Ulya, Himmatul (2016) Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika Untuk Membangun Karakter Cinta Tanah Air Dan Kreativitas Belajar Matematika. "Prodiding Seminar Nasional : Menumbuhkan Lembali Pesona Budaya Bangsa dalam Perspektif Psikologi".
Preview |
Image (JPEG) (Cover)
unnamed.jpg - Accepted Version Download (93kB) |
Preview |
PDF (Hal. Depan)
Cover-Daftar_Isi.pdf - Published Version Download (950kB) |
Preview |
PDF (Artikel)
Scan_Daftar_Isi_dan_Artikel_Himmatul_Ulya.pdf - Published Version Download (9MB) |
Abstrak
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di era globalisasi sangat berpengaruh pada karakter bangsa, salah satunya mengikisnya rasa cinta tanah air. Hal ini terjadi karena kurangnya penerapan dan pemahaman terhadap pentingnya nilai budaya dalam masyarakat. Pendidikan dan budaya adalah dua hal yang erat kaitannya dengan kehidupan manusia. Pendidikan dan budaya dapat dijadikan sebagai alat untuk menumbuhkan dan mengembangakan karakter bangsa, salah satunya karakter cinta tanah air. Pembelajaran matematika berbasis etnomatematika merupakan suatu pendekatan pembelajaran matematika yang mengaitkan suatu materi dengan kearifan budaya lokal. Melalui pembelajaran matematika berbasis etnomatematika konsep dalam matematika dapat dipelajari dalam praktik-praktik budaya sehingga siswa akan lebih mudah memahami konsep matematika dan budaya yang dimiliki. Pembelajaran matematika berbasis etnomatematika dapat menjadikan pembelajaran matematika menjadi lebih menarik dan inovatif sehingga akan berdampak pada tumbuhnya rasa cinta tanah air dan mendorong kreativitas belajar siswa.
Item Type: | Article |
---|---|
Kata Kunci: | cinta tanah air; etnomatematika; kreativitas; pembelajaran matematika. |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 24 Jun 2016 01:02 |
Last Modified: | 16 Feb 2017 13:25 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5294 |
Actions (login required)
View Item |