Penerapan Model Konseling Rational Emotive Therapy untuk Mengatasi Kecemasan Siswa Kelas XI IPA SMA 1 Mejobo Kecamatan Mejobo Kabupaten Kudus Tahun Pelajaran 2011/2012.

Noor Indah Sari, Silviana (2012) Penerapan Model Konseling Rational Emotive Therapy untuk Mengatasi Kecemasan Siswa Kelas XI IPA SMA 1 Mejobo Kecamatan Mejobo Kabupaten Kudus Tahun Pelajaran 2011/2012. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HAL JUDUL]
Preview
PDF (HAL JUDUL)
Cover_depan.pdf - Accepted Version

Download (317kB)
[thumbnail of BAB I] PDF (BAB I)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (69kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II] PDF (BAB II)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (154kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] PDF (BAB III)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (149kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (419kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] PDF (BAB V)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (135kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB VI] PDF (BAB VI)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (28kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (27kB) | Request a copy

Abstrak

Berdasarkan observasi peneliti terhadap siswa SMA 1 Mejobo, ketika melaksanakan Praktek Pengalaman Lapangan Tahun Akademik 2011/2012 di SMA 1 Mejobo mulai 12 September 2011 s/d 12 Desember 2011, di SMA 1 Mejobo Kudus terjadi kesurupan massal. Pada hakekatnya kesurupan dilatar belakangi oleh kecemasan, yaitu suatu kondisi emosional siswa yang tidak menyenangkan yang ditandai oleh perasaan khawatir bahwa sesuatu yang buruk akan terjadi, sehingga layanan bimbingan dan konseling sangat diperlukan. Salah satunya dengan penerapan model konseling rational emotive therapy. Berdasarkan latar belakang diatas, konseling rational emotive therapy dapat membantu konseli untuk keluar dari kecemasan yang dialami. Rumusan masalah: 1. Faktor apa sajakah yang menyebabkan kecemasan bagi siswa kelas XI IPA SMA 1 Mejobo Kecamatan Mejobo Kabupaten Kudus Tahun Pelajaran 2011/2012, 2. Efektifkah pelaksanaan model konseling rational emotive therapy dalam mengatasi kecemasan siswa kelas XI IPA SMA 1 Mejobo Kecamatan Mejobo Kabupaten Kudus Tahun Pelajaran 2011/2012. Tujuan penelitian: 1. Untuk menemukan faktor penyebab kecemasan pada siswa kelas XI IPA SMA 1 Mejobo Kecamatan Mejobo Kabupaten Kudus Tahun Pelajaran 2011/2012. 2. Untuk mendeskripsikan efektifitas penerapan model konseling rational emotive therapy dalam mengatasi kecemasan siswa kelas XI IPA SMA 1 Mejobo Kecamatan Mejobo Kabupaten Kudus Tahun Pelajaran 2011/2012. Kegunaan secara teoritis: Secara teoritis, diperoleh data tentang peranan model konseling rational emotive therapy dalam mengatasi siswa yang mengalami kecemasan. Dengan demikian hasil penelitian ini dapat memperkaya ilmu pengetahuan bidang bimbingan dan konseling untuk penelitian sejenis yang lebih luas. Kegunaan secara praktis: 1. Bagi guru BK, penelitian ini akan sangat bermanfaat sebagai landasan untuk mengetahui penyebab kecemasan siswa serta mengidentifikasi siswa yang mengalami permasalahan cemas dan dapat memberikan pemecahan masalah dengan menerapkan model konseling rational emotive therapy. 2. Bagi siswa, penelitian ini akan sangat bermanfaat sebagai suatu pedoman dalam memperbaiki sikap negatif akibat pola pikir yang irasional. Siswa juga dapat mempraktekkan penerapan model konseling rational emotive therapy secara individual untuk mengatasi kecemasan yang dialaminya. Jenis penelitian yaitu studi kasus, pendekatan penelitian yaitu kualitatif deskriptif, metode pengumpulan data metode utama wawancara, metode observasi dan metode dokumentasi sebagai pendukung. Subyek penelitian dua siswa yang mengalami kecemasan. Analisis data dilakukan secara sistematis melalui proses pengumpulan data, mengecek kelengkapan data, kebenaran data, keselarasan dengan indikator yang ditentukan oleh peneliti. Melalui kegiatan ini pula peneliti menerapkan sah atau tidaknya data yang telah masuk dilapangan. Dari hasil penelitian dan pembahasan selama proses konseling ternyata konseli I (SNR) dan konseli II (TL) menyadari permasalahan yang dialaminya, serta mau merubah kebiasaan cara berpikir yang tidak rasional, yaitu memiliki pola pikir yang absolute (bersifat keharusan). Untuk melatih mengatasi kecemasan konseli I (SNR) dan konseli II (TL) mau menjalankan tugas-tugas dari peneliti, sehingga kecemasan konseli I (SNR) dan konseli II (TL) dapat diminimalisir. Kesimpulan tentang hasil penelitian yang dilakukan pada konseli I (SNR): Faktor Internal kecemasan konseli I (SNR) yaitu cara berpikir yang (bersifat keharusan) untuk mempunyai masa depan yang sukses, dan faktor eksternal keadaan perekonomian yang kurang mendukung cita-cita SNR untuk kuliah. Hasil penelitian yang dilakukan pada konseli II (TL): faktor internal konseli II (TL) yaitu pola pikir yang absolute (bersifat keharusan) untuk mempunyai nilai yang sangat memuaskan sedangkan TL kurang berbakat dalam pelajaran eksak, dan factor eksternal: Orang tua dan teman-teman meremehkan TL, kalau TL mendapat nilai yang dibawah standard nilai KKM. Penerapan model konseling Rational Emotive Therapy berfokus pada pengubahan pola pikir yang absolute (bersifat keharusan) sehingga konseli dapat memiliki pola pikir yang rasional. Berdasarkan hasil penelitian diatas penulis menyampaikan saran kepada 1. Guru BK: diharapkan membantu siswa dalam mengatasi kecemasan. 2. Wali kelas: diharapkan lebih memperhatikan perkembangan siswanya. 3. Orang tua: diharapkan dapat membantu anak dalam mengatasi permasalahan yang dialami anak, terutama masalah kecemasan.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing: I. Dra. Sutarti, SE. MM., Pembimbing II: Drs. Masturi, MM.
Kata Kunci: Konseling Rational Emotive Therapy; Kecemasan
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Psikologi pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Users 1245 not found.
Date Deposited: 03 Dec 2012 05:04
Last Modified: 03 Dec 2012 05:04
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/536

Actions (login required)

View Item View Item