan Dari Penelitian Tindakan Kelas Adalah Melalui Model Pembelajaran Make A Match Dapat Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Hal Ini Dapat Ditunjukkan Dengan Meningkatnya Keterampilan Guru Mengelola Pembelajaran, Meningkatnya Hasil Belajar Siswa Ranah Kognitif, Dan Aktivitas Belajar Siswa Ranah Psikomotorik. Saran Dalam Penelitian Ini Adalah Guru Harus Berusaha Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Salah Satunya Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Yang Inovatif, Menggunakan Media Dan Sumber Belajar Yang Beragam. Untuk Siswa Harus Lebih Bersemangat Dan Rajin Dalam Mengikuti Pembelajaran.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Dra. Sumarwiyah, M.Pd,Kons.
Kata Kunci: Make A Match Learning Model, Civics Learning Aducation, Organization.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Date Deposited: 23 Jun 2016 01:19
Last Modified: 23 Jun 2016 01:19
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5248

Actions (login required)

View Item View Item